Inspirasi Ide Bingkisan Kado Natal Beserta Tradisinya di Beberapa Negara

4 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Waktu memang terasa cepat sekali berlalu, sehingga tidak terasa bahwa perayaan natal akan segera datang sebentar lagi. Ketika berbicara mengenai natal, sebenarnya apa sih yang pertama kali keluar di benakmu?

Hiasan pohon natal dengan aneka ragam kado mungkin menjadi beberapa hal yang akan kamu pikirkan ketika mempersiapkan perayaan natal itu sendiri. Tetapi, perlu diketahui bahwa natal tidak hanya berbicara mengenai hiasan dan kado saja lho, melainkan juga mengenai tradisi.

Ide bingkisan kado natal biasanya sering kali disesuaikan dengan beberapa tradisi natal yang terdapat di suatu negara tertentu. Apakah saat ini kamu tengah bingung mencari ide bingkisan kado natal dan ingin merayakan natal dengan sesuatu yang berbeda dari biasanya?

Tradisi natal tidak hanya dirayakan di Indonesia saja, melainkan juga di beberapa negara lainnya, yang tentunya juga disesuaikan dengan adat istiadat dan kultur masyarakat setempat. Nah, di dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai ide bingkisan kado natal beserta tradisi perayaan natal di beberapa negara yang mungkin ingin kamu ketahui. Apa sajakah itu?

Tradisi Natal di beberapa Negara

1. Norwegia

Masyarakat Norwegia percaya bahwa malam natal merupakan malam dimana seluruh roh-roh jahat serta kekuatan sihir hitam keluar dan berkeliaran di area pemukiman warga. Dikarenakan hal itulah hingga saat ini masyarakat Norwegia akan menyembunyikan sapu di malam natal tepat sebelum mereka tidur agar nenek sihir yang tengah berkeliaran tidak bisa menemukan sapu untuk menggunakan kekuatan sihir jahat mereka.

Sementara itu, pada malam natal para pria Norwegia juga akan begadang dan keluar rumah untuk menembakan senapan ke arah langit guna menakuti para roh jahat dan agar para roh tersebut tidak bisa memasuki rumah warga.

2. Jepang

Di Jepang, sajian ayam dari Kentucky Fried Chicken (KFC) merupakan bagian penting yang harus dihindangkan ketika malam natal tiba. Maka, tidak heran apabila kamu berkunjung ke negara Sakura ini untuk merayakan natal, menu KFC akan menjadi menu wajib di atas meja makan.

Tradisi satu ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1970-an yang bermula ketika sebuah iklan memperlihatkan warga Amerika yang menyantap KFC ketika perayaan natal. Semenjak itulah, menyantap KFC di malam natal sudah menjadi tradisi. Bahkan, banyak masyarakat Jepang yang rela mengantri panjang hingga berbulan-bulan hanya untuk menikmati daging ayam KFC lho. Unik banget, kan!

(Baca Juga: Cari Hotel Murah Untuk Keluarga di Kota Padang? Ini 5 Pilihannya!)

3. Irak

Di Irak, tradisi natal akan dilakukan masyarakat dengan cara berkumpul dan saling bergandenan tangan sembari menyalakan lilin di malam natal. Ketika hal itu terjadi, maka masyarakat juga akan diceritakan tentang bagaimana Yesus lahir ke dunia, dengan momen yang hangat dan penuh rasa kekeluargaan.

Setelah cerita selesai, maka acara selanjutnya yaitu dengan mengadakan pembakaran duri-duri dari semak. Tidak sekadar tradisi semata, aktivitas pembakaran duri ini juga sekaligus menjadi simbol bagi umat Kristen di Irak yang apabila duri yang mereka pegang telah habis terbakar dan berubah menjadi abu, maka itu pertanda datangnya keberuntungan ketika tahun baru.

Selain itu, setelah api mati, maka setiap orang berada di lokasi akan melompat-lompat ke atas permukaan abu sisa pembakaran sebanyak tiga kali sembari meminta permohonan dan doa. Hal tersebut dipercaya bahwa doa mereka akan dikabulkan.

4. Amerika

Nah, untuk tradisi natal di Amerika mungkin tidak akan jauh berbeda dengan hal-hal yang sering kita saksikan melalui film natal di televisi. Mulai dari tukar kado hingga memberi ucapan selamat natal akan mereka lakukan.

Tak hanya itu saja, umat kristen di Amerika juga akan menghiasi rumah mereka dengan hiasan natal yang juga turut disertai dengan pohon natalnya itu sendiri. Di malam natal, mereka akan mengadakan sebuah pesta jamuan makan malam yang akan dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat dengan menyajikan menu utama kalkun.

5. Spanyol

Di Spanyol, masyarakat biasanya merayakannya dengan meletakan sebuah Nacimiento atau diorama mengenai kelahiran Yesus Kristus di tengah rumah mereka. Kemudian, seluruh anggota keluarga akan berdiri mengelilingi diorama tersebut sembari membaca doa dan melantunkan nyanyian bertema natal.

Tidak hanya itu saja, tradisi natal di Spanyol juga akan diikuti dengan menggantung sepatu-sepatu mereka di atas jendela agar dapat diisi dengan permen serta kado natal lainnya.

(Baca Juga: Mi Instan Indonesia Dinobatkan Jadi Makanan Terlezat di Dunia!)

Tips Ide Bingkisan Kado Natal untuk Orang Tercinta

Tidak dapat dipungkiri bahwa ide bingkisan kado natal memang sering kali membuat kita kelimpungan karena terlalu banyaknya pilihan. Selain itu, memilih ide bingkisan kado natal juga terkadang menjadi kendala tersendiri karena merasa khawatir orang yang kita beri kado tersebut tidak akan menyukai hadia dari kita.

Nah, dari pada bingung yuk kita ketahui bersama-sama mengenai beberapa jenis ide bingkisan kado natal yang bisa kamu jadikan pilihan berikut ini.

1. Mainan

Jika kamu ingin memberikan kado natal untuk anak atau keponakan yang lebih kecil, maka mainan bisa dijadikan sebagai ide bingkisan kado natal terbaik. Tetapi, tentu saja mainan tersebut harus pula kamu seusaikan dengan jenis kelamin serta usia dari anak yang ingin kamu beri hadiah tersebut.

Untuk anak-anak perempuan, biasanya mereka akan senang diberi ide bingkisan kado natal berupa boneka, masak-masakan, rumah barbie dan sejenisnya. Sementara untuk anak laki-laki, mereka cenderung senang dengan mobil-mobilan atau game console yang sedang hits di kalangan mereka.

Sebenarnya game console ini juga bisa kamu berikan tidak hanya kepada anak kecil laki-laki saja, melainkan juga remaja sekalipun.

2. Fashion

Jika kamu ingin memberikan hadian kepada anak remaja perempuan, istri atau saudara, fashion bisa kamu jadikan sebagai salah satu ide bingkisan kado natal paling aman dan menjanjikan. Mengapa demikian? Karena barang fashion apapun itu pasti akan digunakan oleh setiap orang.

Beberapa ide bingkisan kado natal yang bisa kamu jadikan pilihan antara lain seperti syal, jam tangan, sepatu atau tas, hingga baju. Untuk wanita kamu juga bisa memberikan perhiasan seperti kalung, anting, atau gelang.

3. Parsel

Tidak hanya untuk perayaan natal, parsel juga sering kali dijadikan sebagai ide bingkisan ketika lebaran tiba. Isi parsel bisa beraneka ragam, mulai dari mug, aneka ragam kue-kue kering, hingga berbagai camilan natal yang lezat.

Ide bingkisan kado natal satu ini juga bisa kamu sertai dengan kartu ucapan yang menyentuh. Untuk desain parsel itu sendiri, kamu bisa mencarinya secara online dan membuatnya secara handmade agar terlihat lebih menarik.

Untuk kado natal kamu lebih hemat, gunakan beragam promo kartu kredit yang bisa kamu dapatkan dengan mudah lewat CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha