Inspiratif, Ini 5 Miliuner Dunia Paling Banyak Berdonasi Atasi Corona

4 min. membaca Oleh CekAja on

Virus Covid-19 atau Corona telah membawa begitu banyak kesulitan bagi dunia. Wabah yang telah menjadi pandemi ini menyebar begitu cepat hingga ke lebih 100 negara di dunia. Hanya dalam waktu kurang dari 6 bulan, Corona telah menginfeksi jutaan manusia dan menjadi penyebab ratusan ribu nyawa melayang.

mark zuckerberg _ investasi - CekAja.com

Penyebarannya yang begitu cepat dari satu orang ke orang lainnya membuat virus ini begitu ditakuti. Banyak negara yang kemudian menghimbau rakyatnya untuk tetap berada di rumah saja guna memutus rantai penyebaran virus Corona ini. Belum ditemukannya vaksin atau obat untuk mengatasi virus Corona juga menjadi salah satu hal yang membuat pandemi ini begitu menakutkan.

Tak heran jika di seluruh dunia banyak dilakukan penggalangan dana guna membantu sesama yang terdampak virus Covid-19. Tak terkecuali para miliuner yang masuk dalam kategori orang terkaya dunia. 5 diantaranya tercatat banyak berdonasi guna membantu penanganan korban terdampak virus Corona.

1. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg - Inspiratif Ini 5 Miliuner Dunia Paling Banyak Berdonasi Atasi Corona

Miliuner pertama yang berdonasi untuk membantu penanganan Corona adalah Mark Zuckerberg. Pemilik Facebook yang juga orang terkaya nomor 7 dunia versi Forbes per April 2020 tercatat memiliki kekayaan hingga Rp887 triliun.

Statusnya sebagai salah satu manusia super kaya tidak membuat Zuckerberg tutup mata atas kondisi yang menimpa dunia saat ini. Dilansir dari Forbes, Zuckerberg melalui Chan Zuckerberg Initiative dan bekerja sama dengan UC San Francisco serta Stanford University telah melipatgandakan kapasitas pengujian berikut diagnostik Bay Area. Selain itu, Zuckerberg juga membeli dua mesin diagnostik Corona yang telah disetujui FDA.

Bukan hanya itu, Zuckerberg melalui Facebook juga memberikan hibah senilai US$100 juta atau setara dengan Rp1,6 triliun guna membantu bisnis kecil yang terdampak Covid-19.

(Baca juga: Mengenal Facebook Pay, Alat Pembayaran Serbaguna di Tengah Tren Global)

Bukan hanya itu, pendiri Facebook tersebut juga berkomitmen untuk menyumbang US$20 juta atau hampir Rp330 milliar kepada Yayasan PBB, World Health Organization (WHO), dan juga Pusat Kontrol Penyakit Amerika Serikat (AS) atau CDC.

Zuckerberg juga menaruh kepedulian terhadap tenaga kesehatan yang berjuang melawan Covid-19. Untuk itu, dia menyumbangkan 720 ribu masker bagi para tenaga kesehatan tersebut dan berjanji akan menyediakan jutaan masker lagi.

2. Bernard Arnault

Bernard Arnault - Inspiratif Ini 5 Miliuner Dunia Paling Banyak Berdonasi Atasi Corona

Bernard Arnault tercatat menjadi salah satu orang terkaya dunia yang ikut membantu penanganan bagi korban terdampak virus Corona. CEO LVMH yang merupakan induk dari 70 merk fashion terkenal seperti Louis Vuitton, TAG Heuer, Christian Dior, Sephora, Bvlgari, dan lainnya ini kini bertengger di posisi ketiga sebagai orang terkaya dunia versi Forbes (data per April 2020).

Dalam catatan Forbes, kekayaan Arnault saat ini ditaksir sebesar US$81,3 miliar atau setara dengan Rp1.309 triliun.

Guna membantu penanganan Covid-19, Arnault menyulap tiga pabrik parfum LVMH untuk menjadi tempat memproduksi pembersih tangan. Pembersih tangan itu kemudian akan didistribusikan secara gratis ke Pemerintah Perancis dan juga banyak rumah sakit besar di Eropa.

Di sisi lain, Arnault melalui LVMH juga telah berkomitmen untuk memasok kurang lebih 40 juta masker ke tenaga kesehatan yang ada di negaranya.

3. Michael Bloomberg

Michael Bloomberg - Inspiratif Ini 5 Miliuner Dunia Paling Banyak Berdonasi Atasi Corona

Menurut Forbes, Michael Bloomberg telah menyumbang setidaknya US$40 juta atau sama dengan Rp643 miliar dalam rangka mencegah dan memperlambat penyebaran Covid-19.

Orang terkaya nomor 16 dunia versi Forbes 2020 ini juga telah meluncurkan Pelacak Tindakan Sosial. Hal itu dilakukannya melalui Yayasan Bloomberg dan bekerja sama dengan Liga Kota Nasional guna mengumpulkan serta berbagi tindakan yang diambil oleh para pemangku kepentingan di AS sebagai tanggapan terhadap Covid-19.

4. Bill Gates

Bill Gates - Inspiratif Ini 5 Miliuner Dunia Paling Banyak Berdonasi Atasi Corona

Melalui Yayasan Bill dan Melinda Gates, salah satu pendiri perusahaan teknologi ternama dunia Microsoft ini menyumbangkan dana sebesar US$100 juta atau lebih dari Rp1,6 triliun untuk membantu pendeteksian, isolasi, dan perawatan global akibat Covid-19.

Sementara itu, lebih dari setengah sumbangan tersebut bakal digunakan untuk kepentingan pengembangan vaksin, perawatan, dan juga diagnostik. Sekitar US$20 juta atau sekitar Rp330 miliar diberikan kepada berbagai macam lembaga seperti WHO dan CDC.

Kemudian sekitar US$20 juta lainnya disumbangkan Yayasan Bill dan Melinda Gates untuk membantu peningkatan perlindungan bagi populasi paling berisiko di Afrika.

Dana tersebut digunakan untuk membantu otoritas setempat dalam memperkuat pusat-pusat kesehatan darurat dan meningkatkan kapasitas perawatan di sana.

5. Jeff Bezos

Jeff Bezos - Inspiratif Ini 5 Miliuner Dunia Paling Banyak Berdonasi Atasi Corona

Jeff Bezos merupakan pendiri Amazon yang kini masih menyandang status sebagai orang terkaya dunia sejagat raya versi Forbes. Kekayaan Bezos ditaksir mencapai US$117 miliar atau setara dengan Rp1.884 triliun.

Untuk memerangi Covid-19, pria berkepala plontos tersebut menyumbang sekitar US$100 juta atau senilai Rp1,6 triliun untuk Feeding America, sebuah organisasi yang memerangi kelaparan di AS dan membantu keluarga yang hidupnya bergantung pada food bank.

(Baca juga: 10 Pemikiran yang Membuat Jeff Bezos Super Kaya!)

Adapun food bank merupakan program guna mendistribusikan makanan yang berasal dari makanan sisa restoran, hotel, rumahan, dan sebagainya kepada keluarga yang membutuhkan.

Menurut Bezos, di tengah pandemi Corona ini food bank memegang peranan penting mengingat banyak restoran dan hotel tutup. Dengan begitu, food bank tersebut tentu bakal kekurangan sumber makanan untuk bisa diberikan kepada mereka yang membutuhkan, terutama yang terdampak virus Corona.

Terinspirasi untuk ikut membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan di tengah pandemi Corona? Tidak perlu menunggu jadi miliuner untuk bisa berbuat kebaikan, karena kamu pun bisa membantu sesama dengan cara yang sederhana.

Misalnya, saat kamu berbelanja bulanan di supermarket langganan, kamu bisa membeli dua atau tiga paket beras, minyak goreng, sarden, dan daging kornet untuk dibagikan kepada tetangga kamu yang sedang kesulitan.

Biar lebih hemat, berbelanjanya pakai kartu kredit Bank Mayapada saja ya. Pastinya ada banyak diskon dan promo cashback menarik yang bisa bikin total belanjaan kamu lebih murah dibanding harga normal.

Miliki kartu kredit Mayapada sekarang juga, dengan mengajukan aplikasinya lewat CekAja.com. Prosesnya cepat, syaratnya mudah. Dijamin!

Tentang kami

CekAja

CekAja