Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Ini Untungnya Bertransaksi Menggunakan Klik BCA

by lhmdi on 2 Agustus, 2017

beli reksadana online _ investasi - CekAja.com

Di era modern, transaksi keuangan tanpa harus repot datang ke Bank adalah layanan yang paling sering disediakan oleh pihak perbankan. Salah satunya adalah penggunaan layanan internet banking yang diberi nama Klik BCA dari Bank Central Asia.

Bagi nasabah, layanan ini sendiri terbagi dua, yaitu KlikBCA Individual dan KlikBCA Bisnis yang diperuntukkan bagi kebutuhan yang berbeda-beda. Lalu apa perbedaan antara dua layanan ini? Berikut gambarannya.

Mengenal KlikBCA Individu

samsat online
samsat online

Dari namanya layanan internet banking ini diperuntukkan bagi nasabah individu atau perorangan. Layanan ini merupakan sebuah cara mudah untuk melakukan aktivitas perbankan tanpa harus langsung datang ke bank.

Nasabah yang sudah bergabung dan memiliki rekening serta kartu ATM di BCA bisa menggunakan layanan ini. Langkah pertama, nasabah hanya perlu mengakses www.klikbca.com/klikpay, dan kemudian melanjutkannya memilih menu registrasi atau pendaftaran.

Berikutnya, nasabah bisa memilih jenis pembayaran dan sumber dana pembayaran yaitu sumber dana Klik BCA dan BCA Card. Selanjutnya, nasabah akan menerima dua kode aktivasi dalam bentuk surat elektronik dan sms atau pesan singkat.

Untuk proses aktivasi, dengan menggunakan sumber dana, akses langsung klikbca.com dan pilih menu administrasi aktivasi dengan memasukkan kode aktivasi email, sms, nomor rekening dan respon key BCA.

Sementara itu, untuk sumber dana BCA Card, nasabah dapat langsung mengakses www.klikbca.com/klikpay. Pilih menu administrasi-aktivasi BCA KlikPay dan masukkan kode aktivasi dari email dan sms.

Jika proses ini sudah selesai, maka nasabah akan mendapatkan perangkat bernama KeyBCA serta bisa langsung menggunakan layanan ini serta dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti transfer, pembayaran tagihan, hingga belanja online.

Apa Bedanya Dengan KlikBCA Bisnis?

bayar listrik online
bayar listrik online

Berbeda dengan layanan individunya, BCA punya solusi sendiri bagi nasabah yang ingin menggunakan layanan internet banking bagi kebutuhan bisnisnya. Namun, proses untuk dapat menggunakan layanan ini sangat berbeda dengan internet banking untuk individu.

Untuk mendapatkan akses menggunakan KlikBCA Bisnis, nasabah tidak dapat mendaftar melalui laman internet. Namun, wajib dimulai dengan datang langsung ke kantor cabang BCA. Dilanjutkan dengan mengisi formulir internet banking untuk bisnis, mengisi formulir KlikBCA Bisnis dan melengkapi dokumen yang disyaratkan.

Setelah selesai diproses dan disetujui, nasabah akan mendapatkan KeyBCA, Corporate ID, User ID, VPN Installer, dan PIN KeyBCA. Setelah semuanya didapat, nasabah pun kini bisa menggunakan layanan internet banking untuk bisnis, seperti informasi saldo, rekening koran, laporan dan tagihan kartu kredit yang digunakan untuk aktivitas bisnis.

Aman Bertransaksi Dengan Internet Banking BCA

bisnis online_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Setiap layanan internet banking yang disediakan secara umum sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang tinggi. Sehingga, sangat sulit ditembus oleh aksi-aksi penjahat di dunia maya yang ingin mencuri data pribadi nasabah.

Namun, sebagai nasabah, kamu pun harus tetap mampu menjaga keamanan internet banking yang kamu miliki sendiri. Beberapa tips berikut ini akan membantu kamu untuk untuk tetap aman bertransaksi mengunakan Klik BCA:

  1. Simpan KeyBCA di tempat yang aman

Tidak jarang, KeyBCA adalah hal paling umum yang sering menganggu nasabah untuk melakukan transaksi secara online. Bentuknya kecil, sehingga benda ini mudah terjatuh, salah meletakkan, dan sering lupa untuk dibawa.

Kelalaian inilah yang menjadi petaka awal layanan internet banking menjadi tidak nyaman digunakan. Bahkan nasabah harus mengurus semuanya lagi ke pihak bank. Nah! Agar benda kecil ini tidak mudah hilang dari jangkauan kamu, letakkan di satu tempat khusus seperti atau dompet atau tas kecil yang bisa disatukan dengan beberapa perangkat gadget (gawai) atau perlengkapan lainnya.

Tujuannya adalah agar kamu mudah mencarinya jika akan menggunakan internet banking. Selain itu, cara ini lebih aman ketimbang menyimpang KeyBCA di kantong celana atau di dalam tas besar yang biasa kamu bawa setiap hari untuk beraktivitas.

  1. Teliti memilih internet sebelum akses KlikBCA

Namanya adalah layanan internet banking pastinya membutuhkan internet. Namun, jangan pernah menggunakan internet publik seperti Wi-Fi gratis yang terpasang di beberapa tempat umum.

Hal ini penting kamu waspadai karena belum tentu Wi-Fi Gratis tersebut menggunakan sistem keamanan yang tinggi untuk transaksi KlikBCA. Nah! Agar ini tidak terjadi, sebaiknya gunakan saja paket data yang tersimpan di ponsel pintar kamu untuk transaksi KlikBCA untuk layanan mobile atau desktop kamu.

Berikutnya, pastikan untuk selalu memilih menu logout pada akun Klik BCA kamu setelah selesai bertransaksi ya!

Perhatikan browsermu, apakah ada ikon gembok atau kunci yang membuktikan bahwa laman yang kamu akses telah terenkripsi untuk keamanan transaksi perbankanmu. Jika kamu tidak berhasil menemukan ikon tersebut, sebaiknya cepat-cepat logout sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

  1. Waspada serangan jahat dunia maya

Jika kamu terbiasa menggunakan internet banking menggunakan perangkat desktop atau laptop pribadi, pastikan perangkat ini sudah dilengkapi dengan anti-virus yang mampu mendeteksi virus jahat yang sengaja disebar melalui dunia maya.

Selain itu, pastikan juga firewall dari sistem operasi juga bekerja dengan baik dengan mengupdatenya secara berkala dengan tujuan sistem perbankan tidak mudah untuk disusupi oleh virus-virus jahat yang bisa saja mengunduh data pribadi kamu.

Jika kamu hobi mengunduh sebuah file, melalui perangkat ini pastikan untuk memasuki situs resmi saja.

Jika bukan situs resmi, terdapat kemungkinan-kemungkinan layanan tersebut disusupi oleh virus jahat yang mampu masuk ke dalam sistem komputer sehingga mencuri data internet banking yang kamu miliki.

Keuntungan Menggunakan KlikBCA Sebagai Transaksi Pembayaran

listrik online
listrik online

Karena hadir dalam internet banking, KlikBCA memiliki beberapa kemudahan untuk beberapa fungsi pembelanjaan. Berikut beberapa keuntungan dari layanan Internet BCA yang bisa dmaksimalkan di era modern ini:

1.KlikBCA dapat digunakan untuk pembayaran berbagai macam kebutuhan belanja online. Hampir semua toko online yang saat ini beredar di Indonesia memiliki layanan pembayaran dengan KlikBCA.

2. Internet banking dari BCA ini juga bisa digunakan sebagai top-up saldo untuk berbagai macam kebutuhan sehingga, penggunaan uang tunai bisa dikurangi. Sebagai contoh, bagi kamu yang suka menggunakan layanan transportasi online seperti Gojek atau Grab dapat melakukan isi ulang saldo menggunakan layanan KlikBCA.

Begitu juga jika kamu ingin belanja online melalui layanan seperti OLX, juga dapat melakukan isi ulang saldo melalui KlikBCA.

3. Berikutnya, kemudahan pemesanan tiket untuk perjalanan seperti pesawat dan kereta api hingga hotel dapat juga digunakan melalui layanan Klik BCA. Misalnya, jika kamu bepergian jarak jauh, maka transaksi pembelian tiket sudah bisa dilakukan jauh hari menggunakan layanan ini.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.