Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

4 menit waktu bacaan

Ini Tempat Ngabuburit Asik yang Bikin Kantong Tetap Irit

by lhmdi on 16 May, 2016

buka puasa hemat-CekAja.com

Salah satu tradisi yang identik dengan bulan Ramadan adalah Ngabuburit. Kegiatan jalan-jalan atau berkumpul bersama teman sambil mencari menu buka puasa ini sudah dimulai bertahun-tahun yang lalu.

Hanya saja kegiatan ini tidak selamanya memberikan kesenangan semata. Harga menu buka puasa plus tempat yang akan dituju biasanya terkesan mahal. Belum lagi ditambah dengan ongkos transportasi umum atau biaya bensin bagi yang memiliki kendaraan pribadi bisa saja bertambah, karena kegiatan ini.

Namun, jangan khawatir, masih banyak tempat-tempat asik untuk bersantai sambal menunggu waktu berbuka yang bisa kamu pilih. Tempat ini bahkan bikin pengeluaran kamu lebih irit dan tidak boros. Apa saja ya tempat-tempatnya?

  1. Rumah ibadah

Rumah Ibadah paling umum untuk menunggu waktu berbuka adalah Masjid. Seperti yang kita ketahui, Masjid-masjid besar dengan halaman yang besar seringkali dijadikan sebagai tempat menunggu waktu berbuka puasa.

Masjid Istiqlal, Masjid Raya Banda Aceh, hingga Masjid Gedhe Kauman di Yogyakarta, selalu ramai bagi masyarakat yang melakukan ritual ngabuburit. Disini biasanya pihak Masjid bahkan menyediakan takjil atau menu berbuka puasa gratis bagi pengunjung.

Tidak hanya Masjid, Beberapa pemeluk agama lain seperti umat Kristiani pun ada juga yang menjadi tempat asik untuk menunggu waktu berbuka puasa. Tahun 2016 yang lalu, Jemaat Gereja Kristen Pasundan (GKP) Purwakarta serta Gereja Katolik St Paulus di Purwakarta bahkan memberikan takjil gratis dan menjadi tempat “hangout” sendiri bagi masyarakat Muslim yang sedang menunggu waktu berbuka puasa bersama.

Vihara Sanggar Suci yang berada di kota Malang pun tidak ketinggalan menyajikan menu takjil untuk umat Muslim yang sedang menunggu waktu berbuka puasa bersama. Bahkan sejak tahun 1998, Vihara ini sudah resmi memberikan tempat bagi umat muslim untuk mencari tempat dan menemukan berbagai macam menu buka puasa.

Hampir semua rumah Ibadah ini menawarkan menu berbuka puasa, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli takjil buka puasa.

  1. Taman kota

Tujuan berikutnya yang bisa kamu pilih sebagai tempat untuk menunggu waktu berbuka puasa adalah taman kota. Di Bandung misalnya, saat ini terdapat banyak taman kota yang sudah cantik dan seringkali digunakan sebagai tempat untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Taman Cikapayang, Taman Jomblo, dan berbagai macam taman lainnya bisa dijadikan tempat-tempat berbuka puasa, sambil menikmati takjil yang harganya lebih murah ketimbang di restoran atau kafe.

Di kota besar seperti Jakarta pun, saat ini mulai banyak bermunculan taman-taman yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menunggu waktu berbuka puasa bersama. Taman Menteng, Taman Suropati, hingga Taman Kalijodo yang baru saja diresmikan rasanya bisa menjadi pilihan taman untuk ngabuburit.

Terakhir, bila sedang wisata murah di Yogyakarta, Taman Monjali yang berada di Kota Yogyakarta pun bisa dijadikan sebagai pilihan untuk menikmati waktu santai bersama teman-teman sembari menunggu waktu berbuka puasa bersama. Bahkan, jika ingin membeli sesuatu di sekitar taman sebagai menu berbuka puasa, harganya pun tidak mahal, dan justru akan membuat kamu lebih hemat dalam berbelanja.

  1. Pasar

Meskipun pasar dikenal sebagai tempat yang kumuh dan menjadi surga belanja untuk kebutuhan pokok, namun jangan salah tempat ini bisa juga dijadikan sebagai tujuan untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Sebagai contoh pasar dadakan di Jalan Kaliurang, Yogyakarta misalnya. Pasar yang hanya buka saat bulan Ramadhan ini menyajikan tempat nongkrong yang asik, ditambah dengan kehadiran menu takjil yang super murah, dan bahkan tidak menguras kantong kamu.

Jika sedang berada di Jakarta, kamu bisa memilih pasar Benhil sebagai tujuan. Di pasar ini setiap menjelang buka puasa akan selalu ramai dengan berbagai macam dagangan menu untuk berbuka puasa. Harganya pun sedikit lebih murah ketimbang tempat-tempat lainnya.

Masih dari Jakarta, jika kamu ingin berkunjung ke pasar yang digarap dengan konsep sedikit modern, maka Pasar Santa pun bisa dijadikan sebagai tujuan. Dibuat dengan konsep yang diklaim kreatif, Pasar Santa bisa dijadikan sebagai tempat untuk nongkrong bersama teman-teman sambil menunggu waktu berbuka puasa dengan berbagai macam aneka hidangan yang disajikan di sekitar tempatnya.

 

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami