Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Ini Waktu dan Jenis Olahraga yang Tepat Dilakukan Saat Puasa

by Rafly Aditia on 6 Juni, 2016

Berolahraga adalah hal yang harus dilakukan secara rutin. Bukan hanya untuk menurunkan berat badan atau menjadi lebih langsing. Tetapi olahraga memiliki tujuan untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

Mengingat sekarang sudah memasuki bulan Ramadan, banyak orang yang bertanya-tanya kapan waktu yang tepat dan olahraga jenis apa yang baik untuk dilakukan saat puasa? Nah, kali ini CekAja.com punya jawabannya! Simak penjelasan berikut ini:

Sebelum sahur

Dikutip dari sebuah web kesehatan mercola.com milik seorang dokter ternama Dr. Mercola, ternyata waktu yang tepat untuk olahraga adalah sebelum makan sahur. Hal ini dikarenakan, ketika kamu berolahraga akan ada banyak energi yang dibuang. Untuk itu, diperlukan asupan demi menggantikannya.

Sehingga, menjadi kewajiban untuk makan dan minum setelah berolahraga. Hal tersebut berguna untuk menggantikan energi yang telah hilang dan menjaga tubuhmu tetap fit selama menjalani puasa.

(Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Sering Dihadapi Saat Puasa dan Cara Menghindarinya)

Setengah jam sebelum berbuka

Masih mengutip dari website kesehatan ternama milik Dr Mercola. Selain sebelum makan sahur, berolahraga dengan intensitas rendah menjelang waktu berbuka juga baik untuk tubuh. Masih dengan alasan yang sama, yaitu tubuh membutuhkan asupan dan gizi ketika selesai berolahraga. Protein, karbohidrat, hingga serat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang efektif kalau kamu rutin berolahraga.

Untuk itu, tidak ada salahnya bagimu untuk berolahraga setengah jam sebelum berbuka puasa. Tapi ingat, jangan sampai lupa beribadah ya!

Body exercise

Mengingat saat berpuasa energi yang dimiliki terkuras habis, maka hindarilah latihan menggunakan beban yang terlalu berat. Ada baiknya untuk bermain aman, yaitu olahraga dengan memanfaatkan berat badan tubuh sendiri atau Body Exercise.

Berbagai gerakan bisa dilakukan mulai dari push up, squat, hingga pull up. Dengan melakukan gerakan-gerakan tersebut, kamu bisa membuat tubuh menjadi tetap fit dan pastinya juga gratis.

(Baca juga: Ini Dia Bisnis Dadakan yang Datangkan Berkah Berlipat Saat Puasa)

Low intensity

Ketika berpuasa, sebaiknya kamu melakukan latihan atau olahraga dengan intensitas yang rendah. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kamu energi yang dimiliki tubuh tidaklah maksimal ketika belum mendapatkan asupan saat puasa.

Untuk itu, jalani latihan dengan intensitas yang rendah dapat menjaga tubuh dalam kondisi yang aman saat berolahraga di bulan puasa.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.