Bagikan Goodie Bag Senilai 2 Miliar, Simak Fakta Tak Terlupakan Oscar 2020

4 min. membaca Oleh CekAja on

Beberapa hari lalu, Academy Awards ke-92 telah sukses digelar. Sejak diadakan pertama kali tahun 1929, ajang penghargaan perfilman tertinggi di dunia ini menampilkan kejutan-kejutan yang berbeda setiap tahunnya. Mulai dari konsep acara, kostum para tamu, serta para penampil yang turut memeriahkan acara tahunan tersebut. Simak 9 fakta Oscar 2020 selengkapnya di sini!

fakta Oscar 2020

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Oscar 2020 diselenggarakan dengan megah di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (9/2). Uniknya, acara ini kembali dilangsungkan tanpa pembawa acara sejak Kevin Hart mundur sebagai host Piala Oscar 2019.

Piala Oscar menjadi ajang luar biasa yang paling dinanti bagi sineas perfilman dunia. Mau tahu keseruannya bagaimana, berikut fakta-fakta mengejutkan di panggung Oscar 2020 yang wajib kamu ketahui:

1. Butuh 900 jam untuk pasang Karpet Merah

Persiapan Oscar 2020 ini tak main-main, ternyata untuk memasang karpet merah  dalam penghargaan tersebut dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Waktu yang dihabiskan untuk pemasangan red carpet khas acara-acara bergengsi ini adalah 900 jam, dengan melibatkan 18 orang pekerja.

Selain pemasangan yang sangat lama, karpet sepanjang 50.000 kaki persegi itu harganya juga mencapai USD 25.000 atau setara dengan Rp338 juta. Agar tak rusak, panitia penyelenggara pun menyewa pengawal yang khusus mengawasi red carpet selama acara berlangsung.

2. Oscar 2020 habiskan dana 601 Miliar

Ajang penghargaan film yang bermarkas di Hollywood ini selalu digelar dengan sangat mewah dan megah. Tak heran,  Oscar 2020  menghabiskan budget hingga USD44 juta  atau setara dengan Rp601 miliar. Biaya yang dikeluarkan itu sudah termasuk sesi makan siang, penghargaan gubernur, goodie bag untuk tamu, dan lain sebagainya.

3. Isi Goodie Bag Oscar 2020 sekitar 148.000

Dari tahun ke tahun, acara ini juga tak pernah absen memberikan goodie bag sebagai hantaran untuk para hadirin termasuk artis-artis di Oscar 2020. Isi goodie bag diketahui memiliki nilai sekitar USD 148.000 atau setara dengan Rp2 miliar.

Goodie bag tersebut berisi voucher pesiar 12 hari di Scenic Eclipse, kapal pesiar mewah untuk 220 tamu dengan butler service, dua helikopter, dan spa. Adapun destinasi pelayarannya yaitu Antartika dan Mediterania. Bagi mereka yang tertantang adrenalin, juga bisa menikmati perjalanan dengan kapal selam yang mampu menyelam hingga 1,000 kaki.

4. Billie Ellish menjadi penampil termuda

Tak hanya itu, kemunculan Billie Eilish di atas panggung menjadi salah satu penampil termuda sepanjang sejarah perayaan Oscars. Setelah memenangkan Grammy Awards beberapa waktu lalu, bagi Billie Ellish, penampilan di panggung Academy Awards ini jadi penampilan perdana di layar kaca. Bersama Finneas Ellish membawakan lagu Yesterday dari The Beatles.

5. Billy Porter tampil dengan gaun emas 24 karat

Jika sebelumnya Billy Porter mengenakan kostum dengan penutup kepala yang unik di ajang penghargaan Golden Globe Award, kini ia tampil mendominasi red carpet  karena gaun yang digunakannya.

Porter mengenakan atasan berbulu dengan taburan emas 24 karat, serta  bawahan rok bermotif abstrak. Gaun tersebut  dirancang oleh desainer Giles Dacon. Aktor yang populer lewat serial Pose itu juga melengkapi gaya glamornya dengan beragam aksesoris seperti cincin, anting, gelang, dan pouch bernuansa gold.

6. Parasite raih film terbaik

Film Parasite berhasil mengukir sejarah baru sebagai film pertama dari Asia, khususnya Korea Selatan yang masuk dalam kategori Best Picture. Sang director, Bong Joon Hoo pun berhasil mencetak rekor serupa dengan menjadi sutradara pertama yang memenangkan penghargaan bergengsi Best Original Screenplay dan Directing dalam satu film.

Berkat segala keunggulan dari berbagai aspek yang dimiliki,  film produksi Barunson E&A Corp ini akhirnya mampu menaklukkan panggung Oscar 2020 dengan membawa pulang empat piala. Di antaranya adalah kategori Best Picture, Best Original Screenplay dan Best Director. 

 7. Film Joker dapat nominasi terbanyak

Masih seputar film, Joker juga menorehkan fakta mengejutkan dengan  raihan nominasi terbanyak tahun ini. Film garapan Todd Phillips itu mendapatkan 11 nominasi di Oscars 2020. Namun sangat disayangkan, film tersebut hanya mampu memboyong 2 piala, yakni Best Actor atas akting apik Joaquin Phoenix sebagai Arthur Fleck alias Joker, serta Best Original Score yang dibuat Hildur Guðnadóttir, seorang komposer berusia 37 tahun asal Islandia.

(Baca Juga: Mengintip Kekayaan Joaquin Phoenix, Joker yang Tajir Melintir)

8. Penghormatan untuk Kobe Bryant

Oscar 2020 juga tak lupa memberikan penghormatan untuk mendiang Kobe Bryant. Sang legenda menjadi orang pertama yang ditampilkan dalam segmen “Memoriam” tahunan di akhir acara. Sutradara kondang Spike Lee juga memberikan penghormatan untuknya, dengan mengenakan setelan ungu dan emas khusus yang dihiasi  nomor punggung “Bryant 24”.

Academy Awards memberikan tribut untuk Kobe Bryant karena juga ia tercatat pernah menjadi atlet pertama yang berhasil menyabet Piala Oscar.  Ia menang lewat garapan film animasi pendek berjudul ‘Dear Basketball’, dua tahun silam. Maka pada foto yang terpampang di layar, eks pemain LA Lakers itu nampak sedang memegang piala dengan titel bertuliskan atlet dan produser.

9. Dimeriahkan rapper Eminem

Tak banyak yang menduga bahwa panggung Oscar 2020 akan kehadiran rapper Eminem. Musisi 47 tahun ini mencuri perhatian banyak tamu, dengan mengenakan outter dan topi berwarna senada, Eminem membawakan Lose Yourself dan 8 Mile, dua lagu tersebut adalah yang juga membawanya meraih Oscars 2002.

Setiap tahunnya, Academy Awards memang selalu menyimpan cerita mengesankan.  Dengan adanya ajang penghargaan digelar setiap tahun tersebut, Piala Oscar diharapkan bisamenjadi motivasi para sineas internasional untuk terus menciptakan karya-karya terbaiknya.

(Baca Juga: Oscar 2020: ‘Parasite’ Ukir Sejarah Baru, Joaquin Phoenix Menang Pertama Kalinya)

Tentang kami

CekAja

CekAja