Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Busana Muslim Hits Milik Artis

by Ariesta on 15 Juni, 2016

Karena sudah menjadi semacam kebiasaan untuk memiliki pakaian paling bagus, munculah model-model busana muslim yang menjadi tren setiap menjelang Lebaran.

Seringnya tren tersebut jadi populer karena dipakai oleh artis maupun ustad yang kala itu sedang ngetop. Akhirnya, para penjual busana yang memiliki model sama dengan yang dipakai sang artis, suka menambahkan embel-embel nama ‘seleb’ bersangkutan di belakang barang dagangan mereka. Apa saja busana-busana muslim yang pernah ngehits di Indonesia?

1. Kaftan Syahrini

baju-syahrini-kaftan

Busana kaftan sempat booming di tahun 2012 setelah dipopulerkan oleh Syahrini. Kaftan berasal dari kata Persia ġaftān, yang berupa mantel panjang mencapai mata kaki yang digunakan para pria. Karena berasal dari Timur Tengah, penggunaan kaftan identik dengan perayaan hari raya umat Muslim.

Model kaftan yang populer di Indonesia berbentuk gamis panjang dengan lengan kelelawar dan hiasan mute/payet/bebatuan di bagian leher dan lengan. Kaftan Syahrini umumnya berbahan hycon, shiffon, ceruti, atau sutra sehingga terasa lentur dan jatuh saat dikenakan.

(Baca juga: Bulan Puasa Malah Lebih Boros, Kenapa?)

Tentunya bahan dan payet yang digunakan sangat memengharuhi harga. Busana kaftan seperti persis yang dikenakan Syahrini dengan kristal swarovski bisa berharga jutaan rupiah. Sedangkan di Pasar Tanah Abang Jakarta kamu bisa membawa pulang hanya dengan selembar Rp100 ribu.

2. Koko Uje

Baju koko merupakan sebutan untuk busana muslim yang dikenakan oleh pria. Umumnya baju koko tidak memiliki banyak variasi. Hanya berupa baju longgar berkancing depan, namun tanpa kancing di pergelangan tangan dengan sedikit hiasan bordir.  Namun baju Koko Uje yang dipopulerkan Alm. Ustad Jefri Al Buchory (Uje) mematahkan dominasi tersebut.

Baju koko Uje memiliki kerah bulat dengan hiasan bordir besar. Cara mengenakannya seperti kaus sehingga kamu tidak ribet dan bisa terlihat santai sekaligus modis.

(Baca juga: Anti Bokek Setelah Lebaran)

3. Kerudung Hana-Dewi Sandra

pashmina-instan-dewi-sandra-hana-chsi-sinetron-murah

Coba ketik Kerudung Hana-Dewi Sandra di Google, pasti kamu akan menemukan foto Dewi Sandra mengenakan kerudung cantik berwarna salem. Model kerudung ini populer pada lebaran 2014 karena dipakai aktris Dewi Sandra dalam sinetron Catatan Hati Seorang Istri (CHSI) yang disiarkan di televisi swasta.

Modelnya manis, simpel, tanpa banyak aksen. Kerudung ini laris manis karena pemakaiannya secara instan tanpa membutuhkan peniti. Bahannya beragam mulai dari shiffon, jersey, dan katun strecth.

(Baca juga: Lima Hal yang Cuma Ada di Bulan Puasa)

4. Kopiah Ustad Mansyur

ustadz-yusuf-mansur

Penampilan terasa kurang jika Solat Id tanpa mengenakan kopiah. Kopiah tidak hanya identik dengan Islam, tapi juga budaya Indonesia. Jika kamu teliti, banyak tokoh bangsa dan kaum intelektual Indonesua yang selalu mengenakan kopiah. Presiden Soekarno adalah salah satunya.

Kopiah alias peci identik berwarna hitam dari beludru. Namun Ustad Mansyur dan Ustad Arifin Ilham mengenalkan kopiah berwarna putih simpel yang cocok dipakai segala usia. Kalau kopiah warna hitam terkesan terlalu formal untukmu, mungkin kopiah ala Ustad Mansyur bisa jadi pilihan.

(Baca juga: Lima Hal yang Seharusnya Membuat Kamu Lebih Hemat Saat Puasa)

5. Jilbab Angel Lelga

Angel Lelga

Jika hijabers seperti Zaskia Adya Mecca dan Dewi Sandra memilih gaya pashmina sebagai tampilan sehari-hari, Angel Lelga hampir tidak pernah mengenakan pashmina. Ya, sejak memutuskan berhijab, janda Rhoma Irama ini konsisten dengan gaya berkerudungnya yang menabrak tren kekinian. Di saat warna-warna pastel nan polos populer, Angel justru memakai kerudung bermotif ramai.

Sebenarnya gaya Angel terbilang sangat simpel. Hijabnya berupa kerudung segi empat yang dilipat menjadi segitiga, lalu bagiannya yang terlepas disatukan dengan cincin pemanis. Namun pemilihan bahan dan motif kerudung seperti satin silk membuat penampilannya terkesan anggun dan mewah. Gaya Angel mirip dengan gaya hijab wanita-wanita Turki.

6. Gamis Jodha Akbar

Populernya sinema-sinema asal India seperti Mahabarata, Jodha Akbar, dan Uttaran turut mempengaruhi selera masyarakat Indonesia dalam memilih busana Lebaran. Tahun kemarin, gamis Jodha Akbar banyak diburu.

(Baca juga: Kebiasaan Makan Ketika Puasa yang Bikin Badanmu Tidak Melar Saat Lebaran)

Sesuai namanya, busana ini bermodel long dress menyerupai sari India dengan motif dan bordiran ramai. Warna-warna yang dipakai pun sangat berani seperti merah, ungu, dan hijau tua dengan aksen emas. Kamu yang punya tingkat kepercayaan diri tinggi dan ingin jadi pusat perhatian mungkin cocok dengan busana satu ini.

Kamu juga bisa mempunyai bisnis busana muslim seperti para artis yang telah disebut diatas. Jangan takut dan ragu karena terkendala modal. Segera ajukan KTA dengan bunga rendah dan cicilan ringan tentunya hanya melalui CekAja!

Tentang Penulis