Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Inspirasi Bisnis: Makanan dan Minuman yang Akan Populer Tahun 2020

by Anes Saputra on 17 Februari, 2020

Di tahun 2020 ini kamu punya rencana memulai bisnis? Kenapa tidak mencoba bisnis di bidang kuliner? Bisnis ini cukup menjanjikan karena saat ini orang makan bukan hanya untuk bertahan hidup, melainkan sudah jadi bagian dari gaya hidup.

Kalau kamu belom ada inspirasi mau pilih bisnis kuliner apa, jangan khawatir. Kamu bisa mempertimbangkan 8 makanan dan minuman yang diprediksi akan populer di tahun 2020.

1. Makanan Vietnam

Pesona makanan Asia belum juga habis. Setelah sushi Jepang, teh Thailand, lalu restoran barbeque a la Korea ada di mana-mana, maka 2020 adalah tahunnya makanan Vietnam.

Dua menu yang diprediksi akan mendunia dan akan lebih populer dari sebelumnya adalah pho dan bahn mi sandwiches. Selain rasa yang masih cukup cocok untuk selera orang Indonesia, banyak makanan Vietnam yang akan diminati karena kandungan nutrisi di dalamnya.

Poin utama yang bisa kamu tawarkan selain rasa dan estetika saat makanan di foto adalah soal makanan sehat. Kamu bisa pilih menu dan bahan yang organik atau yang lebih mendukung gaya hidup sehat yang belakangan digandrungi.

2. Minuman pengganti susu

Belakangan semakin banyak orang yang memilih menjadi vegan. Itu artinya mereka tidak bisa mengonsumsi susu dari hewan.

Menurut data dari Marketplace, jumlah penjualan oat milk meningkat tajam. Hal itu terjadi karena saat ini ada banyak sekali orang yang memilih untuk mengonsumsi nondairy milk.

Kamu bisa menjadikan fakta ini sebagai peluang yang bagus dengan mencoba bikin produk susu kedelai, almond, kelapa, bahkan beras yang laris manis dibeli orang.

3. Berbahan dasar ubi

Bukan hanya menarik untuk disantap, makanan di zaman sekarang juga harus estetik dan unik untuk difoto. Nah, ubi ungu adalah satu di antaranya.

Jangan sepelekan makanan ini yah karena ternyata berbagai olahan dari ubi ungu diprediksi akan menjadi makanan yang banyak dicari orang.

(Baca juga: 5 Makanan Pedas Ngehits yang Wajib Dicoba)

Bukan hanya di Asia, bahkan banyak restoran di Amerika yang mulai mengembangkan berbagai menu dengan bahan yang satu ini.

Kamu bisa membuatnya menjadi es krim, donut, kue kering, dan lain sebagainya.

4. Gnocchi

Gnocchi adalah salah satu jenis pasta asal Italia. Belakangan pasta ini makin populer karena mengalami berbagai perkembangan.

Gnocchi yang pada awalnya terbuat dari kentang, mulai dikembangkan dengan resep baru dengan bahan baku yang beragam dan dinilai lebih sehat. Saat ini kamu bisa menemukan gnocchi yang terbuat dari ubi, labu, mint pesto, kakao dan yang cukup populer adalah yang terbuat dari kale.

Seperti varian pasta lainnya, kamu bisa menyajikan Gnocchi dengan balutan saus carbonara, bolognese, marinara, pesto, aglio olio, dan lain sebagainya.

5. Bunga kol

Kamu tidak salah baca. Bunga kol akan masuk dalam deretan makanan yang dicari orang bahkan hal ini sebenarnya sudah terjadi sejak 2019 silam.

Apakah maksudnya orang akan makan bunga kol saja? Tentu tidak. Orang menyukai olahan dari bunga kol. Tidak heran kalo ada banyak bisnis kuliner akan membuat produk dengan bahan sayur ini.

Popularitas bunga kol dipengaruhi oleh permintaan orang akan makanan sehat. Banyak yang memilih untuk mengonsumsi sayuran seperti kol untuk pengganti makanan berat.

Untuk mengurangi konsumsi karbohidrat, bunga kol diolah dalam bentuk tortila, wraps, pizza crusts, dan masih banyak lagi. 

6. Cold brew

Tahun sudah berganti, tren yang lain boleh berganti, tapi cold brew masih di hati. Menurut prediksi, minuman yang satu ini belom akan lengser dari deretan minuman paling dicari justru permintaannya akan semakin naik seiring dengan gaya hidup ke-kopian.

Kalau selama ini kamu masih bingung atau ragu buat mulai bisnis dengan mengandalkan cold brew, kamu bisa lebih yakin sekarang. Hanya saja kamu harus punya khas dan jangan cuma ikut-ikutan dengan apa yang sudah ada.

7. Pancakes

Bukankah pancakes adalah makanan yang biasa aja. Kenapa makanan ini akan jadi tren? Jawabannya adalah karena sekarang ada banyak pancakes dengan rasa yang unik.

(Baca juga: Nikmat di Lidah,  Ini 8 Makanan Penghilang Stres)

Tidak melulu dengan bahan telur, tepung, dan sirup, sekarang ini ada banyak pancakes yang rasanya beragam bukan hanya manis. Ada yang membuatnya dengan bayam, teh hijau, ham, keju, bahkan dengan jamur dan ayam.

Bisnis ini cukup menarik bukan mengingat belakangan masyarakat memang suka dengan makanan basic yang dikreasikan sehingga terlihat lebih unik dan cantik.

8. Charcuterie Boards

Sebenarnya charcuterie adalah daging yang diawetkan dan siap dimasak. Akan tetapi pada tahun 2020 ada perkembangkan terkait konsep charcuterie.

Bukan hanya diisi dengan daging dan keju, konsep chaceturie yang baru menggunakan permen, snacks, buah, dan aneka makanan lainnya yang ditata dengan unik di sebuah papan.

Perubahan lainnya adalah kita biasanya hanya menemukan charcuterie boards di hari tertentu misalnya Natal tapi di tahun 2020 ini orang bisa menemukannya kapan saja di berbagai tempat.

Cari modal awal

Ternyata ada banyak alternatif yang bisa dipilih dalam usaha kuliner di tahun 2020 ini. Kamu bisa mempertimbangkan dan memilih mana yang kira-kira cocok dengan usaha yang kamu impikan.

Jangan pusing memikirkan modal pertama untuk memulai usaha, karena lewat CekAja.com, kamu bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sebagai pegangan awal merintis bisnis tersebut.

Prosesnya cepat, syaratnya mudah, dan yang lebih penting lagi aman karena CekAja.com sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke