Inilah 7 CEO Terbaik Dunia Tahun 2016

Chief Execuitve Officer (CEO) atau Direktur Utama merupakan jenjang  tertinggi dalam sebuah perusahaan. CEO memiliki tanggung jawab mengatur organisasi secara keseluruhan  dan bertugas membawa perusahaan berkembang dan meraih kesuksesan.

Lantaran tugas seorang CEO banyak dan tidak mudah, mulai dari menjadi  pengambil keputusan, pemimpin, pengelola, hingga eksekutor,  pekerjaan ini  tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Menariknya, di kalangan  orang-orang terbaik ini rupanya masih terdapat yang terbaik. Siapa saja mereka? Seperti dikutip CekAja dari  ceoworld.biz,   berikut ini daftar 7 CEO terbaik di dunia tahun 2016:

Thomas Enders (Airbus Group)

Nama Dr. Thomas Enders menduduki posisi ketujuh dalam daftar CEO terbaik 2016. Pria kelahiran Neuschlade, Jerman 58 tahun silam ini  dinilai  punya  pencapaian luar biasa selama menjadi CEO Airbus Group.

Enders memimpin  Airbus Group sejak tahun 2012. Keberhasilannya merebranding EADS menjadi Airbus Group setelah sebelumnya mengalami kegagalan merger dengan BAE systems merupakan salah satu prestasinya yang  gemilang.

(Baca juga: Andaikan “Tuhan” Berniat Ganti Nama, Ini Total Biaya yang Dikeluarkan)

Jamie Dimon (JPMorgan Chase)

Pemilik  nama asli James Dimon ini dianggap berhasil membawa JPMorgan Chase menuju kesuksesan semenjak menjabat sebagai CEO pada tahun 2006.

Selama dibawah asuhan  Dimon, JPMorgan Chase memang pernah mengalami masalah trading loss  bernilai  besar  yang  dikenal dengan nama London Whale.

Tetapi, pria kelahiran New York, Amerika Serikat, pada 13 Maret 1956 ini berhasil memperbaiki kinerjanya. Lantaran prestasinya,  Jamie  bahkan  mendapatkan kompensasi senilai  US$ 20 juta pada tahun 2013.

David Cote (Honeywell International)

David M. Cote merupakan pebisnis Amerika yang menjabat sebagai CEO perusahaan multinasional besar bernama Honeywell Internasional.

Sebelum bekerja untuk Honeywell, Cote bekerja untuk TRW bahkan JPMorgan Cahse sebagai komite penanggung jawab. David Cote dinilai sukses membawa Honeywell ke arah yang lebih baik.

Karena sudah 14 tahun bekerja untuk Honeywell, dirinya menerima upah lebih dari US$ 30 juta per tahun.

Warren Buffet (Berkshire Hathaway)

Siapa yang tidak kenal dengan orang satu ini? Walau sudah berusia 85 tahun, Warren Edward Buffet yang terkenal karena kelihaiannya di bidang investasi sehingga masuk dalam jajaran investor tersukses dunia merupakan CEO Berkshire Hathaway.

Buffet memimpin Berkshire Hathaway sejak  tahun 1970 sebagai Chairman sekaligus CEO.

Carlos Brito (Anheuser-Busch InBev)

Sempat malang-melintang bekerja di sejumlah perusahaan besar, mulai dari Shell Oil, Brahma hingga  Daimler Benz, membuat Brito  sangat  mengerti seluk beluk  dunia bisnis.

Setelah  mencicipi  semua posisi penting dalam perusahaan mulai dari bidang finance hingga operation and sales, Brito pun ditunjuk sebagai CEO InBev.

Salah satu kesuksesan terbesar Brito  adalah saat dia  mengambil alih Anheuser-Busch serta menjadi CEO dari grup tersebut tahun 2008.

(Baca juga: Efek Merugikan yang Bisa Menimpa Kamu jika Kecanduan Drama Korea)

Jeffrey Bezos (Amazon)

Keberhasilannya membangun Amazon dengan sumber daya seadanya membuat Jeffrey Preston Bezos disanjung komunitas  bisnis. Pria yang  lahir pada 12 Januari 1964 ini bahkan dianugerahi  banyak penghargaan di bidang bisnis, terutama, ketika Amazon berhasil menjadi retailer terbesar di Internet.  Pada awal tahun 2016, Bezos memiliki kekayaan yang diestimasi lebih dari US$ 59,2 miliar.

Bernard Arnault (LVMH)

Pria kelahiran 5 Maret 1949 ini merupakan CEO terbaik tahun 2016. Prestasi  tersebut diperolehnya lantaran  kinerja yang gemilang bersama LVMH.

Pria berusia 67 tahun ini dikabarkan memiliki kekayaan lebih dari US$ 37 miliar dan menduduki  posisi ke-13 dalam daftar orang terkaya di dunia tahun 2015.