Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Intip Manfaat Chatbot untuk Bisnis yang Perlu Kamu Ketahui

by Kyla Damasha on 8 April, 2020

Apakah kamu tahu, sebenarnya apa sih manfaat dari chatbot untuk bisnis? Di era persaingan bisnis yang semakin ketat ini, memang banyak sekali pelaku usaha yang dituntut untuk bisa merangkai strategi yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan dengan efektif dan efisien, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi.

manfaat chatbot

Bagi yang belum tahu, chatbot merupakan sebuah teknologi komunikasi yang secara otomatis dapat melakukan percakapan antara user dengan mesin yang telah ditanami oleh kecerdasan buatan (Al).

Kemampuan Al mampu memberikan kecerdasan virtual terhadap chatbot sehingga dapat memberikan jawaban paling tepat untuk pertanyaan yang dilontarkan padanya, yang mana cara yang digunakan adalah dengan melalui keyword atau kata kunci.

Biasanya, chatbot sering kali digunakan oleh para pelaku usaha yang telah sukses dan memiliki pelanggan cukup banyak agar dapat tetap memberikan respon cepat terhadap setiap calon konsumen yang bertanya seputar produk atau jasa yang tengah dijual.

Di Cina sendiri, manfaat chatbot untuk bisnis dimulai pada tahun 2013 ketika pada saat itu aplikasi WeChat menjadi pelopor atas integrasi chatbot ke dalam aplikasi chatting.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, chatbot tidak hanya digunakan sebagai medium otomatis pesan antar individu saja, melainkan juga untuk para pelaku usaha untuk dapat menjangkau konsumen di lingkup yang lebih personal.

Bagi kamu yang saat ini tengah mengembangkan sebuah bisnis, tentu mengetahui manfaat chatbot untuk bisnis sangatlah perlu untuk dilakukan.

Agar di masa yang akan datang ketika bisnis yang sedang kamu jalani sudah berkembang dengan pesat, kamu sudah bisa dengan mudahnya beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada, seperti cara terbaik dalam memanfaatkan chatbot.

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang manfaat chatbot untuk bisnis yang mungkin perlu kamu ketahui.

(Baca Juga: Ini Pengertian Analisis SWOT dalam Marketing)
Manfaat Chatbot untuk Bisnis
1. Membantu Mengelola Prospek Bisnis

Bagi sebagian pelaku usaha, mengelola prospek bisnis bisa menjadi salah satu hal yang kompleks. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali yang harus dilakukan. Dan akan lebih rumit lagi apabila kamu melakukan semuanya seorang diri.

Nah, salah satu manfaat chatbot untuk bisnis ialah dengan membantumu dalam mengelola prospek usaha ini. Melalui chatbot kamu bisa mengajukan beberapa pertanyaan secara otomatis kepada pelanggan sekaligus mengetahui customer journey di dalam siklus penjualan.

Tak hanya itu, chatbot pun juga dapat membantumu dalam mengumpulkan berbagai informasi terkait bisnis dengan lebih efisien tanpa harus menyebarkan berlembar-lembar form pertanyaan yang tentunya akan menguras tenaga.

2. Mempermudah Promosi Produk

Manfaat chatbot untuk bisnis selanjutnya adalah yaitu mempermudah dalam melakukan promosi produk. Chatbot dapat melakukan interaksi dengan konsumen secara otomatis untuk membantu mereka dalam menemukan produk yang diinginkan.

Selain itu, chatbot bahkan juga bisa mengarahkan konsumen untuk membeli produk yang tengah kamu pasarkan lho. Lebih jauh lagi, kamu juga dapat menjalankan loyalty program hanya dengan menggunakan chatbot. Sangat menarik, bukan?

3. Sebagai Alat untuk Riset Pasar

Mungkin masih banyak yang belum menyadari bahwa chatbot ternyata juga bisa dijadikan sebagai alat dalam melakukan riset pasar. Kamu dapat mengumpulkan berbagai informasi terkait konsumen dengan sangat mudah dan efisien tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Ketika kamu melakukan riset pasar menggunakan chatbot, maka konsumen tidak perlu direpotkan dengan menjawab survey yang bisa memakan waktu lama.

(Baca Juga: 5 Kartu Kredit yang Cocok untuk Perjalanan Bisnis Anda)

Tidak hanya mencari tahu tentang produk seperti apa yang konsumen ingin beli, chatbot juga bisa membantumu dalam mengumpulkan informasi terkait alasan mengapa konsumen ingin membeli produk tersebut.

Di dalam hasil akhir, tim marketing bisa mengetahui pola konsumen dalam membeli produk-produk yang kamu jual. Manfaat chatbot untuk bisnis satu ini akan sangat membantu mu dalam mengembangkan bisnis secara signifikan.

4. Menjalin Hubungan Baik dengan Pengunjung Situs

Manfaat chatbot untuk bisnis yang terakhir adalah untuk bisa menjalin hubungan baik dengan pengunjung situs. Ketika seorang calon konsumen mengunjungi situs usaha kamu, maka jelas mereka akan mencari produk ataupun layanan yang mereka butuhkan.

Dan ketika mereka telah menemukannya, maka mereka bisa saja tidak akan pernah kembali, atau lebih buruknya lagi, beralih ke kompetitor bisnis kamu. Inilah yang seharusnya kamu cegah dan hindari dan salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan chatbot.

Yang perlu kamu lakukan adalah konfigurasi chatbot untuk dapat berbicara dengan konsumen melalui fitur live chat. Cara satu ini sudah cukup sering dilakukan oleh sebagian besar bisnis-bisnis untuk meringankan beban mereka.

Kelebihan Chatbot untuk Bisnis

Setelah kamu mengetahui tentang beberapa manfaat chatbot untuk bisnis, mungkin kamu juga ingin mengetahui apa kelebihan dari chatbot itu sendiri dan mengapa untuk saat ini, fitur chatbot sangat dibutuhkan dan membantu dalam menjalankan bisnis.

Nah, selain mempermudah meringankan pekerjaan para pelaku usaha, nyatanya chatbot juga memiliki beberapa kelebihan yang belum bisa kamu temukan dimanapun itu. Apa saja kelebihan dari chatbot untuk bisnis?

·   Pelayanan Bisnis 24 Jam

Kelebihan dan manfaat chatbot untuk bisnis yang pertama adalah kamu dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan selama 24 jam penuh. Hal tersebut dikarenakan, sistem chatbot tidak terpengaruh dengan jam kerja customer service yang biasanya hanya dilakukan dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore saja.

Dengan adanya chatbot, pelanggan dapat melakukan transaksi dan menghubungimu kapanpun dan dimanapun tanpa batas dan lelah. Banyak pelanggan yang lebih puas dengan pelayanan chatbot karena dianggap mampu memberikan jawaban yang baik dengan pemberian respons yang cepat.

Apabila sang konsumen telah merasa puas dengan pelayanan yang kamu berikan, maka tak menutup kemungkinan mereka akan kembali membeli produk yang kamu jual.

·   Respon Menjawab Pertanyaan Konsumen Lebih Cepat

Setiap konsumen tentunya ingin agar pertanyaan seputar informasi yang mereka butuhkan dijawab dengan cepat oleh kamu sebagai pemilik bisnis. Dan jika menggunakan customer service secara manual, terkadang kita justru sibuk mengurusi berbagai hal yang membuat pemberian respon menjadi lebih lambat.

Tanpa kita sadari, nyatanya respon yang lambat malah akan membuat konsumen pergi. Maka dari itu, chatbot dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan konsumen menjadi lebih cepat, bahkan hanya dalam waktu hitungan detik hingga menit saja.

·   Mempermudah Interaksi dengan Konsumen

Nah, kelebihan terakhir yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan chatbot adalah membuatmu menjadi lebih mudah dalam berinteraksi dengan konsumen. Sebuah bisnis akan cepat berkembang apabila kita sebagai pelaku usaha mampu berinteraksi secara baik dengan konsumen.

Namun, tentu interaksi yang baik juga perlu didukung dengan fasilitas yang baik pula, salah satunya yaitu dengan menggunakan chatbot. Ketika kita sudah menjalin interaksi yang baik dengan konsumen, maka mereka pun akan merasa nyaman ketika berbelanja, karena pertanyaan seputar informasi produk dapat dijawab dengan cepat.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda