Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

15 Ide Usaha Modal Cuma 2 Juta Paling Laris Saat Ini

by Vera Khairifah on 29 Oktober, 2019

Niat untuk memiliki usaha agar semakin mandiri secara finansial seringkali terbentur dengan persoalan modal. Padahal ada beberapa ide usaha modal Rp2 juta yang bisa kamu coba.

Menjalankan usaha dengan modal hanya 2 juta atau nominal berapapun, kamu harus berani mencoba agar tahu peluang keuntungannya. Sebab jika berhasil, bukan tidak mungkin usaha modal 2 juta tersebut akan berkembang pesat hingga meraih banyak untung.

Ide Usaha Modal 2 Juta

Beberapa ide usaha modal 2 juta di bawah ini mungkin bisa menjadi pilihanmu. Di antaranya sebagai berikut:

1. Gorengan

Jenis makanan yang satu ini disukai oleh hampir semua orang Indonesia kapanpun dan di manapun. Gorengan seperti risol, cireng, bakwan, tempe, tahu, dan lainnya bisa dijual murah dan termasuk dalam usaha modal 2 juta saja.

Gorengan bisa kamu jual di area teras rumah dengan kursi sederhana atau bahkan tanpa kursi pembeli. Sehingga penjualannya khusus untuk dibawa pulang. Bahan-bahan bisa dibeli dengan mudah di pasar atau toko sayur terdekat, dan menggunakan peralatan masak di rumah.

2. Minuman dan Makanan Instan

Usaha dengan modal 2 juta yang kedua adalah menjual minuman dan makanan instan. Usaha ini biasanya umum dijumpai di daerah sekitar sekolah, kampus, atau perkantoran.

Minuman instan seperti sari buah, atau jus bisa dijual dengan harga mulai dari Rp4 ribu. Sedangkan makanan instan seperti mie, otak-otak, atau sosis goreng dijual mulai dari Rp1 ribu hingga Rp8 ribu.

Produk murah seperti ini dijamin disukai pembeli karena tidak membuat kantong jebol. Kamu pun bisa lebih cepat balik modal.

3. Makanan Pagi/Sarapan

Warga Indonesia terbiasa dengan kebiasaan makan pagi atau sarapan dengan berbagai menu pilihan. Mulai dari nasi uduk, bubur ayam, pecel, dan lain-lain.

(Baca juga: Butuh Modal Usaha Tapi Gak Ada Agunan Buat Jaminan? BCA Punya Solusinya)

Maka dari itu, peminat usaha modal 2 juta ini cukup banyak. Kamu bisa menjual di rumah atau membuka lapak di area makanan pusat keramaian. Misalnya kantin di perkantoran, stasiun, maupun di terminal besar.

4. Kue Pasar

Aneka kue basah maupun kering juga bisa kamu coba jadikan ide usaha modal 2 juta. Kalau kamu memiliki kemampuan untuk membuatnya, maka besaran modal pun akan lebih irit dibandingkan menjadi penjual kedua dari produsen pertama yang biasanya ditemui di pasar subuh.

5. Makanan Ringan

Snack atau jajanan makanan ringan kiloan yang kemudian dijual dalam bungkusan kecil bisa menjadi ide usaha modal 2 juta lainnya.

Selain menjual sendiri, kamu juga bisa mengirimkannya ke berbagai toko di sekitarmu untuk dititipkan. Jika laku, kamu bisa melakukan bagi hasil.

6. Pulsa

Di tengah banyak gempuran penjual pulsa online lewat berbagai e-commerce, kamu tetap bisa menjadi penjual pulsa secara konvensional yang menarik pembeli.

Kuncinya adalah dengan menjual harga murah dan disertai dengan penjualan berbagai paket internet atau paket nelpon dan SMS. Usaha modal 2 juta yang satu ini bisa dikenal dengan promosi dari mulut ke mulut saja lho.

7. Reseller Barang Hits

Saat ini banyak barang-barang hits dan kekinian yang diburu pembeli. Produk yang dipilih memang tergantung dengan tren yang ada. Misalnya saja kue artis, baju dengan model tertentu, sedotan stainless, dan cokelat impor rasa green tea.

Bahkan produk yang sedang diburu sekarang adalah tumblr atau tempat minum keluaran salah satu kedai kopi Amerika Serikat yang konon bisa berubah warna jika terisi air.

Kalau kamu jeli memperhatikan tren, ini bisa menjadi peluang usaha modal 2 juta yang menjanjikan.

8. Dekorasi Acara

Vendor dekorasi acara sederhana juga bisa kamu jadikan ide usaha modal 2 juta. Cukup bermodal backdrop kayu yang dipesan langsung di tukang kayu dengan harga sekitar dibawah Rp1 juta, serta kain putih dan aneka bunga palsu dan lampu kecil.

Andalkan sisi kreatifmu untuk membuat berbagai jenis dekor menarik untuk lamaran, acara ulang tahu, dan lainnya.

9. Laundry Sepatu

Beberapa tahun terakhir jasa laundry sepatu naik daun. Namun penyedia jasanya terbilang masih sedikit. Oleh karena itu, persaingannya masih belum ketat. Kamu cukup membeli beberapa cairan pembersih, cat, dan parfum khusus sepatu yang bisa dibeli di berbagai toko online.

10. Aksesoris Wanita

Usaha modal 2 juta ini cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan crafting, yakni kerajinan tangan yang membuat barang dan aksesoris kreatif. Kalung, bros, pin, gelang, dan barang lainnya bisa kamu tawarkan. Usaha ini juga berpeluang untuk dikirim ke luar kota dan luar negeri, lho.

11. Florist

Kemampuan merangkai bunga juga bisa kamu torehkan di usaha modal 2 juta ini. Selain bunga, rangkaian makanan atau barang lainnya bisa kamu jadikan bucket untuk paket hadiah wisuda yang saat ini punya banyak peminat.

12. Cuci Motor atau Mobil

Usaha cuci motor atau mobil buka tidak mungkin kamu miliki. Sebagian modal akan habis oleh kompresor air sekitar Rp1 juta-an. Sisanya, kamu hanya membutuhkan sabun, sponge, dan selang air.

(Baca juga: BI Pangkas Suku Bunga Acuan, Kuy Ajukan Pinjaman Modal Usaha!)
13. Jahit Pakaian

Hobi menjahit bisa kamu jadikan peluang usaha modal 2 juta. Dari sini, kamu berpeluang menjadi partner produsen baju komersil, atau gaun formil untuk para bridemaids.

14. Thrift Shop

Kalau di daerahmu ada pasar baju bekas, kamu bisa membuka thrift shop secara online. Selisih harga beli dan jual kembali cukup besar. Yakni mulai dari Rp20 ribu hingga Rp100 ribu.

15. Baju Murah

Selain baju bekas, baju murah seperti kaos basic atau kaos anak-anak juga cukup laris di pasaran. Sebab produk dari usaha modal 2 juta ini dijual murah, mulai dari Rp30 ribu saja kamu sudah mendapat untung yang lumayan.

Itu tadi contoh bisnis kecil-kecilan yang bisa kamu jalani dengan modal cuma 2 juta. Tapi kalau masih kesulitan juga ngumpulin modal sebesar itu, nggak ada salahnya mengajukan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) lewat CekAja.com yang bisa buat modal usaha.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast