Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Inilah Beberapa Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia

by Teti Purwanti on 30 January, 2020

Asuransi saat ini masih menjadi hal yang belum banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan masih minimnya presentasi masyarakat Indonesia yang telah memiliki asuransi. Saat ini tercatat kurang dari 2% masyarakat Indonesia yang tercatat sudah memiliki asuransi.

Perusahaan Asuransi di Indonesia

Angka kepemilikan asuransi tersebut pun berbanding terbalik dengan banyaknya jumlah perusahaan asuransi di Indonesia yang telah mendapatkan izin dan juga terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Minimnya angka kepemilikan asuransi tersebut menjadi pekerjaan rumah bagi banyak perusahaan asuransi untuk terus memberikan edukasi bagi masyarakat Indonesia untuk mulai memiliki asuransi.

Fakta tersebut tidak terlepas dari masih rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang asuransi. Masyarakat di Indonesia masih menganggap asuransi bukan sebuah kebutuhan yang mendesak sehingga menjadi pilihan kesekian dalam urutan kebutuhan mereka.

Sementara itu, di luar negeri atau di negara-negara maju, asuransi justru sudah menjadi salah satu kebutuhan penting yang dimiliki oleh warganya. Mereka sadar bahwa asuransi adalah kunci untuk terhindar dari segala macam kerugian finansial pada masa mendatang.

Sebaliknya, publik di Indonesia masih menganggap asuransi sebagai sebuah investasi. Anggapan ini adalah keliru sebab asuransi sama sekali bukan sebuah instrumen investasi karena memang nilainya cukup kecil bila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Asuransi ≠ Investasi

Anggapan yang menyatakan bahwa asuransi adalah investasi haruslah diluruskan. Sekali lagi, asuransi bukan merupakan salah satu instrumen investasi. Asuransi merupakan sebuah produk yang berguna untuk melindungi diri dari segala macam kerugian finansial ketika terjadi musibah.

Asuransi dibutuhkan untuk memberikan perlindungan ketika misalnya seseorang sakit, mengalami kecelakaan, dan bahkan meninggal. Definisi dan juga pemahaman itu lah yang saat ini mestinya diberikan oleh para perusahaan asuransi kepada banyak masyarakat Indonesia di segala lapisan, baik masyarakat menengah hingga bawah sekalipun.

(Baca Juga: Pemain Muda Terbaik di Liga Spanyol 2019/2020)

Di sisi lain, masyarakat Indonesia pun harus sadar tentang betapa pentingnya memiliki asuransi mengingat segala macam kejadian atau musibah bisa menimpa sewaktu-waktu. Terlebih Indonesia merupakan negara yang rawan bencana alam seperti banjir, gempa, gunung meletus, hingga tsunami.

Segala macam hal itu yang kemudian harus dijadikan pertimbangan oleh masyarakat Indonesia untuk segera memiliki asuransi, baik bagi dirinya sendiri maupun keluarganya. Tanpa kesadaran itu, segala upaya edukasi dan penetrasi dari perusahaan asuransi, bahkan pemerintah sekalipun tidak akan membuat persentase masyarakat yang memiliki asuransi mengalami peningkatan.

Inovasi Perusahaan Asuransi

Dalam perkembangannya, keberadaan perusahaan asuransi di Indonesia kini jumlahnya sangat banyak. Sayangnya, keberadaan perusahaan asuransi tersebut tidak diimbangi dengan kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya kepemilikan asuransi.

Padahal, perusahaan-perusahaan asuransi itu kini sudah mengemas secara kreatif produk-produknya. Hal itu dilakukan agar semua masyarakat dari berbagai macam kalangan bisa memiliki produk asuransi mereka.

Salah satu contohnya adalah saat ini ada perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi demam berdarah hanya dengan premi sangat murah, yakni Rp50.000 per tahun. Hal itu bisa dimaklumi karena demam berdarah adalah salah jenis penyakit yang banyak terjadi di Indonesia sehingga kebutuhan terhadap perawatannya pada masa depan akan semakin tinggi.

Dengan adanya produk-produk asuransi yang semakin inovatif seperti asuransi demam berdarah tersebut, maka asuransi kini bukan menjadi sebuah hal yang eksklusif bagi kalangan tertentu. Semua orang bisa memiliki asuransi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Langkah inovasi itu sendiri patut diapresiasi sebagai salah satu cara perusahaan asuransi untuk lebih mendekatkan diri ke masyarakat Indonesia.

Tips Sebelum Memilih Perusahaan Asuransi

Banyaknya perusahaan asuransi yang ada di Indonesia tentunya membuat kamu kesulitan harus memilih mana yang terbaik. Penawaran keuntungan yang hampir sama di setiap perusahaan asuransi menjadikan pemilihan perusahaan asuransi itu sendiri sebagai perkara yang memerlukan segala macam pertimbangan.

Namun demikian, kamu tidak perlu khawatir dan bimbang karena di bawah ini merupakan 4 tips yang bisa kamu praktikkan sebelum memilih perusahaan asuransi.

Terdaftar di OJK

Sebelum membeli premi, pastikan dulu perusahaan asuransi itu Sudah terdaftar dan mendapat izin dari OJK. Selain itu, pastikan juga bahwa penawaran premi dilakukan oleh sales atau konsultan yang sudah memiliki lisensi. Kamu juga harus mempelajari segala macam ketentuan pada polis asuransi dan aktif bertanya jika ada hal-hal yang membingungkan pada polis asuransi.

Perusahaan Telah Berdiri Lama dan Punya Reputasi Baik

Hal kedua yang harus kamu pastikan sebelum membeli premi asuransi adalah tentang keberadaan perusahaan asuransi tersebut. Semakin lama perusahaan asuransi berdiri maka semakin banyak pula pengalaman yang dimiliki. Dengan demikian, kamu akan dapat dengan mudah melakukan tracking atau mencari rekam jejak perusahaan asuransi tersebut.

Selain sudah berdiri lama, penting bagi kamu untuk membeli premi dari perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik. Berkaitan dengan hal itu, kamu bisa memperoleh citra perusahaan asuransi tersebut lewat media massa atau bisa juga bertanya kepada teman atau kerabat yang sudah membeli premi dari perusahaan asuransi tersebut.

Memiliki RBC di atas 120%

Sebuah perusahaan asuransi dinyatakan baik dan memiliki keuangan sehat ketika Risk Based Capital (RBC) atau rasio solvabilitasnya ada di atas angka 100% atau tepatnya 120%. Semakin besar RBC-nya maka semakin sehat kondisi finansialnya.

Pengetahuan terhadap hal tersebut penting kamu ketahui. Hanya dengan itu, kamu bisa tahu apakah perusahaan asuransi tersebut dapat memenuhi janji pembayaran ketika kamu melakukan proses klaim.

Premi Terjangkau

Harga premi di setiap perusahaan asuransi sangatlah banyak macamnya. Oleh sebab itu, pilihlah perusahaan asuransi yang menawarkan premi dengan harga murah dan terjangkau. Kamu bisa membandingkan dua hingga tiga perusahaan asuransi sekaligus sebelum membeli premi. Lihat perusahaan mana yang paling memberikan premi dengan harga yang sesuai dengan keadaan kamu.

Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia

Nah, jika kamu sudah mengetahui fakta tentang asuransi di Indonesia dan tips memilih perusahaan asuransi maka ini saatnya kamu mengetahui daftar perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Berikut ini daftarnya.

1. Allianz Indonesia

Allianz Indonesia - Inilah Beberapa Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia

Allianz Indonesia merupakan bagian dari perusahaan asuransi Allianz Insurance yang berbasis di Munich, Jerman. Allianz Indonesia merupakan salah perusahaan asuransi terkemuka yang ada di Indonesia. Keberadaan Allianz Indonesia dimulai pada 1981 saat sang perusahaan induk yakni Allianz memutuskan membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Selama 3 dekade di Tanah Air, Allianz Indonesia telah memiliki lebih dari 1.400 karyawan dan juga 20.000 tenaga penjualan yang ditunjang oleh berbagai macam mitra perbankan untuk melayani lebih dari 7 juta jiwa yang tertanggung. Adapun layanan asuransi yang disediakan oleh Allianz Indonesia di antaranya adalah asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun, dan syariah.

2. AIA Financial

AIA Financial - Inilah Beberapa Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia

Perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia berikutnya adalah AIA Financial yang merupakan anak usaha dari AIA Group. AIA Financial merupakan satu dari sekian banyaknya perusahaan asuransi yang sudah terdaftar di OJK.

AIA Financial tercatat menawarkan berbagai macam produk asuransi. Produk-produk tersebut di antaranya adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi berkaitan dengan investasi, program kesejahteraan karyawan, program pesangon, dan program dana pensiun atau DPLK.

3. AXA Mandiri

AXA Mandiri - Inilah Beberapa Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia

AXA Mandiri merupakan salah satu perusahaan asuransi lama yang ada di Indonesia. Berdiri sejak 1991, AXA Mandiri hadir untuk membuat masyarakat Indonesia sadar tentang betapa pentingnya asuransi.

AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi gabungan antara AXA Group dan juga salah satu bank BUMN yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Ada beberapa macam layanan yang diberikan oleh AXA Mandiri, yakni asuransi jiwa, asuransi umum, dan juga manajemen aset. Rekam jejak atau reputasi yang baik dan usia perusahaan yang lama bisa menjadi pertimbangan kamu membeli premi asuransi di AXA Mandiri.

4. FWD Life Indonesia

FWD Life Indonesia - Inilah Beberapa Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia

PT FWD Life Indonesia atau FWD Life merupakan perusahaan asuransi yang ada di Indonesia dan merupakan bagian dari FWD Group. FWD Life menawarkan berbagai macam produk asuransi seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi investasi.

Selain di Indonesia, FWD Group juga memiliki jaringan usaha di banyak negara Asia lainnya seperti Hong Kong, Makau, Thailand, Vietnam, Filipina, Singapura, dan Jepang. Produk asuransi yang ditawarkan di negara-negara tersebut pun hampir sama dengan produk asuransi yang ada di Indonesia.

FWD Life Indonesia cukup sadar dengan teknologi yang ada saat ini sehingga mereka menyasar pasar dengan ceruk anak-anak muda yang tidak gagap teknologi. Jika kamu adalah generasi yang sudah melek digital dan terbiasa dengan teknologi kekinian, maka FWD Life Indonesia bisa menjadi pilihan perusahaan asuransi buat kamu.

5. Prudential

Prudential - Inilah Beberapa Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia

Salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia lainnya adalah Prudential Indonesia. Berdiri sejak 1995, Prudential Indonesia telah banyak berkontribusi terhadap perkembangan bisnis asuransi di Indonesia.

Bergerak di sektor asuransi jiwa patungan sejak tahun berdirinya, Prudential Indonesia juga lambat laun mulai menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk asuransi terkait investasi atau unit link sejak 1999.

Adapun jumlah nasabahnya di Indonesia hingga kini tercatat lebih dari 2,3 juta orang. Sementara jumlah dana yang dikelola oleh Prudential Indonesia dari nasabah telah mencapai lebih dari Rp70 triliun.

Nah, itu merupakan 5 perusahaan asuransi yang ada, terdaftar, dan beroperasi di Indonesia. Sekarang waktunya kamu memilih perusahaan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu! Pilih asuransi favoritmu hanya di CekAja!

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.