Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Inilah Letak Kursi Terbaik di Bus dan Kereta Api

by Rafly Aditia on 5 Oktober, 2016

Kereta Api atau bus adalah alternatif transportasi paling favorit ketika tiket pesawat habis atau terlampau mahal. Bahkan, tidak sedikit orang justru lebih memilih kereta api atau bus karena bisa lebih menikmati perjalanan.

Namun, agar lebih aman dan nyaman saat menggunakan dua moda transportasi ini, kamu wajib mengetahui letak tempat duduk terbaik dan yang harus dihindari saat  menggunakan bus atau kereta api. Berikut ini ulasan selengkapnya:

Widget TRV Insurance

Kursi terbaik di bus

Jangan pilih bagian belakang dan depan. Kursi di bagian depan dan belakang pada bus merupakan kursi yang paling tidak nyaman. Ketika duduk di bagian depan, kamu bakal merasa kurang nyaman ketika melihat jalanan, apalagi saat sopir memacu mobil dengan kencang. Lalu di kursi belakang, guncangan yang terjadi pada bus bakal terasa lebih hebat dan mungkin saja membuatmu mual.

Jangan duduk di dekat jendela. Mengapa kamu sebaiknya menghindari duduk di kursi dekat jendela? Karena, apabila terjadi kecelakaan kamu berisiko terkena pecahan kaca atau tertindih penumpang lain. Hal tersebut tentu bisa berakibat fatal terhadap keselamatanmu.

(Baca juga: Gaji Rp 3 Juta Bisa Beli Mobil Dalam Setahun Jika Ikuti Tips Ini)

Kursi terbaik di kereta

Pilih kursi A atau E. Kursi A dan E terletak di dekat jendela yang berarti dekat dengan akses stop kontak. Duduk di sisi ini tentu memudahkanmu bila harus mengisi daya handphone atau gadget.

Gerbong tengah paling aman dan nyaman. Biasanya kereta jarak jauh memiliki 8 gerbong dan sebaiknya pilih kursi di gerbong tengah. Berdasarkan penelitian Live ScienceI, gerbong tengah lebih aman karena kebanyakan kecelakaan kereta terjadi  dari depan atau belakang.

(Baca juga: Ini Mobil Baru yang Bisa Dibeli Cukup dengan Rp 20 jutaan)

Pilih yang menghadap belakang. Ketika terjadi kecelakaan biasanya kereta membuat para penumpangnya terdorong ke depan, jadi dengan duduk berbalik arah dapat memberikan dorongan tambahan guna menahan tubuh agar tidak kaget sewaktu kereta berhenti mendadak.

Berencana melakukan perjalanan dalam waktu dekat? Agar rencana perjalanan tidak berantakan, lindungi dengan asuransi perjalanan. Daftar sekarang juga di CekAja!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.