Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cek Yuk! Inspirasi Usaha Unik Saat Bulan Puasa!

by Tisyrin N. T on 8 Mei, 2018

buku bisnis - CekAja.com

Sepekan lagi umat Muslim akan menyambut bulan suci Ramadan. Selain memperbanyak ibadah, Ramadan juga kerap menjadi momen untuk menambah pundi-pundi rupiah bagi sebagian orang. Anda tertarik mendulang untung saat bulan puasa tetapi ingin bisnis yang sedikit berbeda dari biasanya?

Bisnis yang sudah lumrah saat Ramadan adalah bisnis kue kering, baju muslim, parcel, makanan ringan alias takjil, hingga lauk-pauk untuk berbuka puasa. Nah, Anda masih bisa mencari celah bisnis lain yang unik tetapi tetap menjanjikan.

Ini dia beberapa inspirasi usaha yang bisa Anda jalankan selama Ramadan, yuk cek!

Lauk-pauk Tahan Lama dalam Kemasan

Tak sedikit orang yang berbisnis lauk-pauk untuk berbuka puasa. Nah, bagaimana jika Anda membidik celah bisnis lauk-pauk untuk sahur? Seringkali waktu yang tersedia untuk menyiapkan hidangan sahur sangat sempit, hal tersebut disebabkan karena berbagai faktor.

Bangun kesiangan, tidak ada stok bahan makanan, atau kelelahan, dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk menyiapkan makanan saat sahur. Nah, lauk-pauk tahan lama dalam kemasan adalah jawaban untuk mengatasi kondisi tersebut.

Jika Anda pandai memasak, Anda dapat membuat rendang, teri kacang, abon, kering kentang, atau kering tempe dan membungkusnya dalam kemasan khusus sebelum menjualnya. Anda bisa memilih alumunium foil atau kemasan lain yang membuat makanan tetap awet dan higienis meski tanpa bahan pengawet.

Saat sahur, seseorang juga kerap merasa malas makan karena masih mengantuk. Nah, jenis lauk pauk tersebut terbilang menggugah selera sehingga akan membuat orang bersemangat ketika akan menyantapnya.

Dan tentunya, jika Anda menjual lauk pauk tersebut di bulan Ramadan, berpotensi laris manis. Jika Anda tak pandai memasak, Anda bisa berbelanja ke produsen lauk pauk tahan lama dalam kemasan kemudian menjualnya. Bagaimana? Menarik?

(Baca juga: 5 Ide Bisnis “Aneh”, dari Racun Kalajengking Hingga Sewa Pacar)

Toples Kue

Lebaran memang menjadi momen yang sangat tepat untuk bersilaturahmi. Maka tak heran jika setiap orang menyiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin di rumah untuk menyambut tamu, mulai dari melakukan renovasi rumah, menyiapkan hidangan spesial, hingga membeli berbagai peralatan rumah tangga baru.

Kue kering adalah salah satu sajian khas saat Lebaran. Karena itu, bisnis kue kering sudah pasti menjamur di bulan Ramadan. Namun, bagaimana jika Anda tak pandai membuat kue kering? Menjual kue buatan pihak lain adalah solusinya.

Atau, Anda bisa mencari celah bisnis lain yang masih berhubungan dengan kue kering.  Jika banyak orang akan memilih untuk berbisnis kue kering  selama Ramadan, mengapa Anda tidak memilih bisnis toples kue? Saat Lebaran, toples kue sangat dibutuhkan untuk memajang kue dengan layak di hadapan para tamu.

Frozen Food

Frozen food juga akan sangat membantu bagi mereka yang sedang berpuasa. Ada banyak jenis frozen food seperti sosis, chicken nugget, atau french fries. Makanan tersebut bisa menjadi penyelamat saat kondisi darurat, yaitu hanya ada waktu sedikit untuk menyiapkan hidangan saat sahur.

Ada pula pilihan frozen food yang lebih sehat seperti ikan fillet. Dengan adanya ikan fillet yang sudah tersedia di kulkas, maka tidak harus selalu berburu ikan segar utuh. Apalagi jika membeli ikan segar, akan memakan waktu untuk membersihkannya hingga siap dimasak.

Ikan fillet bisa langsung dipotong dan diolah dengan berbagai resep praktis seperti ikan goreng tepung atau ikan asam manis. Tentu saja keberadaan ikan fillet akan menjadi penyelamat bagi mereka yang tak punya banyak waktu menyiapkan makanan.

Jika Anda tertarik berbisnis frozen food, cara paling mudah adalah dengan memasarkannya ke ibu-ibu tetangga di komplek tempat Anda tinggal. Atau, manfaatkan media sosial mulai dari Whatsapp, BlackBerry Messenger (BBM), Instagram, dan Facebook.

Katering Buka Puasa Bersama

Restoran memang seringkali menjadi pilihan tempat untuk menyelenggarakan bukber.  Namun, lain ceritanya jika peserta bukber yang diundang tergolong banyak. Akan lebih praktis apabila menyelenggarakan bukber di lokasi lain dengan menyediakan makanan berupa prasmanan bukan?

Ini adalah celah bagi Anda yang sebelumnya sudah memiliki bisnis katering. Selama Ramadan, Anda bisa secara khusus menawarkan katering untuk buka puasa bersama alias bukber.

Untuk menjalankan bisnis ini, akan lebih mudah jika Anda telah memiliki banyak relasi. Jika Anda memang menjalankan bisnis katering pada hari-hari biasa, manfaatkan list pelanggan Anda dan cobalah tawarkan katering untuk buka puasa bersama.

Jika Anda belum pernah berbisnis katering sebelumnya pun tidak masalah jika ingin mencoba. Anda bisa menyasar perusahaan, ikatan alumni, atau berbagai komunitas.

Katering Sahur

Celah lain dalam bisnis katering adalah menawarkan katering untuk sahur. Bisnis katering sahur bisa menyasar mahasiswa atau pekerja yang tinggal di indekos. Tawarkan menu-menu yang menggiurkan serta harga yang terjangkau.

Mereka yang tinggal di indekos akan sangat terbantu dengan adanya katering sahur, sehingga mereka tak perlu kerepotan mencari makanan saat dini hari. (Baca juga: Ingin Lebaran di Rumah Baru? Yuk Cek Promo KPR 2018!)

Kurang modal untuk berbisnis? Ajukan pinjaman secara online untuk mendapatkan tambahan modal bisnis yang Anda butuhkan dengan cepat. CekAja.com siap membantu Anda untuk mendapatkan pinjaman dengan bunga ringan. Yuk cek!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami