Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Ini yang Bikin Gaji Cepat Habis di Awal Bulan

by Ariesta on 28 Oktober, 2016

Saat gajian selalu jadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Namun baru saja seminggu setelah gajian, selanjutnya harus mengelus dada karena gaji tinggal setengah.

Kalimat paling pas untuk mengatakan kondisi tersebut tentu adalah ‘gaji sekadar mampir sebentar’. Bila hanya satu atau dua kali terjadi tidak ada masalah. Namun bila ini sering terjadi pada setiap bulan tapi, kita masih bingung kenapa gaji cepat habis, mungkin berikut penyebabnya.

Belanja dulu baru nabung

Setelah menerima gaji, biasanya orang langsung membeli berbagai kebutuhan. Padahal jika kamu ingin berhemat, yang harus kamu lakukan adalah langsung menyisihkan gaji untuk ditabung.

Selain tabungan, kamu juga wajib menyisihkan penghasilan untuk investasi dan dana darurat. Jadi sebelum kamu lapar mata saat pergi ke mal atau supermarket, pindahkan dulu sebagian gaji ke rekening lain.

(Baca juga: Yuk, Kenali Gaya Hidup Minimalis Ala Orang Jepang yang Bikin Gaji Awet)

Menghadiahi diri sendiri

Setelah kerja keras selama sebulan, mungkin kamu merasa berhak mendapat ‘hadiah’ atas usahamu. Akhirnya gaji digunakan untuk makan di restoran mahal, ke salon dan spa, atau membeli barang yang sudah lama diidam-idamkan. Memberi hadiah pada diri sendiri tidak salah. Tapi kamu kamu harus siap dengan segala konsekuensi termasuk gaji bisa cepat habis di awal bulan.

Bayar tagihan kartu kredit bulan kemarin

Punya cicilan kartu kredit meskipun bunganya nol persen tetap saja membuat jatah konsumsimu berkurang. Jadi jangan heran kalau gajimu cepat habis di awal bulan karena tagihan kartu kredit bulan lalu besar.

Kalau ingin gajimu di bulan berikutnya tetap awet sampai akhir bulan, batasi penggunaan kartu kredit bulan ini. Jangan mudah tergoda membeli barang yang tidak diperlukan meskipun cicilannya nol persen.

Meski demikian, kartu kredit juga bisa membuat gajimu lebih awet jika memanfaatkan diskon dan cashback yang ditawarkan bank penerbit kartu kredit. Caranya dengan membuka situs bank dan mengecek merchant apa saja yang bekerja sama dengan penerbit kartu kredit.

Kendaraan rusak tiba-tiba

Mobil atau motor yang tiba-tiba harus masuk bengkel memang mengesalkan. Apalagi jika biaya perawatannya sampai jutaan. Situasi ini sangat merugikan kalau kamu tidak punya asuransi kendaraan.

Dengan asuransi kendaraan, paling kamu hanya perlu membayar Rp300 ribu atas kerusakan separah apapun. Dalam kasus tabrakan, asuransi kendaraan juga akan menanggung biaya perbaikan kendaraan yang kamu tabrak. Jadi makin tenang kan?

(Baca juga: 5 Motor Matic Irit yang Cocok Dipakai Kerja Sehari-hari)

Bayar utang

Maksimal utang yang harus kamu tanggung dalam sebulan adalah 30 persen dari penghasilan. Jadi jika gajimu Rp6 juta, maka jumlah utang maksimal yang bisa kamu dapatkan adalah Rp2 juta. Ini sudah termasuk utang kartu kredit, cicilan rumah, cicilan kendaraan, dan lain-lain.

Jika tidak mau hanya menikmati 60% dari gaji setiap bulan, kurangi konsumsi dan utang. Pikir baik-baik sebelum mencicil sesuatu dan hitung bunganya secara teliti. Jangan lupa bandingkan produk yang tepat supaya dapat harga paling murah.

Butuh kartu kredit yang berikan banyak hadiah seperti tiket pesawat dan voucher hotel gratis? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis