Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Intip Daftar Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Terbaik 2020

by Teti Purwanti on 15 Januari, 2020

Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia yang sangat berharga. Kondisi fisik yang satu ini harus terus dijaga mengingat mahalnya biaya pengobatan tatkala tubuh mengalami sakit. Selain menjaga tubuh agar tetap sehat, tidak sedikit orang yang melakukan proteksi diri dengan cara membeli polis asuransi kesehatan. Hal itu dilakukan salah satunya tentu dengan kesadaran bahwa untuk sakit tertentu biaya pengobatannya sangat menguras kantong. Sayangnya, kebanyakan orang cenderung untuk memilih produk asuransi kesehatan yang mengutamakan fasilitas rawat inap. Padahal asuransi kesehatan rawat jalan juga tak kalah penting.

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Biaya rawat jalan untuk sekali pengobatan mungkin tidak sebesar biaya untuk pengobatan dengan rawat inap. Namun, jika pengobatan rawat jalan dilakukan dalam periode yang cukup lama, tentu hal ini juga bakal menelan biaya yang tidak sedikit.

Karena itu, asuransi kesehatan rawat jalan layak dipertimbangkan untuk menjadi pilihan tatkala memilih produk asuransi untuk proteksi kesehatan.

Apa Itu Asuransi Kesehatan?

Asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi yang menawarkan jaminan atas biaya pengobatan atau perawatan bagi pemegang polis yang mengalami sakit, masalah kesehatan, atau kecelakaan yang membuat nasabah harus berurusan dengan rumah sakit.

Dengan membeli produk asuransi jenis ini, biaya pengobatan kamu akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi yang kamu pilih. Untuk menikmati fasilitas tersebut, kamu tentu saja harus membayar premi sebagaimana yang sudah ditentukan oleh perusahaan asuransi.

Secara umum, ada dua jenis perawatan yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan, yaitu rawat inap dan rawat jalan. Namun, kebanyakan nasabah hanya memilih asuransi kesehatan dengan manfaat rawat inap. Padahal asuransi kesehatan rawat jalan juga tak kalah penting mengingat tidak melulu rawat jalan bisa menyembuhkan pasien hanya dalam sekali pengobatan.

Mengenal Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Tidak semua orang yang sakit diobati atau disembuhkan dengan cara harus dirawat inap di rumah sakit. Keputusan akan jenis perawatan yang diambil tentu didasari oleh seberapa parah sakit yang diderita oleh pasien. Rawat jalan bisa saja menjadi opsi pengobatan untuk beberapa jenis penyakit.

Di sinilah asuransi kesehatan rawat jalan mengambil peran. Asuransi kesehatan jenis ini menawarkan jaminan finansial atas biaya pengobatan kepada pemegang polis yang tidak harus melakukan diambil tindakan rawat inap.

Untuk dapat memanfaatkan fasilitas jaminan rawat jalan ini, sebelum melakukan kontrak dengan pihak perusahaan asuransi, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa asuransi kesehatan yang kamu pilih turut menjamin pengobatan rawat jalan.

Hal yang Harus Dipertimbangkan

Saat ini terdapat banyak pilihan produk asuransi kesehatan rawat jalan dari perusahaan asuransi yang bisa kamu pilih. Tapi jangan asal pilih. Beberapa hal perlu kamu pertimbangkan agar tidak merugikan atau menjadi masalah di kemudian hari. Beberapa hal itu antara lain:

Premi Sesuai dengan Kemampuan

Ketika ingin membeli atau mendapatkan tawaran asuransi kesehatan, pihak perusahaan asuransi pastinya akan membuat kamu tertarik dengan berbagai keunggulan dan kemanfaatan yang ditawarkan. Jangan langsung tergiur.

Sebelum memutuskan membeli produk asuransi jenis ini, pastikan kamu sudah mengukur kemampuan finansialmu. Hal ini nanti bakal berpengaruh terhadap kemampuan kamu dalam membayar premi. Sebab, ketika memutuskan membeli polis asuransi, kamu diwajibkan membayar premi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Karena itu, pilih premi asuransi kesehatan rawat jalan yang sesuai dengan jangkauan keuangan kamu. Jangan sampai niat baikmu untuk memproteksi pengobatan diri malah menjadi masalah di kemudian hari.

Mendukung Sistem Klaim Cashless

Dalam dunia asuransi kesehatan, terdapat dua sistem klaim yang dapat dipilih oleh nasabah. Sistem klaim itu adalah reimbursement dan cashless.

Nah, saat mengajukan asuransi kesehatan, sebaiknya kamu memilih asuransi kesehatan yang memiliki fasilitas klaim dengan sistem cashless. Sebab, sistem ini dinilai lebih memudahkan dan memberikan keuntungan bagi pemegang polis.

Dengan sistem cashless, saat berobat rawat jalan, kamu hanya perlu memberikan kartu asuransimu ke bagian administrasi rumah sakit untuk digesek, tanpa perlu mengeluarkan uang. Dengan begitu, proses pengobatan pun dapat berjalan lebih cepat.

Berbeda dengan sistem reimbursement. Sistem ini mengharuskan pemegang polis mengeluarkan dana terlebih dahulu untuk biaya pengobatan. Biaya tersebut nantinya akan diganti oleh pihak perusahaan asuransi setelah pemegang polis mengisi formulir klaim serta melengkapi beberapa dokumen yang dipersyaratkan.

Jaringan Rumah Sakit yang Luas

Perihal jaringan rumah sakit yang dimiliki oleh perusahaan asuransi yang menjadi incaranmu juga tidak boleh luput dari perhatian. Jika kamu sudah punya rumah sakit langganan sebelumnya, hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk memilih perusahan asuransi kesehatan yang sudah bekerja sama dengan rumah sakit tersebut.

Namun, terlepas dari itu, jaringan rumah sakit yang luas merupakan fasilitas penting yang harus menjadi pertimbangan tatkala ingin membeli polis asuransi kesehatan rawat jalan. Keberadaan jaringan rumah sakit yang luas tentu akan sangat memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin berobat.

Asuransi kesehatan dengan jaringan rumah sakit yang sedikit bakal merepotkan kamu jika sewaktu-waktu kamu sakit dan butuh penanganan segera.

Pilih Asuransi Kesehatan dengan Plafon Tinggi

Sebelum mengambil keputusan untuk membeli produk asuransi kesehatan dari salah satu perusahaan, pastikan kamu sudah melakukan perbandingan terhadap beberapa perusahaan asuransi.

Pilihlah perusahaan asuransi yang menawarkan plafon besar, bahkan kalau bisa yang tanpa limit. Hal ini nantinya berpengaruh terhadap layanan yang bakal kamu dapatkan.

Asuransi kesehatan dengan fasilitas ini membuat kamu dapat berobat rawat jalan lebih leluasa tanpa memikirkan berapa biaya yang harus dikeluarkan per perawatan.

Hindari Membeli via Telepon

Kemajuan zaman memang membuat banyak hal dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Seperti halnya asuransi kesehatan, pembelian polis asuransi ini kini bahkan dapat dilakukan tanpa perlu bertatap muka antara calon nasabah dan pihak perusahaan asuransi. Dengan kata lain, pembelian polis asuransi kesehatan bisa dilakukan via telepon atau telemarketing.

Pembicaraan via telepon tentu saja dilakukan dengan banyaknya keterbatasan. Hal itu bisa saja membuat kamu melewati atau tidak dapat memahami beberapa detail info yang mungkin penting untuk proses ke depannya.

Daftar Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Terbaik 2020

Jaminan kesehatan terhadap pengobatan dengan jenis rawat jalan mungkin tidak menjadi prioritas bagi sebagian orang. Padahal, kalau dihitung-hitung, rawat jalan yang harus dilakukan dalam periode yang lama juga akan menelan biaya yang tidak sedikit.

Karena itu, asuransi kesehatan rawat jalan hadir sebagai solusi atas permasalahan finansial tersebut. Nah, buat kamu yang tengah mencari asuransi kesehatan rawat jalan terbaik, berikut ini rekomendasi yang bisa kamu jadikan pertimbangkan.

1. Allianz SmartMed Premier

ALLIANZ - Intip Daftar Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Terbaik 2020

SmartMed Premier merupakan produk asuransi kesehatan dari Allianz yang dapat kamu gunakan baik secara perorangan maupun keluarga.

Memberikan perlindungan secara komprehensif saat kamu ataupun keluarga mengalami masalah kesehatan, asuransi ini sudah menjangkau berbagai wilayah di seluruh dunia dengan total manfaat hingga Rp6 miliar per orang dalam setahun.

Menawarkan manfaat tambahan berupa rawat jalan, SmartMed Premier memberikan fasilitas medis kelas VIP di rumah sakit jaringan Allianz yang berada di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan lain-lain.

Tidak hanya rawat jalan dan rawat inap, SmartMed Premier juga menyediakan manfaat spesial, yaitu kemoterapi, hemodialisis, evakuasi medis dan pemulangan darurat, HIV/AIDS, serta biaya pemakaman.

Fasilitas-fasilitas tersebut semakin memudahkan kamu karena asuransi kesehatan ini bisa kamu klaim dengan sistem cashless di rumah sakit jaringan Allianz.

Namun, kamu tetap bisa melakukan pengobatan dan perawatan di luar jaringan Allianz. Hanya, klaim yang kamu ajukan akan diproses dengan sistem reimbursement.

Persyaratan dan tata cara pengajuan polis:

  • Usia masuk adalah 15 hari – 75 tahun. Khusus untuk manfaat persalinan berusia 16-45 tahun.
  • Melengkapi Formulir Aplikasi Asuransi Kesehatan Perorangan (FAAKP).
  • Menandatangani ilustrasi manfaat.
  • Fotokopi KTP/KITAS/KIMS yang masih berlaku.
  • Melengkapi dokumen yang diperlukan.
(Baca Juga: Syarat Mendapatkan Dana Beasiswa LPDP Full Scholarship)
2.  MiUltimate HealthCare Manulife

MANULIFE - Intip Daftar Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Terbaik 2020

Asuransi kesehatan rawat jalan selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipilih adalah MiUltimate HealthCare. Memberikan perlindungan terhadap permasalahan kesehatan, produk asuransi dari Manulife ini juga menawarkan manfaat rawat jalan kepada pemegang polis.

Selain itu, MiUltimate HealthCare memberikan limit tahunan jika pemegang polis menderita sakit yang kritis, seperti kanker, serangan jantung, gagal ginjal, atau transplantasi organ.

Sebagaimana SmartMed Premier dari Allianz, produk asuransi kesehatan dari Manulife ini juga bisa diklaim dengan sistem cashless. Meski begitu, MiUltimate HealthCare tetap menyediakan pilihan klaim dengan sistem reimbursement.

Persyaratan dan tata cara pengajuan polis:

  • Usia masuk untuk pasangan 18-70 tahun, untuk anak-anak 6 bulan – 17 tahun, dan untuk manfaat melahirkan berusia 20-43 tahun.
  • Mengisi formulir pengajuan asuransi MiUltimate HealthCare.
  • Fotokopi KTP/KITAS.
  • Melengkapi dokumen yang ditentukan.
3. Cigna Premium Health Protection

CIGNA - Intip Daftar Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Terbaik 2020

PT Asuransi Cigna turut hadir dalam memberikan akses perlindungan kesehatan lewat produk asuransi kesehatannya berjuluk Cigna Premium Health Protection. Asuransi dari Cigna ini menawarkan proteksi kesehatan yang komprehensif untuk kamu dan keluarga.

Berbagai manfaat yang bakal diberikan asuransi Cigna Premium Health Protection antara lain pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi penyakit sejak dini, rawat jalan yang juga mencakup konsultasi medis dan pemeriksaan diagnostik, rawat inap termasuk ICU dan pembedahan, serta pemulihan pasca rawat inap.

Cigna menjanjikan kemudahan bagi pemegang polis karena sudah dilengkapi dengan fasilitas klaim dengan sistem non-tunai atau cashless. Sistem klaim ini bisa kamu manfaatkan di lebih dari 800 rumah sakit jaringan Cigna di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Persyaratan dan tata cara pengajuan polis:

  • Usia masuk untuk pasangan 18-70 tahun, untuk anak-anak 6 bulan – 17 tahun.
  • Pemegang polis minimal berusia 21 tahun.
  • Mengisi formulir pengajuan asuransi Cigna Premium Health Protection.
  • Fotokopi KTP/KITAS.
  • Melengkapi dokumen yang ditentukan.

Nah, itu dia beberapa produk asuransi kesehatan rawat jalan yang bisa kamu pertimbangkan untuk melindungi kesehatanmu dan keluarga. Mengingat biaya pengobatan itu bisa menguras kantong, jangan ragu-ragu untuk memproteksi diri sejak dini ya.

Untuk pilihan asuransi kesehatan rawat inap atau jalan terbaik, kamu bisa membandingkan dan mengajukannya hanya di CekAja!

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.