Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

International Seminar on Market Conduct: OJK Terus Tingkatkan Edukasi ke Konsumen

by JTO on 8 September, 2014

BALI – Mengangkat isu seputar kosekuensi, tantangan, dan peluang dari perspektif pemegang kebijakan dan praktisi jasa keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar seminar internasional yang membahas ‘Market Conduct (perilaku pasar) di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin-Selasa, 8-9 September 2014.

Tidak hanya para stakeholder institusi perbankan, asuransi, pasar modal, dan lembaga pembiayaan, seminar ini pun mengundang perwakilan dari institusi keuangan regional dan multilateral dari kawasan Asia Tenggara dan Asia Pasifik. Seperti Australian Securities and Investments Commission (ASIC), Consumer and Market Conduct Department Bank Negara Malaysia (BNM), World Bank Group, dan AIPEG.

Menariknya, dalam seminar internasional ini para nara sumber berbicara tentang isu seputar kosekuensi, tantangan, dan peluang dari perspektif pemegang kebijakan dan praktisi jasa keuangan. Para stakeholder otoritas jasa keuangan negara tetangga seperti Malaysia dan Australia pun Mereka membagi pengalamannya dalam mengelola jasa keuangan di negara yang menjadi otoritasnya.

Dalam keterangannya saat membuka seminar, Ketua Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad, menjelaskan, seminar ini bukan ditujukan untuk membuat rekomendasi tertentu, namun lebih pada membangun kesadaran baik terhadap lembaga keuangan dan terutama lebih kepada para nasabah.

Muliaman OJK - CekAja.com“Pengawasan saat ini hanya dilakukan terhadap lembaga keuangan. Padahal, pengawasan juga harus dilakukan kepada para penggguna industri keuangan atau para nasabah. Dan, OJK dalam hal ini harus melakukan pengawasan yang seimbang,” ujarnya.

Karena itulah, seminar ini memiliki tujuan untuk menciptakan kesadaran kepada semua pihak tentang sistem keuangan dan peraturan yang berlaku untuk menjaga keamanan dan kenyamanan berinvestasi. Sebab, pada praktiknya, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang menjadi terjadi korban penipuan investasi.

Sebagai informasi, beberapa panelis atau pembicara yang akan hadir dalam seminar tersebut diantaranya adalah; Deputy Chair of ASIC Peter Kell, anggota Dewan Komisioner OJK Kusumaningtuti S Soetiono, Director of Consumer and Market Conduct Department Bank Negara Malaysia (BNM) Suhaimi Ali, Senior Financial Analyst World Bank Ros Grady, dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rimawan Pradiptyo, konsultan AIPEG Ian Tower, pakar kebijakan publik Fachry Ali, KPMG Partner in Charge of Financial Risk Consulting Edmund Larkin, dan KPMG Associate Director Daniel Ostermeyer.

Pada seminar inipun, CekAja.com ikut serta menjadi media partner. Sebagai portal layanan informasi dan perbandingan yang netral dan transparan, CekAja.com terus membantu masyarakat membuat keputusan finansial yang cerdas.

 

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.