7 Investor Paling Sukses di Dunia, Yuk Intip Rahasianya!

Investor paling sukses di dunia memiliki kekayaan hingga ratusan juta dollar. Kesuksesan ini tentu saja diraih dengan proses panjang dan strategi investasi yang matang. Yuk, simak kisah perjalanan serta rahasia suksesnya berikut ini!

7 Investor Paling Sukses di Dunia, Yuk Intip Rahasianya!

Siapapun pasti ingin meraih kesuksesan dalam hidupnya, salah satunya dengan memiliki kekayaan yang cukup bahkan terbilang lebih. Maka dari itu, sejak dulu kita diajarkan untuk menabung.

Namun, di era kemajuan dunia ekonomi, kini edukasi mengenai pentingnya investasi juga semakin gencar dilakukan. Pemerintah maupun tokoh-tokoh motivator dalam bidang investasi mengajak banyak orang untuk mengembangkan harta yang dimilikinya.

Dengan begitu, nilai harta akan terus bertumbuh seiring dengan berjalannya waktu. Kamu jadi tak perlu khawatir nilai uang yang dimiliki di tabungan akan stagnan bahkan menurun akibat inflasi.

Dalam investasi, tidak ada istilah “uang nganggur” atau uang yang terendap dalam jumlah yang banyak, kemudian dibiarkan begitu saja dalam tabungan. Sebagian di antaranya harus kamu investasikan ke berbagai instrumen, seperti properti, saham, tanah, surat berharga, aset kripto, dan lain sebagainya.

Selain banyak menimba ilmu mengenai taktik dan strategi investasi, kamu juga bisa menelusuri cerita investor paling sukses di dunia sebagai inspirasi.

Berikut ini daftar investor paling sukses di dunia beserta rahasia kesuksesannya.

1. Warren Buffet

Investor paling sukses di dunia yang pertama adalah Warren Buffet. Nama pemilik perusahaan tekstil Berkshire Hathaway ini sudah tersohor sejak dulu sebagai investor di pasar saham, asuransi, dan menjalankan berbagai bisnis kelas dunia.

Dilansir dari Forbes, pria asal Amerika Serikat kelahiran tahun 1930 ini tercatat memiliki total kekayaan sebesar 100,6 miliar dollar pada April 2021 lalu. Angka ini menjadikannya sebagai orang terkaya nomor tujuh di dunia.

Jika melihat berbagai perusahaan yang diinvestasikan, rahasia kesuksesan Buffet tentu saja pada pemilihan perusahaan yang potensial dalam jangka panjang. Dirinya memilih investasi saham pada perusahaan makanan seperti The Coca Cola, restoran Dairy Queen, dan merk produk fashion Fruit of the Loom.

Serta perusahaan teknologi seperti Apple, perusahaan asuransi Geico, dan lembaga keuangan ternama dunia American Express.

(Baca Juga: Istilah-istilah dalam Dunia Investasi, Sudah Tahu Semua?)

2. Benjamin Graham

Benjamin Graham atau yang dikenal sebagai Ben Graham adalah seorang ahli keuangan asal Inggris. Dengan analisa yang tajam, Graham mampu menjadi salah satu investor paling sukses di dunia dan dijuluki sebagai “Father of value investing”.

Meskipun konon kekayaannya tidak seberapa, namun ilmu investasi dari Graham banyak menginspirasi banyak orang.

Menurut Warren Buffet, Grahamlebih berfokus melakukan investasi dengan metode murni, bukan hanya tergiur oleh keuntungan saja. Hal ini lah yang harus dilakukan para investor pemula. Jangan hanya ikut-ikutan menginvestasikan uang pada sebuah instrumen, tetapi pilihlah instrumen investasi yang sesuai denganmu.

Graham sendiri selalu menekankan pada para investor untuk melakukan analisa fundamental yang matang. Pilih perusahaan dengan neraca keuangan yang baik, memiliki sedikit hutang, keuntungan tahunan di atas rata-rata, dan cash flow yang cukup.

3. George Soros

Investor paling sukses di dunia yang selanjutnya adalah George Soros. Tercatat bahwa jumlah kekayaannya hingga Maret 2021 adalah sebesar 8,6 miliar dollar.

Pasar saham dipilih Soros sebagai tempatnya menginvestasikan harta yang dimiliki. Selain itu, dia juga memiliki sebuah perusahaan manajer investasi yang terkenal yakni Quantum Fund. Perusahaan ini dikenal sebagai manajer investasi berkualitas, yang selalu mengarahkan kliennya pada keuntungan investasi saham.

Soros memilih taktik investasi jangka pendek, dan penuh risiko. Untuk meniru strategi ini, kamu bisa mencoba trading saham.

4. Peter Lynch

Peter Lynch adalah seorang berkebangsaan Amerika Serikat yang memulai karir sebagai manajer di perusahaan manajer investasi. Dengan jam terbang tinggi dalam dunia investasi saham, kekayaannya terus tumbuh dan bertambah.

Ada beberapa hal yang menjadi rahasia kesuksesannya selama bermain saham. Ilmu ini hampir mirip seperti yang diyakini Soros.

Yakni pastikan untuk mengidentifikasi kondisi perusahaan yang ingin kamu beli sahamnya, pilih perusahaan dengan kondisi manajemen yang baik, selalu belajar dari kesalahan, dan kamu harus memiliki alasan jelas mengapa kamu memilih sebuah perusahaan untuk diinvestasikan.

(Baca Juga: 7 Tips Sukses Investasi di Usia Muda Agar Raih Cuan Dini)

5. Carl Icahn

Meskipun saat ini dikenal sebagai pebisnis dan investor paling sukses di dunia, tapi ternyata Icahn memulai karirnya sebagai pialang saham, lho.

Pria asal Amerika Serikat ini kemudian mendirikan sebuah perusahaan real estate bernama American Real Estate Partners yang berkembang menjadi Icahn Enterprise.

Banyak perusahaan yang sahamnya diinvestasikan oleh Icahn. Icahn nampaknya menyasar semua industri yang memiliki target konsumen menengah ke atas. Contohnya seperti Marvel Comics, Revlon, Fairmont Hotels, Samsonite, Philips Petroleum, dan lain sebagainya.

Dalam bursa saham Wall Street, Icahn dikenal sebagai investor yang gemar membeli saham dari perusahaan yang sebenarnya memiliki manajemen yang buruk, yang berarti nilai sahamnya terbilang murah.

Setelah membeli saham dalam jumlah yang besar hingga menempatkannya dalam posisi atau jabatan yang penting, barulah Icahn melakukan perubahan pengelolaan manajemen hingga perusahaan itu mengalami kenaikan nilai saham.

6. Alisher Usmanov

Investor paling sukses di dunia ini berasal dari Rusia. Nama Usmanov sudah tak asing lagi dalam jajaran daftar orang terkaya di Negeri Beruang Putih itu. Dilansir dari Forbes, total kekayaannya diperkirakan sekitar 18,5 miliar dollar.

Usmanov menyangsang perusahaan yang bergerak di bidang teknologi untuk diinvestasikan. Dia memiliki saham di media sosial dengan jumlah pengguna yang banyak yakni Facebook, marketplace terkenal seperti Alibaba, hingga perusahaan operator seluler dan internet di Rusia.

Strategi investasi ini memang masuk akal, mengingat saat ini industri teknologi informasi berkembang pesat. Kebutuhan akan produk industri ini terbilang selalu ada. Kemajuan itu membuat para investor tertarik membeli sahamnya.

7. John Templeton

Investor paling sukses di dunia yang terakhir adalah John Templeton asal Amerika Serikat. Dia memiliki taktik yang tidak biasa untuk meraih keuntungan dalam bermain saham.

Templeton mengadopsi taktik diversifikasi investasi. Dimana dia biasanya membeli saham-saham dengan harga murah.

Kemudian ketika dalam beberapa tahun perusahaan itu bangkrut, maka semua portofolionya dijual dengan nilai yang bertambah karena adanya inflasi. Sungguh taktik yang tricky, bukan?

Itulah daftar investor paling sukses di dunia beserta rahasia dan strateginya dalam berinvestasi. Ilmu dari tokoh mana nih yang akan kamu terapkan untuk meraih kesuksesan?

Apapun pilihan instrumen investasimu, pastikan kamu memiliki tubuh yang sehat sehingga bisa terus produktif. Lindungi kesehatan diri dengan memiliki asuransi kesehatan yang bisa diajukan di CekAja.com.

CekAja.com akan membantumu memilih produk asuransi dari lembaga terpercaya dan pastinya sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pengajuan asuransi kesehatan dijamin mudah dan cepat, karena hanya melalui sistem online dengan mengisi formulir pengajuan dan membayar premi bulan pertama. Sehingga kamu tak perlu lagi repot-repot mendatangi kantor cabang perusahaan penyedia asuransi.

Ayo, segera ajukan asuransi kesehatan via CekAja.com untuk memberikan proteksi lebih di masa pandemi ini.