Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Intip 7 Tips Membeli Mesin Cuci yang Bagus dan Berkualitas

by Nadhillah Kusindriani on 12 Maret, 2020

Keberadaan mesin cuci saat ini nyatanya memang sangat membantu meringankan pekerjaan ibu rumah tangga. Pasalnya, kamu dapat mencuci sambil mengerjakan pekerjaan lainnya di waktu bersamaan. Untuk kamu yang ingin membeli mesin cuci, yuk simak tips membeli mesin cuci versi CekAja.com.

tips memilih mesin cuci

Jenis-jenis Mesin Cuci

Sebelum membahas lebih jauh tentang tips membeli mesin cuci, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis mesin cuci. Seperti yang diketahui, mesin cuci terdiri dari tiga jenis, yaitu:

Mesin cuci yang satu ini memiliki dua tabung dengan fungsi berbeda. Di mana salah satu tabung berguna untuk mencuci dan membilas pakaian. Sedangkan, tabung lainnya berguna untuk memeras dan mengeringkan pakaian setelah dicuci.

Harga yang ditawarkan mesin cuci dua tabung relatif lebih murah dibandingkan mesin cuci satu tabung. Sebab, mesin cuci ini relatif menggunakan listrik yang relatif lebih sedikit. Terlebih, memang sengaja di desain agar ekonomis.

Meski begitu, mesin cuci ini memiliki kekurangan, diantaranya yaitu kamu tetap harus mengeluarkan tenaga lebih untuk memindahkan cucian dari tabung cucian ke tabung pengering pakaian.

Maka dari itu, proses mencuci menjadi lebih panjang. Sebab, ada dua tahap yang perlu kamu lakukan. Mesin cuci dua tabung juga membutuhkan volume air yang lebih banyak, karena jika kekurangan air, mesin cuci tidak bisa berputar.

Jenis mesin cuci yang kedua adalah mesin cuci satu tabung top loading. Sesuai dengan namanya, penggiling mesin cuci ini menghadap ke arah atas, sehingga kamu bisa memasukkan pakaian mu melalui bagian atas mesin cuci.

Dibandingkan dengan mesin cuci 1 tabung jenis lainnya, mesin cuci ini menggunakan daya listrik yang lebih rendah. Tidak hanya itu, sistem dan cara kerja dari mesin cuci ini pun sangat praktis.

Kamu hanya perlu memasukkan pakaian kotor ke dalam tabung beserta detergen, kemudian mesin cuci secara otomatis bekerja, mulai dari mengisi air, mencuci, membilas hingga memeras cucian hingga kering dan siap untuk dijemur.

Hanya saja, mesin cuci satu tabung top loading memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan mesin cuci dua tabung. Selain itu, tingkat kekeringan mesin cuci ini hanya sampai 70%. Kamu juga tetap membutuhkan volume air yang banyak untuk bisa mencuci dengan mudah.

Jenis mesin cuci ketiga adalah mesin cuci satu tabung front loading. Memiliki desain tabung yang horizontal dengan arah putaran vertical, membuat mesin cuci ini sangat mudah digunakan.

Sebab, kamu hanya perlu memasukkan pakaian kotor ke dalam tabung. Setelah itu, mesin cuci secara otomatis akan melakukan pengisian air, pencucian pakaian, pembilasan hingga pemerasan dan pengeringan pakaian.

Tidak hanya itu, mesin cuci ini memiliki tingkat efektivitas yang lebih tinggi dibandingkan dua jenis mesin cuci sebelumnya. Terlebih, resiko terjadi kerusakan pakaian sangat minim, karena memiliki gerakan putaran vertikal.

Untuk bisa mencuci di mesin cuci ini, kamu tidak memerlukan volume air yang banyak. Selain itu, tingkat kekeringan pakaian pun jauh lebih tinggi dibandingkan dua mesin cuci sebelumnya, yaitu 90%.

(Baca Juga: Butuh Pinjaman Untuk Renovasi Rumah? Ini Pilihannya)
Kelebihan dan Kekurangan Mencuci dengan Mesin Cuci

Hal yang tidak kalah penting selain mengetahui tips membeli mesin cuci adalah mengetahui kelebihan dan kekurangan jika mencuci menggunakan mesin cuci. Pasalnya, hal itu berguna ketika kamu akan memilih mesin cuci mana yang akan kamu beli.

Kelebihan Mencuci dengan Mesin Cuci

Seperti yang diketahui, salah satu kelebihan mesin cuci adalah membantu meringankan pekerjaan ibu rumah tangga. Namun nyatanya, ada beberapa kelebihan lain yang bisa kamu nikmati ketika mencuci dengan mesin cuci, di antaranya yaitu:

  • Kamu bisa menggunakan fitur timer yang tersedia, sehingga mencuci dapat ditinggal dan dikerjakan bersama dengan pekerjaan lain.
  • Lebih praktis dan mudah digunakan, sebab kamu hanya perlu memasukkan pakaian ke dalam tabung. Setelah itu, mesin akan mencuci secara otomatis.
  • Mampu mengeringkan cucian secara langsung di dalam tabung pencuci
  • Tidak memerlukan banyak ember untuk merendam dan membilas pakaian
Kekurangan Mencuci dengan Mesin Cuci

Beberapa kelebihan dari mencuci dengan mesin cuci sudah kamu ketahui di atas. Kini saatnya kamu mengetahui apa saja kekurangan dari mencuci dengan mesin cuci, di antaranya yaitu:

  • Pakaian yang dicuci menggunakan mesin cuci hasilnya kurang bersih, jika dibandingkan dengan mencuci secara manual. Terlebih, jika noda terletak pada kerah pakaian atau pun bagian lainnya yang sulit dijangkau dan noda membandel.
  • Membutuhkan daya listrik yang besar.
  • Pakaian menjadi lebih cepat rusak. Hal tersebut karena cara kerja mesin cuci yang statis sesuai pengaturan. Terlebih, jika pakaian yang bercampur tersebut berjenis keras atau tajam, maka akan merusak pakaian lainnya.
  • Kapasitas yang dimiliki mesin cuci terbatas.
  • Menghabiskan waktu yang lama untuk mencuci.
  • Bergantung pada listrik, sehingga saat mati lampu mesin cuci tidak bisa digunakan.
Tips Membeli Mesin Cuci

Jenis-jenis mesin cuci beserta kelebihan dan kekurangannya sudah kamu ketahui di atas. Jika ingin membeli mesin cuci, ada baiknya mengetahui dan mengikuti beberapa tips membeli mesin cuci, seperti yang CekAja.com rangkum untuk kamu.

1. Menyesuaikan Kebutuhan

Tips membeli mesin cuci yang pertama adalah menyesuaikan kebutuhan. Ketika ingin membeli mesin cuci, sebisa mungkin kamu memilihnya dengan bijak sesuai dengan kebutuhan mu.

Jika kamu membutuhkan mesin cuci yang praktis, tidak memakan daya listrik yang besar serta bisa digunakan untuk laundry, kamu bisa memilih mesin cuci satu tabung top loading.

Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan dengan volume cucian mu. Apapun itu, pastikan kamu membeli mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Daya Listrik yang Digunakan

Tips membeli mesin cuci yang kedua adalah perhatikan penggunaan daya listrik. Sebab, semakin bagus kualitas mesin cuci maka semakin besar pula daya listrik yang digunakan.

Pada dasarnya, besarnya daya listrik bergantung pada ukuran mesin cuci, jenis tabung yang digunakan serta kapasitasnya. Untuk itu, penggunaan daya listrik pada setiap mesin cuci berbeda-beda.

Jika kamu ingin memakai mesin cuci dan tetap hemat, kamu bisa memilih mesin cuci berdaya listrik kecil. Tidak hanya menghemat penggunaan daya listrik, kamu juga dapat menghemat uang.

3. Kapasitas Mencuci

Tips membeli mesin cuci yang selanjutnya adalah memperhatikan kapasitas mencuci. Dengan kapasitas atau daya tampung yang besar, maka kamu dapat mencuci lebih banyak pakaian.

Tidak hanya itu, ruang untuk mencuci pun akan lebih luas jika kamu hanya mencuci sedikit pakaian. Hal tersebut akan membuat hasil pakaian yang telah dicuci lebih bersih. Terlebih, kamu tidak perlu mencuci setiap hari dan lebih menghemat listrik.

Sejatinya, daya tampung sebuah mesin cuci diukur dalam metric kilogram. Yang mana, satu kilogram mampu mencuci sebanyak satu pasang pakaian dan satu handuk besar.

4. Garansi

Berikutnya adalah garansi. Tips membeli mesin cuci yang satu ini penting untuk kamu perhatikan. Sebab, jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan, perusahaan mesin cuci mu akan memberikan jaminan perbaikan di service center.

Untuk itu, sebaiknya kamu memilih mesin cuci yang memiliki garansi resmi dari merek itu sendiri. Biasanya, kamu akan mendapatkan garansi dengan jangka waktu minimal satu tahun

5. Kecepatan Berputar Mesin (Spin Speed)

Tips membeli mesin cuci yang kelima adalah memperhatikan kecepatan putaran mesin. Semakin tinggi kecepatan berputar mesin, maka air yang hilang pun lebih besar. Hal tersebut membuat pakaian mu lebih cepat kering.

Rata-rata mesin cuci memiliki kapasitas spin speed sebesar 1200rpm. Di mana, mesin cuci akan berputar 1200 kali setiap menitnya. Namun, jika kamu ingin mengeringkan sejumlah handuk, kamu bisa menaikkan kapasitas spin speed hingga 1600rpm, sehingga handuk lebih cepat kering.

Pengaturan spin speed kini sudah dimiliki oleh banyak mesin cuci. Kini kamu bisa mengatur kapasitas berputar mesin sesuai dengan jenis pakaian dan keinginan mu.

6. Teknologi dan Fitur yang Diberikan

Keenam ada teknologi dan fitur yang diberikan. Sejatinya, kini sudah banyak sekali fitur-fitur canggih yang diberikan oleh mesin cuci. Yang perlu kamu lakukan adalah memilih mesin cuci dengan fitur-fitur yang sekiranya kamu butuhkan saja.

Pasalnya, banyaknya fitur yang diberikan berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan. Sehingga, semakin banyak fitur yang diberikan maka semakin mahal pula harganya.

Namun, jika beberapa fitur tersebut memudahkan pekerjaan mu, tidak ada salahnya jika kamu merogoh kocek sedikit lebih besar.

7. Menyesuaikan Budget

Tips membeli mesin cuci yang terakhir adalah sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Jangan sampai membeli mesin cuci diluar kemampuan finansialmu, karena nantinya itu akan memberatkan dirimu sendiri.

Kamu bisa memilih mesin cuci berkualitas bagus, namun tetap sesuai dengan budget yang tersedia. Terlebih jika kamu berniat membeli mesin cuci dalam jumlah banyak untuk keperluan bisnis laundry, tentu budget harus kamu perhatikan.

(Baca Juga: Cara Pinjam Uang Lewat UangTeman dan Serba-serbinya)
Beli Mesin Cuci dengan Pinjam Uang di UangTeman

Nah seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ketika ingin membeli mesin cuci ada beberapa tips membeli mesin cuci yang perlu kamu ketahui.

Terlebih jika kamu ingin membeli mesin cuci dalam jumlah besar untuk keperluan bisnis laundry, budget tentu menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan. Kamu perlu mempersiapkan dana khusus untuk itu.

Maka dari itu, kamu bisa meminjam uang tunai tanpa potongan dan tanpa jaminan di UangTeman. Kamu bisa mengajukan pinjaman hingga Rp 3 juta dengan masa tenor 10 – 30 hari, untuk kamu yang baru mengajukan pinjaman di UangTeman.

Cara dan syarat pengajuannya pun sangat mudah. Pinjaman online ini bisa dilakukan oleh pegawai swasta, pegawai negeri, anggota parlemen, karyawan swasta hingga wiraswasta sekalipun yang berada pada rentang usia 21 – 55 tahun.

Tidak hanya itu, jika proses pengajuan sudah selesai, kamu bisa langsung mendapatkan pinjaman hanya dalam satu hari proses kerja. Kamu juga tidak perlu khawatir untuk mengajukan pinjaman di sini, sebab UangTeman sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tergabung sebagai anggota di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Maka dari itu, tunggu apa lagi? Langsung saja ajukan pinjaman dana tunai dengan mudah dan cepat melalui UangTeman. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis