Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Boleh Ditiru, Inilah Cara Miliarder untuk Mengusir Stres

by Ariesta on 1 Februari, 2016

kebiasaan positif orang kaya - CekAja.com

Miliarder dengan kerajaan bisnis besar harus rela bekerja 24 jam demi kelangsungan perusahaan. Tapi bukan berarti mereka bekerja terus tanpa henti. Kesuksesan mereka justru didukung oleh kemampuan membagi waktu dan hidup seimbang.

Mereka sadar kalau stres merupakan musuh besar karena bisa menghancurkan konsentrasi. Konsentrasi hilang, produktivitas pun menurun. Kalau kamu seorang entrepreneur yang sedang membangun bisnis dan bercita-cita menjadi miliarder, lakukan lima kebiasaan ini untuk mengusir stres.

Memulai atau mengakhiri hari dengan olahraga

Menurut American Heart Association, olahraga teratur merupakan cara efektif untuk menghilangkan stres fisik maupun mental. Olahraga meningkatkan sirkulasi darah, memicu pelepasan endorfin yang membuat perasaan bahagia, dan membuatmu lebih berenergi.  Berolahraga sebelum bekerja akan membuatmu lebih siap dan lebih produktif sekaligus menurunkan stres.

Berolahraga tidak hanya dilakukan di pagi hari. Sepulang kerja misalnya, olahraga membantu melepaskan beban stres yang seharian tertahan. Jogging, angka beban, berjalan santai, apapun pilihanmu, lakukan minimal selama 20 menit.

Minum teh hijau

Sebelum meneguk kopi di pagi hari, cobalah menggantinya dengan secangir teh hijau. Teh hijau terkenal luas memiliki manfaat antioksidan. Aromanya bisa membuatmu rileks di situasi stres.

(Baca juga: 10 Penyebab Kenapa Kamu Tidak Pernah Jadi Pengusaha Sukses)

Merenggangkan badan

Yoga merupakan kombinasi gerakan peregangan yang dipadukan dengan pernapasan dalam. Gerakan-gerakan yoga ampuh untuk menanggulangi stres. Namun kamu tidak perlu latihan yoga berjam-jam setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

Regangkan tubuhmu disela kegiatan bekerja lalu lakukan jalan kaki ringan. Ini akan menjauhkanmu sementara dari layar komputer sekaligus melancarkan peredaran darah.

Mengurangi jumlah pekerjaan

Seberapa sering kamu melihat jadwalmu yang padat lalu merasa panik? Jadwal padat tanpa jeda merupakan sumber stres. Para miliarder akan mengurangi jumlah pertemuan  atau mendelegasikan tugas pada orang lain.

(Baca juga: Pendiri Startup Ini Jadi Miliarder Karena Mujur)

Aroma terapi

Lingkungan kerjamu berpengaruh besar dalam mempengaruhi tingkat stres Anda. Aromaterapi telah dikenal secara luas bermanfaat membuat pikiran rileks. Kamu bisa menaruh lilin atau difusser jika menginginkan aroma lebih kuat.

Stres dapat dikelola. Kuncinya adalah memulainya dari pikiran dan dari sekarang sebelum stres menggerogoti kesehatan mentalmu.

Tentang Penulis