Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Berikut Cara Lolos SNMPTN Khusus Bagi Siswa IPA

by Rini Agustina on 23 Januari, 2020

Lolos SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah impian setiap siswa. Sebab dengan mengikuti seleksi SNMPTN seorang siswa tidak harus mengikuti tes UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Berbekal nilai rapor dan sejumlah sertifikat prestasi seorang siswa berpeluang diterima di sebuah Universitas Negeri tanpa harus menjalani ujian apapun.

Cara Lolos SNMPTN Bagi Siswa Ipa

Tak heran jika tiap tahun peminat SNMPTN selalu meningkat. Ketika seorang siswa diterima oleh Universitas melalui jalur SNMPTN itu artinya siswa tersebut memiliki nilai akademik tinggi dibanding siswa lain. Nilai rapor yang diseleksi bukan hanya ketika siswa berada di kelas 3 SMA/SMK melainkan sejak mereka berada di kelas 1. Penurunan nilai sangat berpengaruh pada proses penerimaan.

Artinya, siswa yang ingin mengajukan SNMPTN harus punya nilai yang berprogres naik signifikan sejak ia berada di kelas 1 menengah atas. Tentunya ini bukanlah hal mudah, mempertahankan nilai yang sama atau bahkan berjuang meningkatkan nilai dalam 3 tahun adalah perjuangan. Kendati seorang siswa dibimbing dengan berbagai tambahan pelajaran namun harus ada upaya dan niat yang teguh agar bisa mempertahankan nilai setiap semester.

Terlebih untuk siswa jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Bukan perkara mudah menjaga nilai matematika, biologi, fisika dan kimia agar tetap naik. Pasalnya setiap tambahan semester beban belajar siswa juga semakin meningkat karena materi yang dibedah makin berat. Namun siswa jurusan IPA punya peluang lebih besar untuk memilih lintas jurusan saat memasuki perguruan tinggi, mereka bisa mengambil jurusan sosial dan juga bahasa.

Karena itu cara lolos SNMPTN bagi siswa Ipa membutuhkan kiat khusus. Ikuti tips-tips dibawah ini untuk bisa lolos SNMPTN:

Cara Lolos SNMPTN Bagi Siswa IPA
Memilih Jurusan yang Tepat

Cara lolos SNMPTN bagi siswa Ipa yang pertama adalah memilih jurusan yang tepat. Karena SNMPTN ini didedikasikan bahwa putra putri terbaik di bidangnya, kecil peluang perguruan tinggi menerima siswa yang ingin mengambil lintas jurusan. Misalnya siswa IPA ingin mengambil jurusan sosiologi atau siswa IPS ingin mengambil mata kuliah jurusan Bahasa. Kemungkinan ini kecil terjadi karena pihak perguruan tinggi akan lebih memprioritaskan siswa-siswi terbaik di bidangnya.

( Baca Juga : Penjelasan Lengkap Mengenai Asuransi Pendidikan )

Jadi kalau kamu adalah siswa yang ingin mengambil lintas jurusan sebaiknya tidak perlu mengikuti seleksi SNMPTN, sebaliknya jika kamu adalah siswa IPA yang serius ingin mendalami pengetahuan alam peluangmu akan sangat tinggi selama bisa menjaga prestasi akademik di sekolah.

Mempertimbangkan Passing Grade

Cara lolos SNMPTN bagi siswa IPA selanjutnya adalah perrtimbangan passing grade. Ya, dalam SNMPTN ada istilah passing grade yang merujuk pada jurusan favorit. Jurusan yang pasti menjadi target utama seluruh siswa di Indonesia. Jika kamu tidak yakni dengan nilai rapor yang ada saat ini sebaiknya jangan memilih jurusan dan universitas dengan passing grade tinggi. Pilihlah satu tingkat dibawah mereka, toh sama-sama perguruan tinggi negeri bukan? Kualitas kedua universitas pasti tidak jauh berbeda yang membedakan mungkin hanya lokasi kampusnya saja.

Naikkan Nilai Rapor

Cara lolos SNMPTN bagi siswa IPA selanjutnya adalah menaikkan nilai rapor secara signifikan.. Perlu diketahui tidak semua siswa bisa jadi peserta SNMPTN, Sebagai informasi tambahan kuota calon lulusan untuk SNMPTN yang diberikan di setiap kampus minimal 20 persen. pihak perguruan tinggi akan melakukan seleksi berdasarkan beberapa kriteria, yaitu:

  • SMA akreditasi A kuota 40 persen siswa terbaik,
  • SMA akreditasi B kuota 25 persen siswa terbaik 
  • SMA akreditasi C 5 persen siswa terbaik.

Kriteria siswa nilai terbaik berdasarkan nilai rapor semester 1 – 5 untuk 6 mata pelajaran,

  • Jurusan IPA = Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi.
  • Jurusan IPS = Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.
  • Jurusan Bahasa = Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, bahasa asing lainnya.
  • SMK = Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta mata pelajaran teori dan praktik pada kejuruan masing-masing.

Jika memiliki prestasi di luar sekolah, apapun prestasinya lampirkan saja karena berpeluang membuatmu lulus SNMPTN. Lebih bagus lagi jika selama menempuh bangku SMA kamu mengikuti berbagai perlombaan yang sesuai bidang, misalnya Olimpiade Saintek atau menjadi volunteer duta bahasa Nasional.

Prestasi-prestasi seperti ini biasanya memberikan andil besar terhadap hasil SNMPTN karena kamu dianggap sangat serius meminati sebuah bidang. Bahkan ketika hasil olimpiade hanya mampu bertengger di posisi lolos seleksi tingkat Kabupaten saja.

Selektif Memilih Jurusan

Saat mendaftar SNMPTN, ada dua pilihan prodi yang biasanya ditawarkan kampus yakni : A. Pilih “yang penting lolos” B. Pilihan yang sangat dicita-citakan C. Pilihan yang sesuai keahlian dan kemampuan. Sebaiknya tidak memilih A karena akan berdampak pada saat nanti kamu berada di perguruan tinggi. Jurusan yang tidak diambil dengan pertimbangan minat dan bakat atau karena ini masuk kampus tertentu saja, seringkali membuat mahasiswa tidak bisa menyelesaikan kuliahnya alias di drop out dari kampus, karena terbukti memiliki nilai yang buruk.

Ingat, mahasiswa yang lolos seleksi SNMPTN wajib mempertahankan IPK yang telah ditentukan oleh pihak kampus. Mahasiswa wajib mendapatkan nilai bagus jika tak ingin adik kelasnya di SMA/SMK tidak diberi kesempatan serupa. Ya, universitas biasanya akan menghapus kesempatan SNMPTN untuk beberapa sekolah yang dinilai siswanya tidak memiliki indeks nilai mumpuni.

Urutan jurusan saat pendaftaran SNMPTN yang benar adalah pastikan di bagian pertama adalah jurusan favorit kamu. Jurusan ke 2 pilihlah jurusan yang masih berhubungan dengan bidang jurusan yang kamu ambil di sekolah, yang ke 3 pilihlah jurusan yang mempunyai passing grade rendah

Tak lupa juga kamu harus berdiskusi dengan guru-guru di sekolah, mengenai pilihan jurusan yang akan diambil. Apakah pernah jurusan tersebut menerima salah seorang kakak kelas dan ternyata kini mereka tidak mampu menyelesaikan studynya? Ini bisa jadi bahan pertimbangan ketika kamu mengurutkan pilihan jurusan maupun perguruan tingginya.

Jangan Berhenti Update

Terus mencari peluang dan kesempatan jadi salah satu cara lolos SNMPTN bagi siswa IPA yang tak boleh dilupakan, jangan berhenti hanya karena merasa peluang di jurusan yang dituju sangat kecil. Meskipun nilai rapor tidak begitu bagus tetapi jika sekolah memiliki akreditasi sangat baik ada kemungkinan lulus di jurusan yang diinginkan. Karena itu kamu harus terus menggali informasi mengenai kampus idaman dan kebijakan yang mereka buat.

Selain itu tiap kampus juga memiliki kuota SNMPTN berbeda-beda. Misal, Universitas Indonesia memberikan jatah dengan total kursi 30 persen yang dibuka, sementara Universitas Brawijaya dan Institut Pertanian Bogor, persentase penerimaan SNMPTNnya lebih besar. Terpenting adalah mengecek ketersediaan jumlah kursi untuk jalur SNMPTN pada tahun yang diikuti. Syarat untuk masuk jurusan tersebut (harus IPA/IPS/Bahasa/SMK jurusan tertentu). Persentase keketatan persaingan. Prodi yang tersedia dan terbuka di tahun tersebut.

Kejar Nilai Sejak di Bangku Kelas 1

Jika ingin mengikuti SNMPTN sebenarnya usahamu harus dimulai sejak menapaki bangku SMA/SMK. Karena nilai yang diseleksi oleh pihak kampus nantinya bukan hanya rapor ketika kamu berada di kelas 3 melainkan dari kelas 1. Sebaiknya kejarlah nilai setinggi mungkin dan perbanyak prestasi non-akademik yang membuatmu memiliki nilai plus.

Atau kamu bisa membuat strategi dengan memiliki indeks prestasi akademik yang meningkat secara bertahap, misalnya jika di kelas 1 rata-rata nilai rapor adalah 7,5 maka di kelas dua upayakan untuk tidak mendapatkan rata-rata nilai diatas 8 karena akan membebanimu ketika di kelas 3, yang artinya nilai rata-rata harus 9. Kurang dari itu sudah pasti namamu ada dalam daftar tidak diterima.

Tidak ada salahnya untuk terus mengikuti berbagai perlombaan yang berkaitan dengan jurusan pilihanmu, kendati hasilnya selalu mengecewakan. Karena dengan terus berkompetisi kamu sekaligus sedang melatih diri dan meningkatkan kemampuan akademik. Dengan sendirinya pengetahuanmu juga akan meningkat secara drastis.

Alur Tahapan pendaftaran SNMPTN siswa IPA

Setelah mengetahui cara lolos SNMPTN bagi siswa IPA, tahap selanjutnya adalah kamu harus mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan. Untuk memahami hal tersebut kamu harus lebih dulu mengerti bagaimana alur atau tahap pendaftaran SNMPTN khususnya untuk siswa IPA.

Alur pendaftaran SNMPTN

  1. Registrasi Akun LTMPT
  2. Calon peserta baik SNMPTN, UTBK, maupun SBMPTN diwajibkan untuk melakukan registrasi atau membuat akun di LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  3. Pendaftaran akun LTMPT d
  4. Pengisian Data PDSS
  5. Sekolah melakukan pengecekan NPSN di laman PDSS.
  6. Sekolah harus memastikan bahwa NPSN beserta data tentang Sekolah sudah benar dan terverifikasi di PDSPK Kemdikbud. c. Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mengisikan keseluruhan data siswa kelas XII di PDSS melalui https://portal.ltmpt.ac.id.
  7. Pemeringkatan
  8. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh Sekolah berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  9. Berdasarkan kelengkapan data nilai siswa yang diisikan oleh sekolah akan ditetapkan jumlah siswa yang dapat mendaftar SNMPTN dengan ketentuan Akreditasi Sekolah: Akreditasi A: 40 persen Akreditasi B: 25 persen Akreditasi C dan lainnya 5 persen
  10. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah dengan memperhatikan ketentuan pada butir (a).
  11. Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama.
  12. Sekolah mengisikan daftar siswa yang dapat mengikuti SNMPTN
  13. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah
  14. LTMPT melalui PDSS akan menerbitkan daftar siswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN sesuai dengan hasil pemeringkatan oleh sekolah setelah sekolah melakukan finalisasi PDSS.
Pendaftaran SNMPTN
  1. Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, menggunakan email dan password login ke laman LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.

Itulah alur pendaftaran yang harus dilalui para siswa yang ingin mencoba peruntungannya memasuki perguruan tinggi idaman dengan jalur SNMPTN. Jangan lupa berdoa agar usahamu tak sia-sia.

 Masa depan, kamu yang menentukan! Segera ajukan pinjaman di CekAja 

Tentang Penulis