Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Ini Tips Terhindar Dari Penipuan Online Shop Yang Wajib Kamu Tahu

by Maria Nofianti on 20 Februari, 2020

Berbelanja memang satu hal yang sangat menyenangkan. Karena dengan berbelanja kita bisa membeli apa yang kita inginkan, atau jika tanggal tua mungkin kita hanya sekedar melihat lihat saja dan survey barang. Bagi para wanita, belanja adalah satu hal yang membuat hormon kebahagiaan meningkat, apalagi kalau ada sale dan diskon di atas 50%, sudah pasti akan membuat lupa diri. Tak hanya itu, belanja pun bisa membuat badan kita banyak bergerak, ya itung itung olahraga deh keliling mall dari lantai satu ke lantai lainnya.

tips terhindar dari penipuan online shop

Namun di dunia kita yang sibuk dan tidak ada waktu luang ink, belanja online menjadi semakin populer. Ya, belanja saat ini bisa dilakukan secara langsung atau offline dan juga online. Ini yang menarik, karena semakin banyak juga orang merasa sibuk, tak punya waktu untuk pergi pergi, namun membutuhkan berbagai hal.

Dalam berbelanja melalui internet sudah pasti kita memiliki banyak kemudahan seperti waktu kita yang tidak akan terbuang untuk memilih dan antri membayar, pilihan produk yang sangat beragam, harga yang sangat bervariasi. Ini memang nyaman, tetapi risiko tidak mendapatkan apa yang kamu pesan juga jauh lebih tinggi.

(Baca Juga: Tips Menghindari Penipuan WO Abal)

Bayangkan saja perasaan kamu ketika kamu memesan tank top untuk diri sendiri tetapi dapatkan kaus kaki untuk adikmu. Itu sebabnya semua orang harus mewaspadai bahaya belanja online. Meski disini belanja online hadir sebagai solusi. Namun jangan sampai kita tertipu oleh online shop penipu ya. Karena ternyata banyak juga penjual abal abal yang menipu para pembelinya.

Nah tentu saja tidak ada yang mau tertipu saat berbelanja di online shop. Maka dari itu kita harus lebih hati-hati dan waspada dalam melakukan transaksi jual beli di online shop yang kita pilih. Hal yang utama tentu saja memilih online shop yang terpercaya. sedangkan jika kamu melakukan pembayaran dengan kartu kredit pastikan kamu tidak menyebar terlalu banyak informasi. Dibawah ini ada beberapa tips terhindar dari penipuan online shop yang wajib kamu tahu.

1. Periksa identitas penjual

Memeriksa identitas penjual ini sangat penting untuk dilakukan sebelum mulai berbelanja. Setiap kali berbelanja online, selalu periksa situs web untuk detail kontak untuk memverifikasi apakah itu benar-benar ada. Hal-hal yang perlu disebutkan secara jelas adalah nama perusahaan, alamat, alamat email, formulir kontak, dan nomor telepon. Jangan mempercayai situs web apa pun hanya karena memiliki ekstensi Eropa atau Amerika, karena itu tidak berarti bahwa situs web tersebut harus berlokasi di negara itu. Untuk verifikasi, biasanya setiap web akan memberikan tanda verifikasi tersendiri bagi penjual mereka, misalnya top seller, star seller, verified seller, dll. Verifikasi ini juga didapatkan oleh penjual karena memang sistem mendetect bagaimana penjualannya secara otomatis.

2. Selalu periksa ulasan, testimoni, atau review pembeli

Ada alasan yang jelas di balik kenyataan bahwa penjual online terbesar, seperti eBay, memiliki bagian umpan balik atau feedback untuk pembeli dan penjual. Hal ini dilakukan agar konsumen baru dapat memastikan bahwa mereka berurusan dengan orang atau perusahaan yang dapat dipercaya dan bahwa penjualan sebelumnya dilakukan tanpa masalah. Jadi pastikan kamu mendapatkan opini yang jelas berdasarkan ulasan sebelum kamu membeli sesuatu secara online.

Tapi sekarang ini kamu juga tidak boleh terlalu percaya dengan review yang diberikan. Beberapa oknum penjual bisa saja membuat review palsu tentang produk agar konsumen percaya bahwa produk itu bagus. Perhatikan dulu gaya penulisan dan gaya bahasanya. Jika kamu menemukan itu terlalu sama dan berlebihan waspadalah dengan review palsu. Selain itu di dalam review biasanya ada foto produk yang diupload, sebagai bukti bahwa produk tersebut telah sampai pada pembeli, maka lihatlah foto produk tersebut, karena biasanya produk asli dari pembeli berbeda dengan foto yang dipajang penjual. Dari situ kamu bisa melihat dan mempertimbangkan apakah jadi membeli atau tidak.

3. Jangan memberikan terlalu banyak informasi

Satu-satunya informasi yang harus diberi secara online adalah rincian kartu kredit, alamat, dan nomor telepon kamu. Jika situs web meminta tambahan apa pun darimu, seperti nomor jaminan sosial kamu atau bahkan PIN atau kode akhir kartu kreditmu, kamu harus curiga. Karena dengan hanya memberikan informasi standar untuk bertransaksi online bisa menghindari dari penipuan.

4. Minta foto produk yang asli

Saat melakukan pembelian online, selalu ada risiko bahwa foto item tersebut bukan milik penjual mungkin saja baru copy paste atau baru saja diambil dari internet. Dan ketika kamu menerima barangnya, itu mungkin sama sekali berbeda dari apa yang kamu harapkan. Solusi di sini adalah sebelum membeli baiknya meminta penjual mengirimimu foto aslinya. Jika mereka tidak mau melakukan ini, itu adalah alasan besar bagi kamu untuk mencurigai bahwa ada sesuatu yang tidak benar. Tips terhindar dari penipuan online shop seperti ini adalah yang paling dasar yang harus kamu lakukan ke penjual.

5. Lakukan pembelian hanya di situs web yang aman

Jangan percaya situs web yang tidak memiliki enkripsi Secure Sockets Layer (SSL). Kamu bisa memeriksanya dengan beberapa cara: simbol gembok akan muncul di bilah alamat browser kamu, dan huruf pertama di bilah alamat harus berubah dari “http” menjadi “https,” terutama ketika kamu mencapai tahap pembayaran. Atau bisa juga kamu ke e-commerce yang sudah banyak ada dan terpercaya seperti Shopee, Tokopedia, Blibli.com dan banyak lainnya.

6. Teliti tata letak situs web secara umum

Periksa situs web penjual dengan seksama untuk memastikannya terlihat profesional. Sebagian besar situs web palsu terlihat agak aneh: mereka memiliki kesalahan pengejaan, gambar produk berkualitas rendah, dll. Dan perhatikan penggunaan kata-kata seperti “murah” dan “outlet” yang berlebihan – penjual profesional menyebut hal-hal seperti itu “penawaran hebat.”

7. Jangan membeli jika terlihat terlalu murah

Segala sesuatu di dunia kita memiliki harganya. Jika barang di situs web belanja online terlalu murah, kamu harus mencurigai sesuatu. Tentu saja, ada kemungkinan ada penjualan besar. Namun, jika itu adalah pengecer tidak populer dan tidak memiliki reputasi, jangan ambil risiko karena ini adalah cara utama penipu menarik perhatian kamu. Kamu harus benar-benar sadar jika gambar suatu barang tampaknya bukan milik penjual, karena sekali lagi, harganya mungkin sesuai untuk barang berkualitas rendah atau palsu yang akan kamu terima. Jadi jika kamu mengabaikan ini dan lantas merasa kecewa karena barangnya buruk, maka sadarlah bahwa harga tidak pernah menipu.

8. Bayar dengan alat pembayaran yang aman

Ketika kamu membayar sesuatu secara online, kamu harus mengikuti 3 aturan penting ini:

  • Selalu bayar pada halaman yang diamankan (menampilkan gembok atau logo kunci dan dengan alamat URL yang dimulai dengan “https”).
  • Bayar dengan kartu kredit jika mungkin karena kamu bisa mendapatkan uangmu kembali dari penerbit kartu kredit jika terjadi penipuan.
  • Benar-benar menghindari transfer uang langsung dan pastikan gunakan rekening bersama. Ini penting, karena jika terjadi penipuan, rekening bersama bisa membuat uangmu aman dan dikembalikan, dan penjual tidak akan menerima sepeser pun.
9. Selalu gunakan jasa pengiriman yang terpercaya

Pertama-tama, pilih dan gunakan jasa pengiriman yang akan memberimu nomor resi jika kamu pergi saat pembelian dikirimkan, jika hilang, dll, sehingga kamu bisa melihat dan mengecek track record nya. Ini juga membutuhkan tanda tangan pada saat pengiriman, sehingga kamu dapat membuktikan apakah itu diterima oleh kamu atau tidak. Untuk saat ini, semua jasa pengiriman terpercaya pasti menggunakan resi dan memiliki track record yang mudah dilacak oleh konsumen.

10. Simpan bukti pembayaran dengan baik

Simpanlah bukti transfer atas setiap transaksi yang kamu lakukan di internet. Ini akan memudahkan kamu jika ternyata kamu mengalami penipuan online shop. Bukti pembayaran ini juga biasanya akan diminta oleh penjual untuk mengetahui bahwa kamu sudah melakukan pembayaran. Nah jika penjual ternyata menipu kamu, maka kamu bisa tunjukkan bukti transfer ini saat melapor ke polisi.

11. Pikirkan sebelum klik

Berhati-hatilah terutama tentang permintaan email dan iklan online di situs media sosial. Banyak pengecer yang mengiklankan penawaran hebat atau pakaian trendi yang tidak sesuai dengan promosi. Mereka bisa saja mengarahkan kamu ke website yang bisa mencuri identitas kamu untuk melakukan penipuan.

12. Utamakan untuk COD (Cash On Delivery)

Jika kamu dan penjual ternyata tinggal di kota yang sama sebaiknya utamakan melakukan pembayaran dengan cara COD (Cash On Delivery). System ini akan mempertemukan kamu sebagai pembeli dengan penjualnya. Dengan memakai system ini kamu juga bisa secara langsung mengecek barang yang akan kamu beli.

13. Cobalah minta rekening dengan bank yang berbeda

Tips terhindar dari penipuan online shop selanjutnya adalah dengan meminta rekening bank yang berbeda-beda. Misalnya saja penjual sudah memberikan nomor rekening Bank BNI, cobalah untuk menanyakan apakah ada rekening bank lainnya. Jika penjual memberikan beberapa nomor rekening bank yang berbeda dan pemilik rekeningnya juga berbeda-beda kamu harus waspada ya! Untuk lebih memastikannya coba untuk googling nomor rekening itu dan cari apakah ada yang komplain tentang nomor rekening tersebut.

14. Baca kebijakan privasi situs web

Perusahaan yang memiliki reputasi baik selalu memiliki halaman di situs web mereka tentang kebijakan privasi mereka. Sangat penting untuk meneliti ini untuk memastikan perusahaan akan menggunakan detail informasi kamu hanya untuk pembelian dan tidak ada yang lain. Bahkan perusahaan yang paling terpercaya dapat menggunakan email kamu untuk alasan iklan, dan beberapa orang mungkin memberikan detail informasimu kepada pihak ke-3.

15. Beli sesuatu yang kecil dulu

Meskipun ini tidak mungkin dilakukan terutama ketika terburu-buru, beli sesuatu yang kecil dan dengan nilai lebih rendah dari situs. Dengan cara ini kamu bisa menguji respons mereka: sebagaimana mereka menangani pengiriman, jika ada keterlambatan pengiriman; jika ada biaya tersembunyi; apakah mereka mengirim barang yang kamu pesan; seberapa baik itu dikemas, dll. Ketika melakukan ini, perhatikan bagaimana kamu membayarnya. Kamu bisa lakukan ini sebagai salah satu tips terhindar dari penipuan online shop.

Nah itu dia banyak tips terhindar dari penipuan online shop yang wajib kamu tahu. Semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa lebih pintar dalam berbelanja online. Selamat berbelanja dengan aman ya!

Tentang Penulis