Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Segudang Manfaat Baby Oil untuk Wajah. Apa Saja?

by Nadhillah Kusindriani on 20 Februari, 2020

Siapa di antara kamu yang tidak mengetahui baby oil? Minyak khusus bayi ini, menjadi salah satu minyak andalan para ibu. Selain memiliki wangi yang sedap, baby oil juga memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah manfaat baby oil untuk wajah.

manfaat baby oil untuk wajah

Baby oil sering digunakan para ibu untuk melembapkan kulit, membersihkan kulit kepala bayi memijat dan membersihkan lipatan-lipatan yang ada pada kulit bayi, seperti lipatan di bagian telinga dan bokong.

Baby oil memiliki kandungan yang aman buat bayi. Sebab, baby oil terbuat dari minyak mineral alami yang tidak memiliki bau, tidak berwarna dan tidak mudah teroksidasi. Tidak hanya minyak mineral, baby oil juga memiliki kandungan minyak zaitun dan lidah buaya yang baik untuk kulit bayi.

Minyak mineral dalam kandungan baby oil ini, sebelum diproduksi sudah melewati proses penyulingan dan sudah dimurnikan. Maka dari itu, baby oil aman digunakan, tidak hanya untuk bayi, tetapi juga untuk kecantikan wajah.

(Baca Juga: Skin Care Brand Lokal Terbaik 2020)
Manfaat Baby Oil untuk Wajah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, baby oil tidak hanya berguna untuk membersihkan kulit kepala bayi saja, melainkan juga bermanfaat untuk kecantikan wajah. Di bawah ini CekAja.com telah merangkum 10 manfaat baby oil khusus untuk kamu. Yuk simak bersama-sama!

1. Membersihkan Makeup

Manfaat baby oil untuk wajah yang pertama adalah sebagai pembersih makeup. Karena seperti yang diketahui, membersihkan makeup setelah seharian beraktivitas menjadi hal krusial yang wajib dilakukan setiap perempuan.

Pasalnya, makeup yang masih tersisa di wajah, memungkinkan wajah menjadi berjerawat, kulit menjadi kering hingga penuaan dini. Untuk itu, baby oil bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan jika kamu tidak memiliki toner atau pembersih wajah lainnya.

Cara menggunakannya gampang, cukup tuangkan baby oil ke kapas kecantikan, lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah. Bersihkan secara menyeluruh hingga tidak terlihat sisa makeup yang menempel di kapas.

Hanya saja, kamu tidak bisa menggunakan baby oil untuk membersihkan makeup sehari-hari. Meski baby oil ampuh menghapus makeup waterproof, namun khasiat baby oil sebagai pembersih makeup mungkin tidak sebaik produk-produk pembersih makeup lainnya.

2. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat baby oil untuk wajah selanjutnya adalah sebagai pencegah penuaan dini. Di mana, penuaan dini tidak hanya disebabkan oleh faktor usia saja, melainkan juga disebabkan oleh paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet, polusi udara bahkan efek dari penggunaan makeup.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa baby oil berguna untuk melembapkan kulit. Sehingga jika menggunakannya secara rutin, wajah mu akan lebih kencang, terhindar dari flek-flek hitam, timbulnya keriput hingga penuaan dini.

Cara menggunakannya, kamu cukup mengoleskannya dengan rata secara konsisten ke seluruh permukaan wajah. Alangkah lebih baik, jika kamu mengoleskannya sembari memijat halus beberapa bagian wajah agar menjadi lebih rileks.

Memijat wajah dapat membuat kulit mu menjadi lebih halus dan elastis. Terlebih, baby oil dapat mengurangi penuaan dini jika dilakukan secara rutin dalam jangka waktu yang lama.

3. Mengurangi Dark Circle

Manfaat baby oil yang ketiga yaitu untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata atau dark circle. Menjadi salah satu musuh perempuan paling besar, dark circle sangat mengganggu penampilan sehari-hari.

Salah satu cara yang sering dilakukan oleh perempuan adalah menggunakan concealer. Padahal, kamu bisa memakai cara alami untuk mengurangi dark circle, salah satunya menggunakan baby oil, karena memiliki fungsi yang serupa dengan eye cream.

Caranya, kamu bisa langsung mengoleskannya di bagian bawah mata yang berwarna hitam dan memijatnya perlahan. Setelah selesai, bersihkan baby oil menggunakan tissue, kapas atau pun handuk. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakannya secara rutin.

4. Membuat Kulit Terlihat Lebih Glowing

Manfaat baby oil yang keempat yaitu dapat membuat kulit terlihat lebih glowing. Kamu tidak perlu lagi minum obat pencerah kulit atau membeli sejumlah produk-produk kecantikan dengan harga selangit untuk memiliki kulit glowing.

Kamu bisa menggunakan baby oil, dengan cara mengoleskannya ke wajah secara menyeluruh sebagai moisturizer sebelum menggunakan makeup. Dengan begitu, wajah kamu akan terlihat lebih berkilau dan glowing.

Cara ini juga pernah dilakukan oleh beberapa artis ternama, salah satunya Kim Kardashian. Artis yang satu ini menggunakan baby oil pada wajahnya agar terlihat lebih sehat, bercahaya dan glowing.

5. Sebagai Masker Wajah

Manfaat baby oil untuk wajah yang kelima yaitu bisa digunakan sebagai masker. Meski kini banyak sekali ragam masker wajah yang dijual dipasaran, namun tidak semua masker cocok dengan semua jenis kulit.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan baby oil sebagai masker. Caranya, kamu bisa langsung mengoleskan baby oil ke seluruh wajah atau mencampurkannya dengan masker favorit mu.

Baby oil tidak hanya mampu melembapkan wajah, tetapi juga menjaga elastisitas dan menenangkan kulit wajah yang meradang akibat jerawat.

6. Melembapkan Kulit

Manfaat baby oil untuk wajah yang satu ini tentu sudah diketahui semua orang. Pasalnya, menjaga kulit wajah agar selalu lembap bukan perkara yang mudah. Kamu perlu membeli beberapa produk pelembap wajah atau moisturizer untuk menjaga kulit wajah agar tetap ternutrisi.

Sementara, kamu bisa menggunakan baby oil sebagai moisturizer untuk melembapkan kulit wajah. Hal tersebut karena kandungan yang dimiliki baby oil ringan, sehingga cocok untuk semua jenis kulit, terlebih kulit sensitif.

Kamu bisa mengoleskannya secara tipis ke seluruh permukaan wajah saat siang dan malam hari. Hanya saja ketika siang hari, penggunaan baby oil harus dibarengi dengan sunscreen untuk melindungi kulit wajah mu dari paparan sinar UVA, UVB dan radikal bebas. Caranya, gunakan baby oil terlebih dahulu sebelum menggunakan sunscreen.

7. Mempercepat Pertumbuhan Alis

Manfaat baby oil untuk wajah yang ketujuh yaitu berguna untuk mempercepat pertumbuhan alis. Untuk kamu yang ingin memiliki alis tebal, baby oil bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara alternatif.

Meski manfaat baby oil untuk menumbuhkan alis belum teruji secara klinis, namun penggunaan baby oil untuk melembapkan rambut sudah terbukti.

Maka dari itu, dengan menggunakan baby oil, kamu tidak hanya membuat alis menjadi lebih lembap tetapi juga secara tidak langsung mempertebal alis.

8. Menghilangkan Komedo

Mampu menghilangkan komedo, menjadi salah satu manfaat baby oil untuk wajah. Hal tersebut karena baby oil memiliki kemampuan untuk mengeluarkan minyak yang tertimbun di dalam pori-pori serta mengangkat sel-sel kulit mati.

Baby oil sejatinya memiliki kandungan Vitamin E yang kaya akan nutrisi, serta pH normal yang mampu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi iritasi kulit.

Tidak hanya itu, Vitamin E pada baby oil juga dapat menghilangkan sisik pada kulit serta merangsang pembentukan jaringan kulit baru.

9. Perawatan Kulit Berjerawat

Manfaat baby oil untuk wajah yang kesembilan yaitu sebagai perawatan kulit berjerawat. Karena bersifat non-comedogenic, maka baby oil tidak akan menyumbat pori-pori wajah sehingga aman digunakan pada kulit berjerawat.

Namun biasanya, kulit berjerawat cenderung lebih berminyak. Maka dari itu, penggunaan baby oil pada wajah berjerawat disarankan tidak terlalu banyak dan terlalu sering agar wajah tidak terlihat mengkilap.

Tidak hanya itu, jerawat juga akan lebih mudah diangkat atau dikeluarkan jika sebelumnya kamu olesi baby oil terlebih dahulu.

(Baca Juga: Edan! Ini Ciri dan Bahaya Kosmetik Palsu yang Pernah Diingatkan Tasya Farasya)
10. Melembapkan Bibir

Menjaga kelembapan bibir menjadi salah satu manfaat baby oil. Meski manfaat baby oil untuk wajah sangat banyak, namun nyatanya baby oil juga berguna untuk melembapkan bibir agar terlihat semakin sehat.

Pasalnya, bibir mudah sekali kering dan pecah-pecah karena penggunaan lipstick yang tebal dan terlalu sering. Biasanya hal ini terjadi pada wanita-wanita dewasa yang setiap harinya menggunakan lipstick untuk beraktivitas.

Kamu bisa menggunakan baby oil untuk mengembalikan bibir sehat mu dengan cara mengoleskannya secara rutin setiap malam sebelum tidur. Dengan begitu, bibir mu secara perlahan akan kembali pulih dan sehat seperti semula.

Nah, 10 manfaat baby oil untuk wajah dan cara penggunaannya sudah kamu ketahui di atas. Bagaimana, sangat mudah bukan? Kini kamu bisa langsung menerapkannya dengan mudah di rumah.

Tidak hanya kulit wajah mu saja yang harus dijaga kesehatannya, kamu juga harus menjaga dan melindungi diri mu sendiri dengan asuransi kesehatan.

Kamu tidak perlu khawatir jika belum memiliki asuransi kesehatan. Langsung saja ajukan dengan mudah dan cepat di CekAja.com. Yuk, langsung ajukan!

Tentang Penulis