Intip Keseruan Perayaan Hari Ibu di Berbagai Negara

3 min. membaca Oleh CekAja on

Di Indonesia, Hari Ibu dirayakan setiap tanggal 22 Desember, yang dimulai sejak 1983. Tepatnya setelah diadakannya Kongres Perempuan Indonsesia III di Bandung.

8 Hotel Murah untuk Keluarga di Kota Tuban, Di Bawah 300 Ribu

Hari Ibu di Indonesia, identik dengan diberikannya waktu kepada para ibu untuk istirahat dari segara rutinitas domestik mereka, termasuk memasak. Di berbagai negara, hari ibu juga dirayakan dengan berbagai cara pada waktu yang berbeda-beda.

  • Inggris

Hari Ibu di Inggris dikenal dengan istilah Mothering Sunday, dirayakan setiap pada hari Minggu tiga pekan sebelum Paskah yang biasanya jatuh antara pertengahan Maret dan awal April. Mothering Sunday menjadi momen berkumpul bagi ibu dengan anak-anaknya.

Biasanya, para perantauan akan pulang ke rumah untuk merayakan Hari Ibu. Selain itu, Hari Ibu di Inggris juga dirayakan dengan memberikan bunga, kartu ucapan, atau hadiah, bukan hanya kepada ibu kandung, tetapi kepada nenek, ibu tiri, juga ibu mertua. Hari ibu di Inggris dimulai sejak 1600-an dengan cara membuat kue almon atau yang lebih dikenal dengan nama simnel cake untuk para ibu.

  • India

Meski lama menjadi negara persemakmuran, merayakan hari ibu di India dan Inggris ternyata jauh berbeda. Hari Ibu di India dianggap sebagai hari di mana para anak akan mengenang jasa-jasa ibu mereka, dan tentu saja perayaannya harus secara besar-besaran.

(Baca juga: Persiapan Kelahiran Anak Pertama: 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli)

Diketahui hampir seluruh masyarakat India akan berpartisipasi dalam merayakan hari Ibu. Sebagai contoh di tiap kota di India biasanya akan banyak sekali restoran yang memberikan harga promo dan biasanya akan ada program-program spesial yang khusus disiapkan untuk hari Ibu. Hari ibu di India dirayakan setiap 10 Mei.

  • Meksiko

Sama dengan di India, Hari Ibu di Meksiko jatuh setiap 10 Mei dan juga sama meriahnya. Hari Ibu di Meksiko kerap kali disebut, Dia Des Las Madres dan sudah dilakukan sejak era kaum pagan.

Di hari itu, semua orang akan menyanyikan lagu Las Mananitas dari The Virgin untuk ibu masing-masing. Pada hari yang sama, Meksiko menyedikan makanan bagi seluruh Ibu. Momen ini disebut dengan tamale dan atole. Selain memberi bunga, anak-anak juga akan memberikan hadiah. Biasanya anak yang sudah tua dan bekerja memberikan hadiah yang paling mahal.

  • Perancis

Hari Ibu di Perancis dirayakan setiap tanggal 26 Mei. Peringatan ini dilakukan untuk menghormati para istri yang ditinggal gugur suaminya dalam Perang Dunia I. Dulu, beberapa walikota di Perancis menganugerahi medali khusus untuk para ibu terpilih.

Sedangkan untuk saat ini, Hari Ibu dirayakan dengan memberikan hadiah dan kue berbentuk bunga kepada ibu. Selain itu, para anak juga kerap menghidangkan makanan spesial saat makan malam untuk keluarga, serta menuliskan sebait puisi yang dipersembahkan khusus untuk sang ibu.

  • Nepal

Hari ibu di Nepal berasal dari tradisi Hindu kuno dan diberi nama Mata Tirhta Aunsi. Hari ini digunakan untuk merayakan para ibu yang masih hidup hingga yang sudah meninggal.

Untuk memperingati ibu yang sudah meninggal, tradisi Nepal melakukan ziarah ke kolam Mata Tirtha di dekat Kathmandu. Kolam yang lebih besar digunakan untuk mandi dan berdoa, sementara kolam kedua diyakini digunakan oleh arwah para ibu yang telah berpulang. Anak-anak memberikan ibu mereka hadiah dan makan-makanan manis.

  • Amerika Serikat

Hari Ibu di Amerika Serikat (AS) dan lebih dari 75 negara lain di dunia, jatuh pada hari Minggu pekan kedua bulan Mei. Tanggal tersebut ditetapkan sejak 1908, ketika seorang perempuan AS bernama Anna Jarvis mengadakan peringatan kematian ibunya di Grafton, West Virginia.

(Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua Jelang Hari Pertama Anak Masuk Sekolah)

Seiring waktu berjalan, Hari Ibu menjelma seperti Hari Natal yang amat dikomersialisasikan dengan pemberian hadiah, bunga, terutama bunga anyelir, kartu ucapan selamat, dan acara makan bersama keluarga. Tahun 2017 lalu bahkan orang Amerika tercatat menghabiskan US$23 miliar pada Hari Ibu.

Kalau kamu, sudah memberikan apa kepada Ibu kamu untuk perayaan Hari Ibu tahun ini? Menghadiahkannya asuransi juga tidak ada salahnya loh. Pilih dan ajukan asuransi terbaik bagi Ibu tersayang lewat CekAja.com.

Tentang kami

CekAja

CekAja