Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Istilah dalam Asuransi yang Harus Diketahui Bila Tidak Mau Rugi

by Surtan Siahaan on 30 Juli, 2017

penyakit mematikan _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Salah satu hal yang sering kurang dipahami nasabah adalah istilah-istilah dalam asuransi.

Padahal, dengan memahaminya, nasabah bisa lebih dimudahkan ketika memilih produk asuransi terbaik yang paling sesuai kebutuhannya hingga saat mengajukan klaim. Memahami istilah dalam asuransi juga bisa menghindarkan nasabah dari kerugian finansial.

Agar lebih mudah memahami penjelasan ini, berikut contoh kasus yang terkadang terjadi;

Dalam satu waktu, A adalah nasabah asuransi kesehatan perusahaan B. Saat memutuskan untuk membeli polis tersebut, A tidak mendengarkan penjelasan agen perusahaan B mengenai polis asuransi tersebut.

Nasabah tersebut juga tidak membaca ulang polis sebelum menandatanganinya. Kemudian, 15 hari setelah polis aktif nasabah jatuh sakit dan mendapat perawatan kesehatan di rumah sakit.

Saat akan mengajukan klaim, perusahaan asuransi menolak karena nasabah masih dalam periode grace periode alias masa tunggu. Meski sudah mengajukan protes, nasabah yang tidak mengetahui arti istilah tersebut tetap tidak memperoleh manfaat asuransi miliknya.

Sekarang, kita sudah tahu seberapa penting memahami istilah dalam asuransi? Nah, agar tidak mengalami kerugian finansial seperti contoh kasus di atas, berikut daftar istilah penting yang harus dikuasai:

Health Insurance (asuransi kesehatan)

Asuransi ini memberikan manfaat berupa pembayaran biaya kesehatan bagi tertanggung yang harus menjalani perawatan kesehatan baik itu rawat jalan maupun rawat inap.

Loss Insurance (asuransi kerugian)

Asuransi ini memberikan manfaat berupa biaya penggantian atas kerugian, kerusakan, atau hilangnya keuntungan atas harta benda, kepentingan keuangan atau tanggung-jawab hukum kepada pihak ketiga yang disebabkan suatu peristiwa yang dialami tertanggung.

Life Insurance (asuransi jiwa)

Asuransi ini memberikan manfaat berupa sejumlah uang atas kerugian finansial yang dialami seseorang akibat kematian atau cacat yang dialami seorang tertanggung.

Klaim

Pengertian dalam dunia asuransi, klaim merupakan pengajuan manfaat asuransi atas kerugian yang diderita tertanggung terhadap hal yang dipertanggungkannya (orang maupun benda) dan disebabkan oleh risiko yang disebutkan di dalam polis.

Polis

Surat yang berisi poin-poin kesepakatan antara pihak tertanggung dan perusahaan asuransi selaku pihak penanggung yang berkaitan dengan risiko yang diperjanjikan kedua belah pihah untuk ditanggung.

Premi

Iuran yang harus dibayarkan pihak tertanggung kepada perusahaan asuransi selaku pihak penanggung agar mendapat perlindungan atas objek yang dipertanggungkan

Klausula

Klausula merupakan bagian dari polis atau tambahan yang dilekatkan pada polis berkaitan dengan masalah tertentu dalam perjanjian asuransi.

Grace Period (masa tunggu)

Grace periode merupakan periode di mana polis asuransi telah aktif meski pihak tertanggung belum bisa mengajukan klaim manfaat. Biasanya, grace period berkisar antara 30 hari hingga 60 hari setelah polis disetujui. Namun, kebijakan masing-masing perusahaan asuransi berbeda. Untuk itu pastikan lebih lanjut mengenai masa tunggu asuransi dengan agen asuransi.

Policy Lapse (polis lewat waktu)

Periode setelah premi jatuh tempo dan tidak dibayarkan oleh tertanggung. Pada masa ini pihak tertanggung tidak dapat melakukan klaim manfaat asuransi.

Rider (manfaat tambahan)

Rider adalah manfaat tambahan yang bisa dilekatkan pada asuransi jiwa. Jenis asuransi jiwa menyeluruh atau whole life plan dapat ditambahkan sejumlah manfaat seperti asuransi kesehatan atau asuransi kecelakaan murni. Dengan tambahan rider, pihak tertanggung harus menambah pembayaran nilai premi.

Underwriter

Dalam dunia asuransi, underwriter adalah seorang ahli yang bertugas melakukan penelitian dan penilaian atas sejumlah risiko pemegang polis sehingga menentukan pengajuan polis calon nasabah dapat diterima atau justru ditolak.

Law of The Large Numbers

Sebuah Analisa menggunakan data statistik menggunakan konsep hukum bilangan besar yang dapat mengungkapkan sebesar apa persentase segala kemungkinan yang dapat terjadi pada pemegang polis.

Lapse (masa efektif polis berhenti)

Masa ketika polis berhenti karena pihak tertanggung tidak membayarkan premi yang menjadi kewajibannya hingga melampaui masa tenggang.

Widget TRV Insurance

Memahami polis asuransi bisa membuat kita mendapat 3 keuntungan ini:
1. Terhindar dari salah beli

Sebelum menandatangani polis dan membayar premi untuk kali pertama, usahakan untuk memahami polis asuransi yang kita ajukan. Tujuannya untuk mencegah salah beli. Sebab, ada beberapa asuransi yang mirip manfaatnya namun menimbulkan konsekuensi yang berbeda bagi nasabahnya. Contohnya, A berkeinginan membeli asuransi kesehatan murni.

Dia pun meminta bantuan pada B, temannya, yang juga berprofesi sebagai agen asuransi unit link. Karena tidak memahami perbedaannya, dia pun setuju untuk mendaftar unit link dengan rider asuransi kesehatan. Padahal, unit link adalah asuransi berbalut investasi yang memungkinkan dana nasabah berkurang maupun bertambah karena perkembangan pasar.

2. Memudahkan kita mengajukan klaim

Dalam polis asuransi, perusahaan selaku pihak penanggung juga memberi penjelasan mengenai cara klaim asuransi berikut persyaratan yang harus disiapkan untuk klaim. Namun, banyak nasabah yang malas membaca polis dengan jumlah halaman yang cukup banyak. Akibatnya, ketika mengajukan klaim nasabah melakukan kesalahan yang membuat perusahaan asuransi tidak menyetujui klaim.

3. Terhindar dari penipuan

Agen asuransi merupakan karyawan perusahaan asuransi yang bertugas sebagai pemasar produk asuransi sekaligus orang yang mengedukasi calon nasabah. Namun, ada kalanya agen asuransi lebih berorientasi pada pencapaian target nasabah dibandingkan melakukan edukasi yang membutuhkan banyak waktu dan usaha.

Untuk mencegah penipuan yang dilakukan oknum agen, sudah sepatutnya nasabah mempelajari lagi isi polis. Sebab, seluruh hal yang harus diketahui nasabah sebenarnya tercantum dalam polis yang dipegangnya.

Tujuannya, agar orang lebih paham mengenai produk asuransi sehingga tidak kesulitan ketika mengajukan manfaat dari asuransi yang dimilikinya.

Pilih dan dapatkan asuransi mobil dari Asuransi ABDA di sini.

Tentang Penulis