Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

INTERVIEW: Tim Renang Targetkan Masuk 8 Besar di Asian Games 2018

by Gito on 27 Juli, 2018

Jelang Asian Games 2018, seluruh cabang olahraga yang bakal dipertandingkan mulai berbenah dan juga berlatih lebih serius. Ritme latihan mulai ditingkatkan dan strategi-strategi baru yang mungkin digunakan mulai diimplementasikan.

Namun sebenarnya, jika berbincang tentang Asian Games, bukanlah berbicara tentang perolehan emas semata, tetapi lebih dari pada itu. Asian Games juga menyangkut dengan nasionalisme, rasa cinta dan bangga terhadap tanah air, Indonesia.

Salah satu cabang olahraga yang juga akan dipertandingkan adalah renang. Namun, perlu diakui bahwa cabang renang merupakan cabang olahraga yang tidak diunggulkan dalam perolehan emas dibanding pencak silat, bulu tangkis, panjat tebing dan cabang olahraga popular lainnya yang berpeluang mengantongi emas.

(Baca juga: Yuk, Kenali Ciri-ciri Fintech Ilegal Menurut OJK)

Nah berikut petikan wawancara ekslkusif dengan Kepala Pelatih Tim Nasional Renang dalam Asian Games 2018 yang juga peraih 9 medali emas dalam Sea Games 1991 lalu, Albert C Sutanto. Simak Yuk!

Bagaimana proyeksi perolehan emas dalam cabang olahraga renang di Asian Games 2018 ?

Berbicara emas, Timnas Indonesia harus berhadapan dengan China dan juga negara-negara pecahan Rusia yang selalu unggul dalam cabang renang. Biasanya kita juga berada dalam posisi ke–4 di bawah negara-negara tersebut.

Apakah ada latihan khusus yang dijalani ?

Latihannya itu dibagi menjadi beberapa jenis. Ada untuk sprinter, jarak menengah, dan juga jarak panjang. Lalu dibagi juga per gaya, ada gaya kupu-kupu, gaya bebas, gaya punggung, dan gaya dada lalu ada juga yang kita persiapkan untuk tim beregu.

(Baca juga: Perbedaan KTA untuk Karyawan dan Wiraswasta, Cek Yuk!)

Latihan yang dilakukan beragam, ada endurance-nya. Di luar itu kita persiapkan juga secara mental melalui uji coba-uji coba, kemudian dari sisi nutrisinya juga kita perhatikan serta psikologinya juga ikut dilatih.

Ritme latihannya berapa kali?

Setiap hari. Kalau sprinter itu paling minim 6 kali di air dan 3 kali di darat jadi 9 kali. Kemudian untuk nomor yang berbeda ada yang 10 kali di air dan 2 kali di darat.

Berapa jumlah atlet renang yang diturunkan dalam Asian Games 2018 ini?

Kita ada 19 atlet yang akan bertanding. Target kita paling tidak bisa masuk 8 besar. Dalam Asian Games nanti juga ada China, Jepang, Kazakhstan, dan juga Singapura yang memang sudah memiliki prestasi di kejuaraan dunia dan Olimpiade, tetapi kita optimistis.

(Baca juga: Mantap, Inflasi Tetap Terjaga Rendah Selama 4 Tahun)

Olahraga renang sejatinya merupakan salah satu cabang olahraga popular di Indonesia. Jangan juga lupakan 15 emas yang berhasil digondol perenang tanah air dalam ASEAN School Games 2018 yang digelar di Malaysia pada bulan Juli 2018.

Disamping itu, negeri ini juga dikenal sebagai negerinya pelaut yang artinya memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengarungi samudera. Jadi tidak ada kata yang tak mungkin dalam ASIAN Games 2018 ini. Bravo Indonesia!

Tentang Penulis

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami