Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Ini yang Membuat Bill Gates dan Warren Buffet Jadi Orang Terkaya, Bahkan Semakin Kaya

by Ariesta on 27 Desember, 2015

tips kaya _ investasi - CekAja.com

Nama Bill Gates dan Warren Buffett dalam jajaran daftar orang terkaya di dunia memang belum tergoyahkan. Bill Gates masih menempati posisi nomor satu sebagai yang terkaya sedangkan Warren Buffet cukup puas berada di posisi ketiga. Apakah kamu pernah bertanya, kenapa sih mereka bisa jadi kaya, bahkan semakin kaya?

Selain kaya, mereka juga dianggap sebagai orang paling berpengaruh sepanjang masa. Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya Bill Gates dan Warren Buffet merupakan introvert. Mereka rupanya lebih senang menyendiri daripada berbaur dengan orang lain.

Banyak orang introvert ragu mengambil peran kepemimpinan karena khawatir interaksi sosial akan memberatkan mental dan emosional sehingga menghambat menjadi pemimpin yang efektif. Tapi faktanya, sekitar 40 persen dari eksekutif perusahaan merupakan introvert dan terbukti mereka merupakan pendengar yang lebih baik, lebih baik dalam mengimplementasikan ide, dan bisa membangun hubungan personal yang lebih baik pula dengan bawahan mereka.

(Baca juga: Inilah Daftar Terbaru Orang Terkaya di Dunia Tahun 2015)

Meskipun kamu yang introvert bisa mengikuti jejak Bill Gates dan Warren Buffett, namun hal ini jelas bukan perkara mudah. Tapi setidaknya, kamu bisa mengikuti empat kebiasaan sukses mereka seperti berikut ini.

Membuat jadwal rutin untuk bersosialisasi

Introvert menganggap basa-basi hanyalah memakan waktu. Hasilnya, kamu yang introvert akan dilabeli canggung bahkan anti sosial. Tapi jika kamu ingin sukses dan kaya seperti Bill Gates dan Warren Buffett, mau tidak mau kamu tidak boleh cuek dengan karyawanmu. Karenanya, jadwalkan setidaknya setengah jam setiap hari untuk berinteraksi dengan karyawan.

(Baca juga: 8 Alasan Kenapa Kamu Masih Miskin di Usia 30)

Rencanakan lebih banyak rapat kecil

Tidak semua orang merasa nyaman mengungkapkan ide mereka dalam sebuah rapat besar, apalagi bagi seorang introvert. Oleh karenanya, rencanakanlah rapat kecil bersama karyawan. Kamu tidak hanya bisa mendapat pemahaman mendalam tentang bisnis, tapi juga lebih produktif dalam menyumbangkan ide dan solusi.

Rencana punya mobil di 2016? Langsung saja ke sini.

Meningkatkan penggunaan media sosial

Kebanyakan introvert berkomunikasi lebih efektif secara tertulis. Saat ini media sosial memegang peran besar dalam dunia bisnis. Gunakan Twitter dan Facebook untuk menyalurkan ide dan berinteraksi dengan bawahan.

Menjadwalkan waktu untuk sendirian

Orang introvert lebih kreatif dan produktif saat mereka sendirian. Sebagai pemimpin, harimu pasti disibukkan dengan dengan rapat, conference calls, atau deal bisnis. Karenanya, luangkan waktu sendirian selama beberapa jam dalam sehari untuk ‘mengisi baterai’ dalam dirimu,

Tentang Penulis