Inilah Kebiasaan Malam Para Miliarder yang Bikin Mereka Jadi Sukses dan Kaya

kebiasaan orang kaya _ investasi - CekAja.com

Kita semua sudah mendengar bagaimana seseorang bisa menjadi miliarder lewat kebiasaan pagi mereka. Bangun paling pagi dan mulai beraktivitas di saat orang lain bahkan baru mulai menyeruput secangkir kopi. Lalu, bagaimana kebiasaan mereka saat malam hari?

Bukankah kebiasaan satu itu juga tak kalah penting? Apakah yang dilakukan miliarder ini sebelum tidur? Satu jawabannya, menyiapkan diri untuk menjadi lebih produktif pada keesokan harinya. Berikut ini ada enam kebiasaan mereka yang bisa kamu lakukan juga, siapa tahu kamu pun ikutan Daftar Terbaru Miliarder & Orang Terkaya di dunia.

Membaca Selama Satu Jam

Bill Gates merupakan salah satu penggila bacaan. Setiap malam sebelum tidur, dia menghabiskan satu jam untuk membaca buku atau membaca berita politik atau berita yang banyak dibicarakan orang. Selain bisa menambah ilmu, kebiasaan membaca juga ampuh mengurangi stress dan meningkatkan kemampuan memori otak.

Riset yang dilakukan University of Essex pada tahun 2009 menemukan bahwa hanya dengan membaca setidaknya enam menit saja akan mengurangi level stres sampai dengan 68%.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari kebiasaan ini adalah otak yang sehat untuk jangka panjang. Setiap kali kamu membaca, kamu seperti sedang mengajak otak berolahraga. Riset di Inggris menemukan orang-orang yang hobi membaca bisa mencegah penurunan kemampuan kognitif mereka sampai dengan 32%.

(Baca juga: PFluktuasi IHSG Bikin Ragu Beli Saham? Ada Lho Alternatif Investasi yang AmanFluktuasi IHSG Bikin Ragu Beli Saham? Ada Lho Alternatif Investasi yang AmanFFluktuasi IHSG Bikin Ragu Beli Saham? Ada Lho Alternatif Investasi yang Aman)

Memutuskan Diri Dari Dunia Luar

Itulah yang kerap dilakukan oleh seorang Arianna Huffington. Menjelang waktu tidur, dia akan menjauhkan diri dari telepon genggamnya. Bahkan, dia sengaja meletakkannya di ruangan terpisah sehingga tidak akan tergoda untuk melihat-lihat. Menurut Dr Charles Czeisler dari Harvard University, sinar cerah dari layar HP akan mengganggu ritme tubuh yang seharusnya akan memasuki masa tidur.

Lampu itu seakan menjadi sinyal ke tubuh bahwa hari masih siang sehingga tubuh tak akan masuk ‘mode’ tidur. Yang dimaksud mode tidur adalah saat ada beberapa hormon yang membawamu menuju masa istirahat. Kehadiran sinar HP hanya akan membuatmu sulit tidur.

Berjalan Santai

CEO Buffer, Joel Gascoigne sangat suka berjalan-jalan sebelum tidur. Dia melakukannya untuk meredakan segala pemikiran soal pekerjaan serta meningkatkan mood untuk tidur. Inilah cara yang bisa dipilih untuk bisa keluar dari stres. Selain itu, kebiasaan Joel juga terbukti bisa mendatangkan beberapa keuntungan seperti peningkatan kreativitas. Karena biasanya, saat sedang berjalan santai, kamu justru bisa mendapatkan kondisi otak yang lebih tenang dan segar sehingga lebih mudah mengalirkan ide-ide bagus.

(Baca juga: Bagaimana Mengetahui Kamu Sudah Kaya? Ini Caranya)

Bermeditasi

Oprah Winfrey selalu menjadwalkan satu sesi meditasi di malam hari untuk mengakhiri hari-hari sibuk yang sangat mungkin membuatnya stres. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 terhadap kurang lebih 19 ribu kasus meditasi menemukan bahwa meditasi ini sangat membantu mengurangi stree, kepanikan, depresi, dan rasa sakit. Tidak ada salahnya untuk mencoba meski mungkin banyak orang yang mulai meragukan khasiat meditasi ini.

Mencoba Berkreasi

Desainer terkemuka, Vera Wang sering kali mendapatkan inspirasi desain baju pada malam hari menjelang tidur. Sunyinya malam memang menjadi teman yang pas untuk kehadiran kreativitas. Sebuah studi yang dilakukan oleh Albion College menemukan bahwa kreativitas orang cenderung lebih terbuka ketika mereka sedang tidak disibukkan oleh banyak hal. Ide-ide besar kerap muncul ketika kamu sedang rebahan di kasur sambil menikmati relaksasi tubuh.

Merencanakan Kegiatan Keesokan Hari

CEO The American Express,Kenneth Irvine Chenault, sangat suka menyiapkan diri untuk hari berikut sebelum tidur. Setidaknya dia merencanakan tiga hal yang ingin diselesaikannya. Dengan begitu, dia akan terbangun dengan perencanaan yang matang untuk hari itu dan tak bingung lagi harus melakukan apa. Ini sama seperti seseorang yang sudah menanamkan kebiasaan mengatur waktu dengan efisien. Semakin muda kamu memilikinya akan semakin baik.