Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

3 menit waktu bacaan

Inilah Bisnis UKM yang Menjanjikan Tahun Ini

by Satrya Agung on 24 February, 2016

pinjaman ukm - CekAja.com

Minat masyarakat untuk mempunyai bisnis sendiri sangatlah tinggi. Dari kisaran umur 25 tahun hingga 35 tahun mencari kira-kira peluang bisnis ukm apa yang cocok untuk mereka.

Setelah diteliti setidaknya ada 10 jenis usaha ukm yang menjanjikan untuk digarap.

Bisnis yang berbasis teknologi

Tidak selamanya semua bisnis yang berbasis teknologi membutuhkan modal yang sangat besar. Atau yang berkaitan dengan aplikasi, komputer, handphone, atau website. Toko online termasuk di dalam kategori ini.

Pertumbuhan bisnis di toko online sangat pesat. Sistem kerjasama yang dijalin pun beragam. Ada yang menjalin kerjasama dengan ecommerce yang sudah menjadi pemain besar (seperti Blibli, Lazada, Buka Lapak, Tokopedia, dll) atau menjadi reseller dari toko online lainnya, bahkan tak jarang pula yang berdiri sendiri. Apa pun itu hukumnya sah-sah saja.

Toko online merupakan salah satu UKM yang perkembangannya sangat menjanjikan. Pun modal yang dibutuhkan pun bisa menyesuaikan kekuatan finansial. Jika kamu tidak mempunyai modal sama sekali maka menjadi Reseller adalah solusinya. Bisnis teknologi skala kecil adalah bisnis ukm, karena bisnis ukm kreatif adalah bisnis ukm yang menguntungkan. Tapi, bisnis ukm yang menjanjikan pengertian ukm adalah ukm mahasiswa.

UKM di bidang makanan

Jenis bisnis ukm ini bisa dibilang tidak akan pernah mati. Karena yang namanya manusia pasti membutuhkan makan. Berdasarkan kebutuhan yang mendasar ini saja sudah bisa dijadikan acuan bahwa bisnis kuliner sangat berpotensi untuk tumbuh besar.

Jika kamu suka berkreasi lewat makanan maka potensi bisnismu melonjak akan semakin tinggi ketimbang yang menjual makanan standar. Karena saat ini orang cendrung mencari makanan unik atau setidaknya beda dengan yang lain. Sebagai contoh salah satu adalah usaha makanan yang saat menyajikan makanannya memberikan pilihan pada pembeli untuk seberapa pedas. Atau minuman yang dikemas di tempat yang tak lazim. Sesaat saja produk mereka menjadi viral. Tapi yang vital adalah cita rasa. Seunik apa pun sajian makananmu tapi rasanya tidak enak maka akan percuma saja.

Fashion dan kecantikan

Target market terbesarnya adalah wanita. Meski demikian pangsa pasar laki-laki pun tidak kalah ramai. Jika kamu bergerak di bidang ini maka pastikan kamu jeli terhadap tren baru baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Pilihan untuk terjun di bisnis fashion bisa sebagai perancang, atau pengimport busana dari luar negeri. Kembali ke minat kamu masing-masing. Tapi saat kamu memutuskan atau telah terjun sebagai perancang, maka ada celah untuk kamu menjadi terkenal. Karena jika sebuah merk busana digandrungi dan terkenal maka sang perancangnya pun akan ikut terkenal.

Bisnis menjual produk kecantikan juga tidak pernah mati. Salah satu strategi para pemain ini adalah dengan meng-hire seseorang yang mempunyai followers banyak di Instagram lalu mempromosikan barang daganganmu. UKM malaysia di mana usaha kecil menengah yang sukses menjadi usaha kecil menjanjikan di desa.

Bengkel

Usaha ini paling cocok bagi kamu yang senang mengutak-atik kendaraan dan berhasil. Ingat ya, harus berhasil, jangan hanya utak-atik saja. Nanti yang ada jadinya BBNBP (Bisa Bongkar Nggak Bisa Pasang) dan pelanggan kabur bahkan bisa minta ganti rugi.

Modal untuk memulai usaha ini tidak terlalu tinggi, sekitaran 30 juta untuk modal bengkel motor. Agar bengkelmu cepat naik daun maka bergabunglah dengan club motor. Karena biasanya begitu dalam klub tersebut ada member yang punya bengkel maka mereka lebih memilih bengkel tersebut untuk service rutin atau reparasi. Jangan lupa untuk memberi diskon khusu buat mereka ya agar mereka lebih loyal dan royal.

Sedikit tips dari kamu, banyak dari orang yang gagal menjalani bisnis ukm mereka karena ingin cepat meraup untung besar. Sedangkan dalam bisnis dibutuhkan kesabaran dan keuletan. Jadikan ini salah satu prinsip maka sukses ada di depan mata.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami