Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Inilah Sekolah Swasta Terbaik di Jabodetabek

by Surtan Siahaan on 20 July, 2016

sekolah swasta terbaik_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Begitu pun halnya dengan urusan pendidikan yang berkaitan dengan masa depan anak. Hampir semua hal kita upayakan agar anak mendapatkan pendidikan yang terbaik.

Untuk urusan pendidikan 9 tahun baik itu SD, SMP hingga SMA banyak orang tua menginginkan anaknya masuk ke sekolah negeri favorit. Sebab, selain kualitas pendidikan yang baik, biaya pendidikan juga relatif lebih murah. Namun, ada pula mereka yang tidak bisa menyekolahkan anaknya di sekolah negeri.

Alasannya bisa karena tidak memperoleh tempat atau malah lebih percaya pada sekolah swasta. Apapun alasannya, bagi kamu orang tua yang sedang mencari sekolah swasta terbaik, khususnya di daerah Jabodetabek, berikut ini pilihan yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Ukuran kualitas

Ada banyak ukuran yang bisa dijadikan patokan menilai baik tidaknya sebuah sekolah swasta. Kamu bisa mengukurnya melalui akreditasi sekolah. Makin baik akreditasi sebuah sekolah swasta, tentu makin tinggi kualitas pendidikannya. Sebuah sekolah juga tidak bisa begitu saja memiliki akreditasi.

(Baca juga: 5 Musisi dengan Penghasilan Paling Tinggi di Dunia)

Ada lembaga tertentu yakni Badan Akreditasi Nasional (BAN) yang memberi penilaian. Ada beberapa komponen penilaian yang dinilai oleh BAN yakni standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar tenaga pendidik, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan hingga standar pembiayaan.

SD Santa Ursula Jakarta (Akreditasi A)
SD Santa Maria Jakarta (Akreditasi A)
SD Bunda Mulia Jakarta (Akreditasi A)
SD Perguruan Cikini (Akreditasi A)
SD Islam Al-Ma’ruf Jakarta (Akreditasi A)
SD Pertiwi Bogor (Akreditasi A)
SD Bina Insani Bogor (Akreditasi A)
SD Insan Cendekia Madina Tangsel
SD Mumtaza (Tangsel)
SD Sinar Cendekia (Tangsel)

2. Peringkat UN

Penilaian lain yang bisa dijadikan sebagai ukuran kualitas sekolah adalah peringkat Ujian Nasional (UN). Meski saat ini UN bukan lagi ukuran utama untuk menilai kompetensi siswa, beberapa tahun lalu UN merupakan ukuran yang vital. Bila nilai UN rendah, hal itu menandakan nilai tiap siswa yang ada di sebuah sekolah juga rendah.

(Baca juga: Anak Baru Mulai Masuk Sekolah Dasar di Jakarta? Ini Rencana Finansialnya)

Pertimbangkan lagi apakah ukuran ini sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan untuk sekolah anakmu. Nah, untuk membantu kamu berikut ini sejumlah sekolah swasta di Jabodetabek yang memiliki peringkat UN tinggi:

SMP Labschool Kebayoran
SMP Kanisius Jakarta
SMP Santa Ursula Jakarta
SMP Ipeka Puri Jakarta
SMP Kristen Penabur Kelapa Gading
SMP Bina Insani Bogor
MAN Insan Cendekia Tangsel

3. Biaya tinggi

Bicara soal pendidikan di sekolah swasta, biaya sekolah biasanya sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Jadi, semakin berkualitas sebuah sekolah swasta, biasanya ongkos pendidikan yang harus ditanggung orang tua murid semakin tinggi. Bahkan sejumlah sekolah swasta di Jabodetabek mensyaratkan uang pangkal yang mencapai puluhan juta rupiah.

Sedangkan uang SPP bulanan bisa mencapai Rp 1,5 juta hingga Rp 3 Juta per bulan. Untuk itu, diperlukan perencanaan keuangan bila kamu berencana menyekolahkan anak di sekolah swasta. Berikut ini, sejumlah SM swasta terbaik dan terfavorit di Jabodetabek.

SMA Kanisius Jakarta
SMA Kristen 3 BPK Penabur Jakarta
SMA Santa Ursula Jakarta
SMA Kristen 6 BPK Penabur Jakarta
SMA Islam AL-Azhar 1
SMA ISLAM Al-Izhar Pondok Labu
SMA Regina Pacis Bogor

Tentang Penulis