Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Inilah Daftar Kartu Kredit Syariah Terbaik

by Surtan Siahaan on 11 Juni, 2016

kpr syariah_kredit rumah kpr - CekAja.com

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang memudahkan orang untuk bertransaksi. Meski demikian, banyak orang masih belum percaya menggunakan pembiayaan kartu kredit lantaran beban bunga yang tingggi dan bisa menjerat orang dalam belitan utang. Selain itu, dengan memiliki kartu kredit, banyak orang khawatir punya perilaku belanja yang konsumtif berlebihan.

Alasan-alasan tersebut ternyata mendorong orang untuk memilih kartu kredit syariah. Sebab, kartu pembiayaan yang menggunakan prinsip syariah ini ternyata memberi banyak keuntungan di antaranya:

Tidak miliki bunga

Seperti produk syariah lain, kartu kredit syariah juga tidak miliki bunga. Bank penerbit kartu biasanya menerima fee (ujrah kafalah) sesuai perjanjian atau akad dengan nasabah pemegang kartu. Pembayaran biasanya dilakukan dengan akad kafalah(jaminan transaksi), qardh (pemberian pinjaman), dan ijarah (biaya keanggotaan atau iuran tahunan).

Dengan akad tersebut, maka pendapatan bank syariah sebagai penerbit kartu kredit adalah dari biaya tahunan, biaya bulanan, biaya tambahan saat berbelanja, dan biaya penagihan. Berbeda dengan kartu kredit konvensional yang biasanya menetapkan biaya atau bunga.

(Baca juga: Tips Bagi Waktu Buat Penggemar Sepak Bola yang Mau Nonton Euro 2016 Saat Bulan Puasa)

Fee Lebih Rendah

Singkatnya, fee adalah iuran yang wajib dibayarkan pengguna kartu kredit pada bank penerbit. Cara menetapkan besaran fee biasanya didasarkan pada nilai transaksi sehingga jumlahnya tidak tetap tiap periodenya. Meskipun komponen fee beragam, dari sisi nominal fee yang dikenakan oleh Kartu Kredit syariah lebih rendah dibandingkan suku bunga yang dikenakan kartu kredit konvensional.

Tak ada bunga

Apakah ada denda jika pengguna terlambat membayar kartu kredit syariah? Jawabannya iya. Namun hal tersebut lebih ditujukan untuk mengajarkan kedisiplinan pemilik kartu. Uniknya, hasil dari pembayaran denda ini tidak menjadi pendapatan bank syariah. Otomatis denda tidak bisa dimasukkan sebagai keuntungan bank syariah.

Denda tersebut akan digunakan untuk membiayai aktivitas sosial kemanusiaan. Untuk persiapan belanja lebaran, kamu sebenarnya bisa memanfaatkan pembiayaan melalui kartu kredit syariah. Lantas apa saja kartu kredit syariah terbaik sepanjang tahun 2016? Berikut daftarnya:

Hasanah Card BNI Syariah

Hasanah card merupakan kartu kredit syariah pertama yang diterbitkan oleh bank BUMN. Produk yang menggandeng MasterCard Worldwide ini diluncurkan pada tahun 2009 silam. Sama seperti produk kartu kredit syariah lainnya, Hasanah Card tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi yang tidak sesuai prinsip syariah serta tidak mendorong pengeluaran yang berlebihan.

Kartu ini sendiri punya tiga tipe yakni classic, gol dan platinum. Ada beragam fasilitas yang ditawarkan pada pengguna pembiayaan bersistem syariah ini yakni biaya bulanan yang relatif lebih rendah dibandingkan kartu kredit konvesnsional, akses gratis airport lounge, gratis asuransi perjalanan, smart billing hingga cicilan 0% untuk pembelian paket umroh.

(Baca juga: Tips Bisnis dan Atur Uang yang Bisa Dipelajari dari Nabi Muhammad SAW)

CIMB Niaga Syariah

Kartu kredit syariah satu ini sudah ada sejak tahun 2010. Kartu ini terbit lantaran besarnya minat untuk mengajukan pembiayaan sesuai dengan prinsip syariah. Karena berlandaskan sistem syariah, kartu satu ini tidak menerapkan sistem bunga. Menariknya, kartu kerdit ini memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya seperti bebas biaya tahunan seumur hidup, quick pay dan Otopay yang memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran tagihan-tagihan listrik, air hingga televisi berbayar.

Setiap transaksi menggunakan kartu kredit ini dengan kelipatan Rp 5.000 akan mendapatkan poin Xtra yang dapat ditukarkan dengan beragam hadiah menarik.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami