Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Pekerjaan Jurusan Administrasi Negara yang Paling Banyak Diminati

by Ayunindya Annistri on 5 November, 2019

Jurusan administrasi negara mungkin belum setenar jurusan teknik, namun bukan berarti peluang pekerjaan jurusan administrasi negara itu sedikit.

Administrasi negara merupakan sebuah program studi yang mempelajari tata kelola administrasi secara lebih spesifik, mulai dari aspek perencanaan, hingga pengendalian instansi milik publik maupun swasta guna mencapai tujuan akhir yang telah ditetapkan sebelumnya.

Setiap mahasiswa administrasi negara akan berhadapan dengan sejumlah data dan aturan yang masih erat kaitannya dengan urusan negara. Mereka dituntut untuk mampu berpikir kritis dalam menggagas dan menyelesaikan suatu permasalahan yang menyangkut kebijakan publik.

Selain itu, mahasiswa administrasi negara juga harus tanggap, terutama dalam menganalisa segala risiko atas kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah. Jurusan administrasi negara nyatanya sangat cocok bagi kamu yang menyenangi hal-hal terkait tata kelola negara.

Ketika lulus pun, kamu tidak perlu takut kesulitan mencari pekerjaan jurusan administrasi negara. Pasalnya, ada begitu banyak lowongan yang ditawarkan untuk lulusan ini.

5 Pekerjaan Jurusan Administrasi Negara

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lulusan administrasi negara bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan, terutama jika ingin menjadi pegawai negeri sipil. Tetapi, kalau kamu lebih menyenangi bekerja kantoran yang tidak terikat dalam waktu lama, beberapa referensi mengenai pekerjaan jurusan administrasi negara berikut mungkin bisa jadi alternatinya.

1. Jurnalis

Pekerjaan jurusan administrasi negara yang pertama adalah jurnalis. Menjadi seorang jurnalis tidak selalu harus dari lulusan komunikasi saja. Untuk lulusan administrasi negara yang gemar menulis pun bisa melakoni pekerjaan ini. Karena selain pintar menganalisa masalah, lulusan administrasi negara tentu sudah menguasai terlebih dahulu materi dasar mengenai politik atau pemerintahan.

Soal gaji, biasanya setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri. Namun, perkiraannya untuk posisi jurnalis muda, berpeluang mendapatkan gaji sebesar Rp 4 juta per bulan. Sedangkan untuk jurnalis profesional, tiap bulannya bisa menikmati gaji sekitar Rp 7 juta hingga Rp 10 juta.

2. Staf Tata Usaha (Admin)

Suatu bisnis yang dirintis pasti membutuhkan tenaga profesional dibidang tata usaha (admin). Pekerjaan ini juga bisa dipilih oleh lulusan administrasi negara sebagai loncatan untuk meraih kesuksesan di bidang serupa nantinya.

Untuk menjadi staf tata usaha, kamu wajib memiliki kemampuan khusus, meliputi komunikasi, pengarsipan, hingga teknologi terutama untuk mengoperasikan microsoft office.

Lebih spesifik, pekerjaan jurusan administrasi negara yang satu ini memiliki tugas diantaranya adalah mengelola seluruh administrasi perusahaan, membuat dan memasukkan dokumen atau data ke dalam komputer, serta menjadi perantara komunikasi dalam lingkup perusahaan maupun masyarakat.

Biasanya seorang staf tata usaha akan menerima gaji sebesar Rp 4 juta per bulan dan akan terus bertambah bila pengalaman yang kamu miliki lebih dari 1 tahun.

(Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Jurusan Ilmu Gizi, Salah Satu Profesi Paling Mulia)

3.  Aktivis LSM

Tertarik dengan kegiatan kemanusiaan? Lakoni saja profesi sebagai aktivis LSM alias Lembaga Swadaya Masyarakat. Meskipun gaji yang diterima tidak seberapa, tapi pekerjaan ini bakal membuat kamu sadar akan pentingnya bersyukur. Karena rata-rata seorang aktivis LSM akan langsung turun ke jalan untuk bertemu banyak orang dengan lika-liku hidup yang berbeda.

Aktivis LSM sering kali mendapat panggilan tugas ke luar kota atau bahkan luar negeri dalam waktu yang tidak bisa ditentukan. Sehingga, mereka harus bisa menguasai berbagai bahasa asing. Tak hanya itu saja, aktivis LSM juga dituntut untuk berpikir kritis dan memiliki kemampuan public speaking yang mumpuni.

4. Human Resources Development

Pekerjaan jurusan administrasi negara berikutnya adalah Human Resources Development (HRD). Divisi ini berperan penting dalam mengelola sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Mereka juga bertanggung jawab penuh dalam melakukan rekruitasi pegawai, menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, serta mengatur proses kenaikan jabatan atau perpindahan divisi yang ingin dilakukan oleh pegawai.

Mengenai gaji, seorang HRD biasanya akan menerima sebesar Rp 4 juta per bulan tergantung dari kebijakan perusahaan tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan, gaji yang diterima akan terus bertambah seiring dengan pengalaman yang dimiliki. Bahkan, beberapa perusahaan besar di Indonesia berani memberikan gaji tinggi hingga Rp 20 juta keatas kepada seorang HRD Manager.

5. Market Researcher

Pekerjaan lainnya yang cocok untuk lulusan administrasi negara adalah Market Rresearcher (MR). Tugas utama dari seorang MR adalah meneliti pasar guna membantu klien yang ingin menghasilkan produk berkualitas agar dapat diterima baik oleh konsumen. Umumnya, pekerjaan jurusan administrasi negara yang satu ini tergabung dalam perusahaan agency, dimana sistem kerjanya hampir serupa dengan konsultan.

Mereka bertanggung jawab penuh dalam menyediakan kebutuhan klien, mulai dari menganalisa produk, menyusun rencana pemasaran, hingga membantu manajemen untuk mengambil keputusan yang tepat terkait produk.

Kalau kamu tertarik menjadi seorang Marketing Researcher, setidaknya kamu harus memiliki beberapa keahlian khusus, meliputi kemampuan bahasa asing, kemampuan presentasi, wawasan tentang ilmu administrasi, serta kemampuan statistika.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau