Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Inilah Negara dengan Jadwal Puasa Terlama di Dunia

by Satrya Agung on 18 Juni, 2016

bisnis busana muslim_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Di Indonesia lama kita berpuasa paling hanya 12–13 jam saja. Itu saja rasanya sudah sangat berat. Tak terbayang kalau lebih dari itu.

Butuh tekad dan keimanan yang bulat untuk bisa melewati semua godaan di kala berpuasa. Tapi pernahkah kamu berpikir jika harus berpuasa menahan lapar dan haus lebih dari 13 jam? Mungkin kita akan berpikir bakal pingsan duluan sebelum beduk buka puasa.

Tapi ada kenyataannya ada beberapa negara yang jadwal puasa mereka jauh melebihi kita di Indonesia. Sudah pasti para muslim di negara ini kuat berpuasa. Negara mana sajakah yang memiliki waktu terlama dalam berpuasa? yuk kita simak.

Islandia (22 Jam)

Negara ini terletak di kepulauan Atlantik dengan jumlah muslimnya hanya sebanyak 770 orang saja. Meski demikian mereka terbilang muslim yang tangguh dalam menahan lapar dan haus, bagaimana tidak, mereka harus ikhlas menahan diri selama 22 jam!

Waktu sahur mereka di jam 2 pagi yang pada waktu yang sama kita masih lelap dalam tidur dibuai mimpi. Dan waktu berbukanya? Jam 12 malam! Bisa dibayangkan…setelah buka puasa, 2 jam kemudian mereka harus sahur lagi. Wah gak kebayang deh. Itu sama saja dengan berpuasa 24 jam penuh! Ada yang mau mencoba berpuasa di negara ini?

Swedia (20 Jam)

Jumlah populasi muslin di Swedia hanya 5% dari total populasi atau sekitar 500 ribu orang. Jadwal puasa mereka hampir sama lamanya dengan muslim di Islandia, yakni 20 jam. Dan biasanya itu terjadi jika Ramadan jatuh pada musim panas. Di negara ini terdapat 16 mesjid yang tersebar di kota-kota besar. Ini menunjukkan sikap toleran dari masyarakatnya.

Alaska (19,45 Jam)

Dengan jumlah muslimin yang hanya 3.000 orang, kebanyakan mereka bermukim di Anchorage. Pada dasarnya mulim di Alaska ini berpuasa 19 jam, tapi kebanyakan mereka memilih untuk mengikuti waktu Arab Saudi sehingga akan ada tambahan waktu 45 menit dari seharusnya.

Jerman (19 Jam)

Mayoritas muslim di Jerman berasal dari Turki dan Afrika Utara. Untuk jumlah keselurahannya sendiri muslim di Jerman cukup banyak. Di negara ini mereka berpuasa selama 19 jam dengan waktu sahur yang hampir sama dengan di Indonesia yakni jam 4 namun dengan waktu berbuka yang lebih lama, yaitu jam 10 malam.

Inggris (18,55 Jam)

Muslim di Inggris berpuasa hampir sama lamanya dengan muslim di Jerman. Hanya lebih cepat 5 menit saja atau 18 jam 55 menit. Jumlah penduduknya yang beragama Islam juga cukup banyak, yakni 2,7 juta orang.

Kanada (17,7 Jam)

Mulai dari jam 3 pagi muslim di Kanada harus sudah menahan lapar dan haus (berpuasa) untuk 17 jam 7 menit kedepan. Sebagain besar muslim di Kanada bermukim di Toronto sehingga menjadikan Toronto sebagai kota yang mempunyai kepadatan penduduk mulim tertinggi di Amerika Utara. Untuk total mulimnya sendiri di Kanada tercatat sebanyak 1 juta orang.

Turki (17,5 Jam)

Bulan Ramadan di Turki punya nuansa mirip dengan kita di Indonesia. Di mana kalau siang sepi dan baru mulai ramai menjelang berbuka puasa. Kebanyakan mereka berkumpul di restoran-restoran dan masjid yang dihias dengan lampu yang semarak.

Saat menjelang sahur masyarakatnya suka membangunkan warga dengan berkeliling sambil memukul beduk. Mirip kan. Yang membedakannya lamanya berpuasa saja. 17 jam 5 menit!

Rusia (17,45 Jam)

Di musim panas negara ini hanya mendapatkan sinar matahari selama 22 jam. Dengan demikian muslim di Rusia harus sudah sahur sebelum jam 3:15 dan baru berbuka ketika sudah jam 21:37.

Itulah tadi negara-negara yang mempunyai jadwal puasa terlama di dunia. Bagaimana, ada yang berani coba?

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami