Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini yang Harus Diperhatikan Agar Bisnis Franchise Makanan Kamu Sukses

by Rafly Aditia on 23 April, 2017

bisnis franchise_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Bisnis franchise makanan memang sangat menarik untuk dilakoni. Selain itu, bisnis satu ini juga punya banyak pilihan.

Mulai dari skala yang kecil hingga besar, kini kamu dapat dengan mudah mencari franchise  makanan yang memungkinkanmu untuk mulai berbisnis.

Nah, untuk kamu yang mau memulai bisnis franchise makanan setidaknya ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar dapat berjalan lancar dan sukses. Berikut tipsnya:

Berapa modal awalnya

Hal pertama yang perlu kamu cari tahu adalah modal usaha awal dari franchise yang kamu pilih. Berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan sampai kamu bisa mulai berjualan? Tentunya kamu perlu melakukan riset kecil terlebih dahulu yaitu dengan membandingkan merek yang satu dengan yang lainnya.

Selain itu, kamu juga perlu cari tahu apakah dengan modal yang kamu keluarkan sudah termasuk peralatan dan perlengkapan jualan atau belum, lalu apakah peralatan dan perlengkapan jualan tersebut menjadi hak milikmu atau tidak?

Cari bahan baku yang lebih murah

Terkadang banyak yang terkecoh saat ingin memulai franchise makanan. Mungkin kamu berhasil mendapatkan franchise dengan penawaran modal awal yang murah, tetapi bukan hanya itu yang seharusnya kamu perhatikan.

Berhubung kamu ingin membuka usaha franchise makanan, maka urusan bahan baku adalah yang utama. Biasanya usaha franchise tidak memperbolehkan kamu menggunakan bahan baku dari luar, karena bisa mempengaruhi kualitas dari franchise tersebut. Jadi, kamu perlu memesan bahan baku langsung dari pemilik franchise secara berkelanjutan.

Nah, tidak sedikit franchise makanan yang modal awalnya murah namun harga bahan bakunya di atas rata-rata. Maka dari itu, sebaiknya kamu pilih yang memiliki harga bahan baku lebih murah dan perhatikan juga soal rasa ya, guys!

Sudah dapat karyawan atau belum?

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah mengenai karyawan. Apakah kamu mendapatkan karyawan dari pemberi waralaba atau perlu mencari sendiri? Tentunya, kalau kamu harus mencari karyawan sendiri, maka persiapkan sejak dini agar ketika usaha dimulai kamu tidak pusing mencari karyawan. Sebagai informasi, mencari karyawan tidaklah semudah seperti yang kamu bayangkan. Untuk itu persiapkan hal ini sedini mungkin.

Perjanjian bisnisnya bagaimana?

Tentu kamu perlu mengetahui secara detil bagaimana perjanjian bisnis dari franchise  yang dipilih. Apakah ada pembagian keuntungan atau keuntungan total untuk dirimu saja? Lalu, apakah ada kontrak yang mengikat dan mewajibkan kamu untuk melakukan suatu hal tertentu seperti masalah pemesanan bahan baku dan hal lainnya.

Terutama kalau kamu memilih untuk buka usaha franchise makanan dengan skala besar, maka perjanjian dan kontrak bisnis adalah hal yang perlu diperhatikan secara saksama.

Wajib cari lokasi terbaik

Dalam bisnis makanan, lokasi adalah hal yang penting setelah kualitas produk. Bukan hanya soal cita rasa ataupun konsep, lokasi sangat menentukan kesuksesan bisnis. Sebaiknya cari temapt yang ramai dan mudah dilalui orang.

Biasanya kamu juga perlu menginformasikan tempat usaha yang sudah disiapkan saat ingin membuka franchise. Sebab, banyak franchise yang memiliki standar tertentu terkait lokasi.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami