INTERVIEW: Mengenal Skor Kredit dan Manfaatnya Bagi Nasabah

2 min. membaca Oleh CekAja on

Sebelum menerima pengajuan kredit Anda, biasanya perbankan akan mengecek terlebih dahulu riwayat kredit Anda. Hal ini bertujuan untuk memastikan Anda tidak bermasalah dengan lembaga keuangan lain. Salah satu hal yang diperiksa oleh perbankan adalah [c88-article id=”128809″ title=”skor kredit” text=”skor kredit”].

Dengan begitu, belum tentu pengajuan kredit Anda diterima oleh pihak perbankan. Nah, apa sih yang dimaksud dengan skor kredit itu? Dan bagaimana caranya untuk melihat skor kredit? Semua pertanyaan tersebut akan dijawab dalam wawancara khusus CekAja.com dengan Corporate Secretary PT Pefindo Biro Kredit Juni Hendry.

Apa itu skor kredit?

Skor kredit merupakan nilai yang menggambarkan tingkat kelaikan kredit seorang debitur berdasarkan data historis. Skor ini banyak digunakan lembaga keuangan dalam melakukan analisa permohonan kredit yang diajukan seorang calon debitur.

(Baca juga: [c88-article id=”128337″ title=”Kiat Aman dan Hemat Liburan ke Luar Negeri dengan Kartu Kredit” text=”Kiat Aman dan Hemat Liburan ke Luar Negeri dengan Kartu Kredit”])

Bagaimana cara mengakses skor kredit?

BI Checking atau yang saat ini menggunakan istilah Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) hanya menyediakan informasi perkreditan standar tanpa skor kredit. Umumnya disediakan oleh Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan atau biro kredit swasta.

Maksudnya bagaimana?

SLIK menyediakan informasi perkreditan yang bersumber hanya dari pelapor atau anggota saja. Sementara biro kredit mencakup SLIK dan lembaga keuangan non pelapor SLIK serta lembaga lainnya.

Apa manfaat skor kredit bagi bank dan bagi nasabah?

Skor kredit merupakan salah satu faktor yang digunakan dalam pengambilan keputusan kredit guna meminimalkan risiko gagal bayar serta memastikan bahwa keputusan kredit diambil secara obyektif.

Bagi debitur, makin tinggi skor seseorang, makin rendah risiko kreditnya. Dengan skor kredit yang tinggi dan bagus, nasabah bisa memperoleh bunga lebih rendah dan plafon pinjaman lebih tinggi. Demikian juga sebaliknya.

(Baca juga: [c88-article id=”128338″ title=”Stabilitas Keuangan Stabil, Manfaatkan dengan Ajukan Kredit!” text=”Stabilitas Keuangan Stabil, Manfaatkan dengan Ajukan Kredit!”])

Bagi nasabah, skor kredit merupakan cerminan reputasi keuangan yang dapat menggambarkan tingkat kepatuhan seseorang dalam memenuhi kewajiban finansialnya dan dapat menumbuhkan perilaku postif nasabah untuk selalu memenuhi kewajibannya.

Bagaimana menghitung dan melihat skor kredit?

Skor kredit dihasilkan dari perhitungan algoritma matematis informasi perkreditan historis seseorang.

Seberapa besar potensi bisnis skor kredit di Indonesia?

Pertumbuhan ekonomi dan bisnis akan meningkatkan kebutuhan pendanaan yang dengan sendirinya membutuhkannya sebagai salah satu alat dalam melakukan analisa kredit.

(Baca juga: [c88-article id=”128326″ title=”5 Tempat Wisata Antimainstream di Palembang dan Sekitarnya” text=”5 Tempat Wisata Antimainstream di Palembang dan Sekitarnya”])

Berapa anggota yang di kelola Pefindo Biro Kredit sekarang?

Saat ini anggota kami berjumlah sekitar 130 lembaga keuangan yang terdiri dari bank, multifinance, fintech, dan lain lain.

Selain skor kredit, apa saja jasa yang ditawarkan perusahaan biro kredit?

Produk yang ditawarkan biro kredit macam-macam. Biasanya Score & Report, Profilling, Fraud Alert, dan non traditional score.

Tentang kami

CekAja

CekAja