Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Inilah Busana Muslim Termahal di Dunia

by JTO on 3 Juli, 2015

Tak salah jika ada pepatah yang menyatakan berlian adalah sahabat baik wanita. Seorang desainer asal Inggris, Debbie WIngham, memiliki hasil karya spektakuler yang mungkin bisa menjadi salah satu inspirasi busana muslim perempuan untuk Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Desainnya sangat sederhana. Baju dengan dominasi warna hitam ini berhiaskan semacam payet berwarna merah dengan motif bunga di area dada dan punggung. Namun, jangan kira Anda bisa mencari baju ini di pasaran. Wingham enggan menjual baju ciptaannya itu. Payet-payet yang menghiasi baju rancangannya menjadikannya baju kedua termahal di dunia.

Baju ini sudah dibuat sejak tahun 2013 silam, kala itu nilainya bisa mencapai 17,7 juta dolar Amerika Serikat (AS). Debbie Wingham menciptakan rancangan tersebut berdasarkan inspirasi busana muslim khas daerah Afrika Utara dan Arab, bernama Abaya. Dia terinspirasi untuk merancang model busana muslim ini setelah mengunjungi Dubai setahun sebelumnya.

(Baca juga: Empat Tokoh Muslim Terkaya di Dunia)

Alhasil, Debbie begitu maksimal berimajinasi. Dikenal kerap menampilkan karya spektakuler bertabur berlian pada baju rancangannya, dia pun ingin menampilkan karakter yang sama untuk Abaya miliknya. Kali ini, Debbie memberikan sentuhan berlian merah – batu mewah yang begitu langka.

Dihiasi 3.000 jenis batu berharga

Debbie sebelumnya sudah dikenal dunia lebih rancangan dress hitam bertaburan berlian hitam senilai 5,6 juta dolar AS pada tahun 2012. Hal ini yang kemudian membuat seorang kliennya tertarik menawarkan batu berlian merah miliknya untuk dipinjamkan pada Debbie demi membuat rancangan baju yang baru. ”Kesempatan seperti ini tidak bisa didapat oleh semua pecinta perhiasan, sehingga tidak boleh dilewatkan begitu saja,” katanya seperti dilansir TODAY.com.

(Baca juga: 10 Atlet Dunia dengan Bayaran Tertinggi Tahun 2015)

Selain berhiaskan berlian merah senilai 7,4 juta dolar AS, Abaya milik Debbie juga dilengkapi batu-batu berharga lainnya. Setidaknya ada 3.000 jenis batu berharga yang disematkan menghiasi baju tersebut, antara lain 50 berlian hitam dua karat dan 50 berlian putih dua karat serta 1.899 berlian hitam putih dan 1.000 batu rubi. Bahkan, setiap batu berkilau ini dijahit dengan benang emas 14 karat.

Dengan nilai sefantastis itu, Abaya ini hanya akan menjadi satu-satunya hasil karya Debbie. “Batu berlian merah yang digunakan juga merupakan pinjaman, tidak ada kolektor yang ingin menjual kembali batu langka seperti itu,” katanya. Dia berencana membuat rancangan sejenis di masa-masa mendatang.

Baju karya Debbie Wingham ini merupakan baju termahal kedua di dunia. Pemuncak daftar 10 dress termahal di dunia masih menjadi milik Nightingale of Kuala Lumpur yang nilainya mencapai 30 juta dolar AS. Gaun malam rancangan Faiyzali Abdullah ini pertama kali dipertontonkan ke publik pada “STYLO Fashion Grand Prix KL” festival, pada tahun 2009.

(Baca juga: 7 Langkah Kumpulkan Kekayaan Ketika Masih Segar Bugar)

Harga luar biasa itu didatangkan dari berbagai bahan kain yang sangat bagus seperti taffeta, satin, chiffon, dan silk. Dan tidak hanya itu saja, ada 751 kristal Swarovski serta berlian 70 karat berbentuk pir yang juga menghiasi baju tersebut.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.