Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Ini Tips Menjual Cepat Mobil Bekas Dengan Harga Tinggi

by Surtan Siahaan on 8 Desember, 2015

Ada berbagai macam alasan yang membuat orang ingin menjual mobilnya. Mulai dari kepincut dengan mobil keluaran terbaru, butuh mobil dengan daya tampung lebih besar hingga perlu uang tunai dalam waktu dekat.

Namun, menjual mobil bekas tidak sama mudahnya dengan memasang tulisan “Mobil ini dijual” pada kaca depan dan belakang mobil. Hal ini lah yang sering membuat orang menggunakan jasa pihak ketiga untuk menjual mobilnya.

Alhasil, uang yang diperoleh pemilik mobil biasanya lebih kecil karena sudah terpotong fee. Harga jual juga kerap kali rendah karena pemberi jasa penjualan berusaha menjual mobil secepat mungkin.

Nah, jika kamu ingin menjual mobil, usahakan untuk menjualnya langsung terlebih dahulu. Dengan mengikuti sejumlah tips ini, kamu akan menjual mobil bekas dengan cepat dan efektif. Berikut ini caranya:

Servis dan cuci mobil

Hal paling pertama yang harus dilakukan adalah membawa mobil bekas kamu ke bengkel. Lakukan servis rutin seperti tune up, ganti oli
hingga mengganti spare part penting seperti AC, power window dan central lock.

Setelah urusan servis kelar, segera bawa mobil kamu ke tempat pencucian mobil profesional untuk mendapatkan hasil terbaik. Bersihkan juga interior. Bila perlu tambahkan pengharum mobil.

Anggap pengeluaran ini sebagai investasi karena pembeli akan menilai mobil terawat dengan baik. Alhasil, kamu akan mendapat harga jual yang terbaik.

Siapkan dokumen riwayat kendaraan

Siapkan sejumlah dokumen yang akan diminta oleh calon pembeli mulai dari buku servis hingga surat-surat kendaraan. Perhatikan juga
masa berlaku asuransi mobil.

Jika sudah habis segera lakukan perpanjangan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi sebelum mobil terjual.

(Baca juga: Gaji Rp 3 Juta Bisa Beli Mobil Dalam Setahun Jika Ikuti Tips Ini)

Survei harga pasaran

Sebelum mobil ditawarkan, pastikan kamu mengetahui berapa harga jual rata-rata mobil tersebut. Jika malas mendatangi showroom mobil
bekas, beli sejumlah majalah otomotif atau cari informasi mengenai harga di internet.

Pengetahuan mengenai harga jual penting untuk mengantisipasi tawaran pembeli yang terlalu rendah.

Pasang harga sedikit lebih tinggi dari target

Ini adalah trik dagang yang dipakai oleh semua penjual retail. Asalkan kamu tidak butuh uang cepat dan yakin dengan kondisi mobil,
tetapkan harga sedikit lebih tinggi dari pasaran.

Dengan cara ini, meskipun pembeli melakukan penawaran, kamu akan mendapatkan harga sesuai dengan keinginan.

Pasang iklan

Zaman sekarang tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk mengiklankan mobil kamu di koran. Gunakan sejumlah situs jual beli online
yang tidak memungut biaya transaksi.

Agar makin cepat laku, sering-seringlah memarkir mobil kamu di tempat ramai seperti parkiran pusat perbelanjaan dan parkir pinggir jalan. Pastikan tulisan terbaca cukup jelas.

Jangan langsung bicara harga

Jika kamu memperoleh calon pembeli, baik tatap muka maupun lewat telepon, jangan langsung membuka pembicaraan dengan harga. Jelaskan alasan kamu menjual mobil ini. Jelaskan juga riwayat penggunaan atau kilometer mobil.

(Baca juga: Salah Paham Mengenai Asuransi Kendaraan yang Sering Terjadi)

Bujuk calon pembeli untuk test drive

Pembeli akan makin tertarik jika mengetahui langsung kondisi mobil. Bujuk calon pembeli untuk menyetir. Tapi ingat, jangan pernah
biarkan calon pembeli meyetir sendirian untuk mencegah pencurian.

Siapkan surat jual beli

Jika harga sudah disepakati. Siapkan surat jual beli. Kamu bisa mendapatkan form jual beli dengan berbagai macam bentuk di internet.
Pilih dan print salah satunya. Pastikan untuk menyerahkan kunci mobil beserta surat-surat resmi setelah uang kamu terima.

Tentang Penulis