Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini Untung Rugi Terbang dengan Budget Airlines

by Ariesta on 24 Desember, 2015

Liburan natal dan tahun baru sudah tiba, sudahkah kamu merencanakan liburanmu? Kondisi geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan membuatmu harus menggunakan pesawat untuk berpindah pulau atau ke luar negeri. Hal ini menjadikan pesawat sebagai salah satu alat transportasi terpenting di Indonesia.

Saat ini budget airlines hampir mendominasi perjalanan jarak dekat. Ini tidak terlalu mengejutkan karena banyak orang tidak ingin membuang-buang uang untuk tiket mahal demi sebuah perjalanan singkat. Budget airlines juga merupakan pilihan utama bagi para backpacker yang berprinsip pengeluaran hemat. Berikut keuntungan jika kamu berlibur menggunakan budget airline.

UNTUNG:

Semakin awal booking semakin murah harga tiket

Kalau kamu membeli tiket budget airlines seminggu sebelum keberangkatan, maka kamu harus siap-siap mengeluarkan kocek besar. Tak jarang harganya bahkan sama dengan fullboard airlines. Kalau kamu ingin traveling murah dengan  budget airlines, cara terbaik adalah dengan memesannya dari jauh-jauh hari. Kamu bahkan bisa memesannya setahun sebelum keberangkatan. Untuk mendapatkan tiket termurah, rajin-rajinlah mengecek situs maskapai. Supaya tidak ketinggalan, daftarkan email kamu.

Kamu punya banyak waktu untuk mempersiapkan perjalananmu

Tiket yang sudah dipesan jauh-jauh hari membuat kamu punya banyak waktu untuk merencanakan perjalanan sematang mungin. Dalam rentang waktu tersebut kamu bisa mempelajari transportasi destinasi tujuan, mecari akomodasi murah, dan tentu saja menabung lebih banyak uang.

Karena tiket murah, anggaran untuk bersenang-senang jadi lebih banyak

Dalam pembukaan rute baru, tak jarang budget airlines memberlakukan tiket nol rupiah alias kamu hanya harus membayar pajak saja! Semakin minim anggaran tiket, tentunya kamu bisa semakin sering makan enak, mengunjungi lebih banyak tempat, dan berbelanja lebih banyak.

Tapi jangan buru-buru memesan tiket budget airlines, karena siapa tahu fullboard airlines sedang mengadakan promo. Tapi kalau kamu tetap memilih terbang dengan budget arlines, setidanya kamu harus tahu risiko berikut.

RUGI:

Delay

Beberapa maskapai murah terkenal sering delay. Kalau kamu membeli tiket extension alias harus mengejar pesawat lain di tempat transit, tentunya delay merupakan bencana besar. Rencana iburan yang sudah disusun rapi bisa hancur berantakan. Selama delay, biasanya maskapai hanya menyediakan makanan atau sekedar snack. Jika keterlambatan pesawat sampai mengharuskan kamu tidur di bandara, di saat yang sama mungkin fullboard airlines akan menyediakan hotel dan transportasi. Agar hal seperti ini tidak terjadi, jangan lupa untuk membeli asuransi perjalanan.

Transit panjang

Untuk penerbangan jarak jauh, beberapa budget airlines mengharuskan kamu transit di bandara lain untuk menunggu pesawat lanjutan. Tidak masalah kalau transit hanya 3-5 jam, tapi kalau lebih dari 8 jam sampai  1 malam tentu cukup melelahkan. (Baca juga: Trik Mudah Dapatkan Tiket Pesawat Murah)

Waktu terbang  berubah di menit terakhir

Budget airlines bisa secara fleksibel mengubah memajukan atau memundurkan waktu penerbangan dan  mengubah gate masuk. Bahkan tak jarang maskapai murah membatalkan penerbangan.  Contoh kasusnya adalah saat Mandala-Tiger Airlines membatalkan perjalanan karena maskapai bangkrut. Para penumpang yang sudah booking hotel dan yang lainnya di destinasi tujuan tentu dibuat kalang kabut. Belum lagi proses mengurus pengembalian uang lumayan rumit. Terbang dengan budget airlines artinya kamu harus selalu memasang telinga dan mengaktifkan email sekaligus ponsel untuk pemberitahuan mendadak.

Mengharuskan kamu bayar untuk segala hal kecil

Makanan, bagasi, dan kursi dengan kabin luas yang terletak di bagian depan adalah keistimewaan yang harus kamu bayar di luar harga tiket dan pajak. Bahkan sering kali harga tiket belum termasuk pajak bandara. Harga makanan di pesawat terbilang cukup mahal. Jangan sampai bagasimu kelebihan muatan dari yang telah kamu bayar, karena kamu juga harus membayar ekstra dan harganya tidak murah. (Baca juga: Kota-kota Murah di Eropa yang Tidak Bikin Kantong Bolong Saat Traveling)

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis