Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Intip Manfaat Habbatussauda bagi Kesehatan Tubuh, Kulit dan Reproduksi

by Nadhillah Kusindriani on 23 Maret, 2020

Habbatussauda atau jintan hitam rasanya sudah dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Pasalnya banyak sekali manfaat habbatussauda yang diberikan, mulai dari menyembuhkan berbagai macam penyakit, menjaga kesehatan kulit hingga kesuburan reproduksi.

Habbatussauda

Habbatussauda juga memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, di antaranya yaitu protein, karbohidrat, kalsium, natrium, zat besi, hingga lemak sehat termasuk asam linoleat dan asam oleat.

Tidak hanya itu, masih banyak manfaat habbatussauda lainnya yang perlu kamu ketahui. Maka dari itu, pada kesempatan ini CekAja.com telah merangkum beberapa manfaat habbatussauda khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Apa Itu Habbatussauda?

Sebelum membahas jauh segudang manfaat habbatussauda, ada baiknya kamu ketahui dahulu apa itu habbatussauda atau jintan hitam itu sendiri. Sejatinya, habbatussauda merupakan tanaman obat yang berbentuk biji-bijian berwarna hitam.

Biji yang memiliki nama latin Nigella Sativa ini tidak hanya digunakan sebagai obat herbal saja, tetapi juga digunakan sebagai bumbu masakan atau hanya diambil ekstraknya saja. Namun sebelum digunakan, habbatussauda harus diolah terlebih dahulu.

Menariknya, seluruh bagian dari habbatussauda memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari biji, minyak hingga ekstraknya. Maka dari itu, tidak heran apabila habbatussauda atau jintan hitam ini sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu Timur Tengah, India dan Pakistan.

Namun tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, habbatussauda juga memiliki segudang manfaat lainnya, seperti untuk kesuburan reproduksi dan menyembuhkan segala penyakit.

(Baca Juga: Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Yang Mengejutkan)

Manfaat Habbatussauda

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui apa itu habbatussauda, kini saatnya kamu mengetahui segudang manfaatnya. Seperti yang disinggung sebelumnya, manfaat habbatussauda tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga meningkatkan kesuburan reproduksi dan menyembuhkan segala penyakit.

Untuk itu, di bawah ini sembilan manfaat habbatussauda yang terbagi ke dalam tiga kategori, di antaranya yaitu:

Untuk Menyembuhkan Segala Penyakit

Salah satu manfaat habbatussauda adalah untuk menyembuhkan segala penyakit, tiga di antaranya yaitu:

  • Mencegah Pertumbuhan Kanker

Habbatussauda nyatanya mampu mencegah pertumbuhan kanker. Sebab, ia memiliki efek anti kanker yang terkandung pada senyawa aktif bernama thymoquinone.

Efek yang terkandung pada thymoquinone tersebut sudah teruji di beberapa penelitian dengan hewan. Di mana, senyawa tersebut mampu mengurangi ukuran tumor ganas.

Tidak hanya itu, thymoquinone yang terkandung dalam habbatussauda juga mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker.

  • Mengobati Kolesterol Tinggi

Selanjutnya, habbatussauda juga memiliki manfaat untuk mengobati kolesterol tinggi. Meskipun tubuh memerlukan kandungan kolesterol, namun jika berlebihan maka akan memicu timbulnya berbagai macam penyakit, seperti jantung dan stroke.

Untuk menghindari penyakit semacam itu, kamu bisa mengkonsumsi habbatussauda atau jintan hitam. Sebab, jintan hitam mampu meningkatkan kadar kolesterol baik, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

  • Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Manfaat habbatussauda sebagai penyembuh segala penyakit yang terakhir adalah mampu mengobati tekanan darah tinggi. Manfaat habbatussauda yang satu ini juga sudah teruji pada sebuah studi berskala kecil.

Studi tersebut menunjukkan adanya penurunan tekanan darah pada subjek yang diteliti setelah delapan minggu mengonsumsi habbatussauda. Meski begitu, keamanan dan efektivitas habbatussauda ini belum diketahui secara klinis.

Untuk Kesuburan Reproduksi

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui apa saja manfaat habbatussauda untuk menyembuhkan segala penyakit, kini saatnya kamu mengetahui manfaat habbatussauda untuk kesuburan reproduksi, seperti:

  • Mencegah Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini pada laki-laki akan menghambat proses kehamilan wanita. Pasalnya, otot dan sistem pembuluh darah di area penis dan testis laki-laki kurang sehat. Hal tersebut yang nantinya membuat sel sperma tidak keluar dengan sempurna.

Selain itu, ejakulasi dini juga membuat penis laki-laki tidak dapat ereksi dengan kekuatan yang normal. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengonsumsi habbatussauda. Sebab, habbatussauda memiliki kandungan kalium yang dipercaya dapat mencegah laki-laki dari ejakulasi dini.

  • Menjaga Kesehatan Sel Sperma

Habbatussauda juga dapat menjaga kesehatan sel sperma. Sebab, sel sperma yang sehat dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Namun, terkadang laki-laki mengalami gangguan pada spermanya, seperti kualitas sperma yang sangat rendah hingga kelainan bentuk sperma. Maka dari itu, agar terhindar dari gangguan, kamu perlu mengonsumsi habbatussauda.

  • Memperkuat Otot-otot Sistem Reproduksi

Manfaat habbatussauda untuk kesuburan reproduksi yang terakhir adalah mampu memperkuat otot-otot pada sistem reproduksi. Kandungan kalium yang terdapat di habbatussauda dinilai mampu meningkatkan kerja otot.

Maka dari itu, habbatussauda menjadi salah satu bahan penting untuk meningkatkan sistem reproduksi laki-laki. Tidak hanya itu, habbatussauda juga memiliki efek baik bagi peredaran darah penis dan testis.

Untuk Kesehatan Kulit

Habbatussauda tidak hanya bermanfaat sebagai penyembuh segala penyakit dan penjaga kesuburan reproduksi, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Dan beberapa manfaat habbatussauda dalam menjaga kesehatan kulit di antaranya:

  • Mencegah Pertumbuhan Jerawat

Tumbuhnya jerawat tentu sangat mengganggu penampilan maupun rasa percaya diri. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, kamu bisa mencegah pertumbuhan jerawat dengan mengonsumsi habbatussauda.

Kamu bisa membuat ramuan minyak habbatussauda yang dicampur dengan jeruk nipis. Setelah itu, kamu bisa mengoleskannya dua kali sehari di kulit yang akan berjerawat.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencampurkan jintan hitam dengan madu atau pun minyak zaitun. Cara membuat ramuan yang satu ini sangat mudah,

Penggunaan habbatussauda dalam mencegah pertumbuhan jerawat disebut oleh beberapa penelitian sangat efektif. Karena habbatussauda memiliki sifat kuat dalam meredakan peradangan atau inflamasi.

  • Mengecilkan Pori-pori dan Kurangi Produksi Minyak

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan kulit yang selanjutnya adalah habbatussauda mampu mengecilkan pori-pori dan membantu mengurangi produksi minyak berlebih.

Seperti yang diketahui, kulit wajah tak jarang terkena paparan sinar matahari, debu atau pun polusi. Hal-hal tersebut nyatanya membantu meningkatkan produksi minyak pada wajah.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan habbatussauda. Sebab, habbatussauda mampu mengatasi external toxins dan polutan di wajah.

  • Peremajaan Kulit

Manfaat habbatussauda yang terakhir yaitu untuk meremajakan kulit. Pasalnya, setiap wanita pasti menginginkan kulit yang lembut, sehat dan kencang selalu. Namun nyatanya, jika menginjak usia 25 tahun ke atas, kulit wanita berkurang elastisitasnya.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan minyak habbatussauda sebagai salah satu cara untuk menjaga keremajaan kulit. Cara menggunakannya sangat mudah, kamu cukup mengoleskan minyak habbatussauda atau minyak jintan­­­ hitam ke kulit wajah mu.

Setelah itu, tutup wajah dengan handuk yang lembap selama 15 menit. Jika sudah selesai, bilas wajah mu dengan air hingga bersih. Kamu bisa melakukannya beberapa kali dalam seminggu. Dengan begitu, kulit wajah mu terjaga keremajaannya dan kerutan-kerutan yang muncul akan hilang.

Nah, kini kamu sudah tahu segudang manfaat habbatussauda bagi kesehatan. Tidak hanya kesehatan diri, tetapi juga untuk kesuburan reproduksi dan kesehatan kulit. Habbatussauda juga bisa kamu konsumsi sebagai obat herbal dan pilihan alternatif dari obat-obatan kimia.

Namun lebih dari itu, kamu juga harus menjaga kesehatan dan melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Kamu tidak perlu khawatir jika belum memiliki asuransi kesehatan. Sebab, kamu bisa mengajukannya dengan mudah dan cepat hanya di CekAja.com. Untuk itu tunggu apa lagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis