Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Inilah Alasan Kenaikan Biaya Perpanjang STNK Motor Tahun 2017

by Satrya Agung on 5 Juli, 2016

kredit motor _ kredit kendaraan - CekAja.com

Tahun ini, pemerintah telah menetapkan peraturan baru terkait pengurusan surat-surat kendaraan bermotor di Indonesia.

Menurut Peraturan Pemerintah No.60 tahun 2016 tercatat penambahan tarif untuk urusan pengesahan STNK, penerbitan nomor registrasi kendaraan bermotor, surat ijin mengemudi, dan STNK lintas batas negara. Jika Anda adalah pengguna kendaraan bermotor, tentu turut merasakan dampak dari kenaikan biaya tersebut ketika hendak melakukan perpanjangan STNK.

Meskipun menyatakan telah mengetahui adanya kenaikan biaya, namun masih ada beberapa warga yang belum mengetahui jumlah pasti dari kenaikan tersebut. Akibatnya banyak ditemukan warga yang harus keluar lagi dari kantor samsat karena uang yang mereka siapkan ternyata kurang. Hal ini tentu dianggap sebagai suatu kerugian yang dirasakan warga karena harus kembali lagi dan menghadapi antrian yang panjang.

Sebagai warga, pastilah kenaikan biaya tersebut akan mempengaruhi keuangan, namun dari sisi pemerintah tentu memiliki alasan tersendiri mengapa harus menaikkan biaya perpanjang STNK motor. Untuk meredam emosi seputar kenaikkan ini, baiknya ketahui dulu beberapa alasannya.

Peningkatan Fitur Keamanan dan Material STNK

STNK sebagai dokumen berharga perlu adanya peningkatan keamanan untuk menghindari hal-hal yang merugikan. Pengurusan STNK di samsat ini meliputi seluruh Indonesia, sehingga dianggap perlu adanya penyesuaian biaya pada pelayanannya.

Pendanaan Sistem Online

Kenaikan tarif ini diperlukan untuk mendukun pendanaan sistem online yang ingin diberlakukan di seluruh layanan kantor samsat. Sistem ini dianggap akan memudahkan masyarakat untuk mengurus perpanjangan stnk maupun sim yang habis jika sedang tidak berada di kotanya. Sebagai contoh jika masyarakat dari Sumatera sedang berada di Jakarta dan kebetulan sim yang ia miliki habis, maka tidak perlu pulang ke Sumatera dulu.

Pengurusan dapat dilakukan di Jakarta melalui sistem online tersebut. Dengan perkembangan teknologi yang telah beredar di tengah masyarakat, sepertinya pengurusan melalui online akan jauh lebih praktis dan menghemat waktu.

Peningkatan Biaya Perawatan

Dana yang diperoleh dari kenaikan biaya perpanjang STNK motor tersebut akan dialokasikan juga untuk meningkatkan biaya perawatan teknologi informasi yang digunakan di kantor samsat. Hal itu berkaitan dengan sistem keamanan dari manajemen sistem informasi. Tidak bias hanya dengan biaya seadanya seperti sebelumnya. Harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini.

Modernisasi Peralatan Komputerisasi

Untuk mewujudkan standar pelayanan, maka perlu adanya perkembangan dari setiap peralatan yang digunakan oleh samsat untuk melayani masyarakat. Modernisasi ini dilakukan di seluruh Indonesia, agar semua masyarakat dapat menikmatinya di daerah manapun tanpa terkecuali. Dengan adanya peningkatan tersebut, pelayanan diharapkan dapat lebih maksima sehingga kenaikan tarif tersebut tidak akan sia-sia.

Pembangunan Sarana dan Prasarana Kantor Samsat

Seringkali terdengar keluhan dari masyarakat terkait sarana dan prasarana yang dimiliki oleh kantor samsat, terutama masalah antrian yang tidak bisa diatur dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu adanya pembangunan untuk meningkatkan setiap fasilitas yang tersedia di kantor samsat.

Dari kenaikan tarif tersebut diharapkan dapat menghasilkan sarana dan prasarana yang lebih baik demi meningkatkan kenyamanan dalam pelayanan. Jika ditelusur lebih jauh terkait persoalan kenaikan biaya perpanjang STNK motor ini sebenarnya dilakukan demi peningkatan kualitas kenyamanan untuk masyarakat.

Pemerintah pun juga telah menegaskan bahwa kenaikan ini akan membawa pengaruh positif jika masyarakat telah merasakan sejauh mana perubahannya.  Semoga pemerintah dapat memanfaatkan dengan baik setiap dana yang mengalir dan masyarakat pun akan semakin dimudahkan dalam pengurusan perpanjangan.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami