Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Inilah Tiga Alasan Kamu Harus Punya Asuransi Jiwa

by Rafly Aditia on 12 Januari, 2016

Asuransi jiwa merupakan salah satu produk asuransi yang memiliki tujuan mengcover atau menanggung kerugian finansial tidak terduga yang disebabkan meninggalnya seseorang dalam waktu yang terlalu cepat atau justru terlalu lama.

Dapat dikatakan bahwa asuransi jiwa merupakan asuransi yang menjamin kehidupan pasangan dan keturunan. Apabila kamu memiliki dua orang anak, dan tiba-tiba kamu sebagai kepala keluarga meninggal, maka pihak asuransi akan mengcover biaya-biaya yang diperlukan agar anak tidak terlantar setelah kamu meninggal.

Bagi kamu yang masih belum memiliki asuransi jiwa, sebaiknya ketahui dulu manfaat yang diperoleh pemilik asuransi jiwa. Agar lebih paham lagi, Berikut ini alasan mengapa kamu harus punya asuransi jiwa:

(Baca juga: Tiga Penyakit Langka yang Tidak Ditanggung Asuransi Kesehatan)

Kematian tidak bisa dihindari

Tidak ada satupun makhluk hidup di alam semesta ini yang dapat menghindari kematian. Begitupun dengan waktu kematian yang tidak seorangpun mampu menebaknya. Bayangkan apabila kamu sebagai tulang punggung keluarga tiba-tiba dipanggil yang maha kuasa, siapa yang akan membiaya keluarga kamu?

Nah, disinilah kegunaan kamu mendaftarkan diri dalam asuransi jiwa. Dengan memiliki asuransi jiwa, pihak asuransi akan menanggulangi biaya bahkan utang yang kamu tinggalkan setelah kepergianmu.

(Baca juga: 5 Daftar Asuransi Jiwa Pilihan di CekAja)

Memberikan ketenangan

Apabila kamu sudah memiliki asuransi jiwa maupun asuransi untuk kesehatan, maka kamu dan keluarga akan lebih tenang dan siap menghadapi risiko finansial. Bukan hanya mereka, pasangan dan keturunanmu yang tenang, tetapi kamu pun akan merasa lebih lega ketika meninggalkan mereka. Sebab, kamu sudah mengetahui bahwa dengan keluarga tidak akan terlantar selepas kepergianmu.

(Baca juga: Ini Biaya Kesehatan yang Harus Kamu Tanggung Bila Pensiun Tanpa Asuransi)

Mempersiapkan segala hal

Kamu tidak tahu kapan kamu akan dipanggil yang maha kuasa, dan bagaimana prosesnya. Bisa saja kamu diberikan cobaan berat melalui sakit yang lama atau kecelakaan sehingga membutuhkan banyak sekali biaya pengobatan.

Biaya pengobatan tidaklah sedikit, sehingga seringkali rencana finansial yang sudah disusun menjadi berantakan. Nah, disitulah peran penting asuransi jiwa. Biaya-biaya pengobatan yang dikeluarkan akan dicover oleh pihak asuransi sehingga uang tabungan tidak akan diganggu gugat.

Kamu pun bisa menjalani pengobatan dengan tenang tanpa harus memikirkan biaya-biaya mahal yang perlu dikeluarkan.

Bahkan, apabila sebagai pencari nafkah kamu terserang penyakit yang menyebabkan diri kamu tidak dapat lagi bekerja, pihak asuransi akan mengatasi kondisi keuangan yang berubah secara drastis tersebut melalui pemberian uang pertanggungan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.