Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Ini yang Bisa Kamu Dapatkan dari Reward Kartu Kreditmu

by Ariesta on 14 September, 2016

Ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi orang bertransaksi menggunakan kartu kredit. Ada orang yang menggunakannya untuk mendapatkan diskon atau promosi menguntungkan, tidak memiliki uang tunai saat butuh melakukan pembelian atau karena ingin mendapatkan poin/reward.

Namun banyak orang yang tidak sadar telah mengumpulkan poin cukup banyak. Meski sadar akan adanya keuntungan ini, orang yang punya lebih dari satu kartu kredit pun tergolong jarang mengecek reward. Alhasil  reward  keburu hangus sebelum bisa dimanfaatkan.  Padahal reward yang terkumpul sama menguntungkannya dengan diskon lho. Kamu bisa berhemat bahkan menikmati fasilitas mewah.

Bagaimana cara mengecek reward?

Reward kartu kredit tertera pada lembar tagihan yang kamu terima setiap bulannya. Perhitungan reward pun berbeda tergantung dari kartu kredit yang kamu miliki. Misalnya kamu harus belanja Rp10.000 untuk mendapatkan 1 poin reward menggunakan Maybank Visa Infinite. Sedangkan dengan HSBC Signature, kamu cukup berbelanja Rp1.250 untuk mendapatkan 1 poin reward, dan Rp1.000 jika menggunakan UOB Privimiles.

Bagaimana cara menukarkan reward?

Penukaran reward dapat dilakukan melalui mesin EDC pada Merchant partner bank, rewards lounge yang tersebar di mal-mal besar dan kantor cabang bank atau melalui telepon. (Baca juga: Empat Kesalahan yang Bisa Bikin Bisnismu Gagal)

Apa saja yang bisa didapat dengan menukarkan reward?

  1. Mileages

Miles bisa didapatkan dengan menukar point reward dari kartu kredit yang dapat ditukar dengan tiket penerbangan gratis ke seluruh dunia. Ada banyak program airmiles sebut saja KrisFlyer, AsiaMiles, Garuda Frequent Flyer, dan BIGPoint.

Untuk menukarkan miles, kamu harus miliki membership dari masing-masing miles tersebut.

–              Singapore Airlines            : www.krisflyer.com untuk KF Miles

–              Garuda Indonesia            : http://gff.garuda-indonesia.com untuk GFF Miles

–              Asia Miles                           : www.asiamiles.com

Penukaran miles dilakukan dengan menghubungi customer service masing-masing bank penerbit kartu kredit dan miles akan langsung ditransfer ke membership yang dimiliki pelanggan.

Berikut salah satu contoh perhitungan skema miles dari kartu kredit UOB Prvimiles:

Reward yang dibutuhkan untuk ditukar dengan 1 miles = 7 poin

Airmiles yang dibutuhkan untuk tiket Jakarta- Singapura PP = 7.000

Minimum pembelanjaan untuk tiket Jakarta- Singapura PP = Rp105.000.000

Setiap pembelanjaan Rp1.000 menggunakan kartu kredit UOB Prvimiles, kamu akan mendapatkan 1 pon reward. Artinya untuk mendapatkan 1 miles, kamu harus belanja senilai Rp7.000. Sebanyak 7.000 miles (pembelanjaan minimal Rp105.000.000) yang terkumpul bisa ditukarkan dengan tiket Jakarta-Singapura.

  1. Voucher belanja

Sudah dapat diskon khusus saat belanja menggunakan kartu kredit, kamu juga bisa memperoleh voucher belanja saat reward sudah terkumpul. Untung dua kali kan? Untuk pengguna kartu kredit HSBC misalnya, kamu bisa mendapatkan Voucher Sodexo dan MAP senilai Rp100.000 dengan menukarkan 40.000 reward. Kedua voucher tersebut bisa kamu gunakan untuk belanja dan makan di restoran. (Baca juga: 5 Gestur Tubuh yang Membuat Kamu Terlihat Tidak Profesional Saat Interview Kerja)

  1. Airport lounge

Jenis kartu kredit travel atau kartu kredit platinum memang memberi fasilitas berupa akes gratis ke airport lounge. Tapi kamu yang bukan pemilik kartu kredit travel juga bisa menikmati fasilitas ini dengan menukarkan reward.

  1. Cashback

Dengan menukarkan poin reward menjadi cashback, bank akan membayarkan sejumlah uang yang nantinya masuk ke dalam tagihan kartu kreditmu.

  1. Bebas biaya tahunan

Iuran kartu kreditmu mahal? Ternyata kamu bisa dibebaskan dari iuran kartu kredit dengan menukarkan poin reward. Untuk kartu kredit HSBC Gold misalnya, poin reward yang harus kamu tukarkan adalah 36.000 poin untuk iuran tahunan Rp300.000. Sedangkan untuk HSBC Platinum, kamu harus menukarkan 90.000 poin untuk iuran tahunan Rp750.000.

Selain keuntungan yang disebutkan di atas, ada banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan menukarkan poin reward kartu kredit seperti voucher hotel hingga bensin. Cek website penerbit kartu kreditmu untuk penjelasan lebih lanjut.

Apa yang terjadi jika poin reward milik saya tidak ditukarkan?

Poin reward punya masa berlaku sehingga hangus bila tidak ditukar sebelum jangka waktu kadaluarsa. Namun, ada juga bank yang tidak memberlakukan jangka waktu penukaran poin reward alias berlaku seumur hidup.

Mau kartu kredit yang berikan diskon hingga cashback belanja? Dapatkan kartu kredit pilihamu di sini

Tentang Penulis