Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Istilah yang Wajib Kamu Pahami Sebelum Mengajukan KPR

by Tisyrin N. T on 17 Februari, 2017

cara mengajukan kpr_kredit rumah - CekAja.com

Bagi kalian yang baru saja berkeluarga, memiliki rumah tentu merupakan impian. Sayangnya, tak semua pasangan punya tabungan cukup untuk membeli rumah secara tunai atau membangun rumah sendiri. Untuk itu, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi solusi.

Sebelum memutuskan memanfaatkan fasilitas KPR, ada baiknya memahami terlebih dahulu istilah-istilah penting agar lebih nyambung saat berhubungan dengan pihak developer (pengembang) maupun bank. Berikut ini beberapa istilah yang musti kamu pahami sebelum mengajukan produk KPR.

Joint income

Pasangan suami istri bisa mengajukan KPR dengan joint income, artinya menggabungkan penghasilan mereka sebagai bahan pertimbangan bagi pihak bank. Dengan joint income, kemungkinan bank untuk menyetujui KPR akan lebih besar.

Booking fee

Jangan terkejut ketika pengembang meminta sejumlah uang saat kamu sudah merasa cocok dengan rumah yang mereka tawarkan. Ya, pengembang akan meminta tanda jadi alias booking fee. Booking fee berfungsi untuk ‘mengikat’ agar rumahmu tidak dibeli pihak lain.

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

DP

Kamu harus paham istilah yang satu ini. Setelah membayar booking fee, kamu akan diberi waktu untuk membayar kewajibanmu selanjutnya yaitu down payment (DP) alias uang muka. Dengan membayar DP, menandakan kamu benar-benar serius membeli rumah.

BI checking

BI checking merupakan data Bank Indonesia (BI) yang dapat memperlihatkan riwayat kredit seseorang. Dengan adanya BI checking, bank penyalur KPR dapat menilai kelayakanmu. Pengajuan KPR bisa ditolak jika kamu pernah bermasalah atau menunggak pembayaran kredit sebelumnya.

Biaya KPR

Selain membayar booking fee dan DP, kamu juga harus membayar biaya KPR. Biaya KPR terdiri dari biaya untuk notaris, pajak, administrasi, biaya provisi, hingga asuransi.

Akad

Akad artinya perjanjian atau persetujuan. Setiap orang yang  mengajukan KPR, pasti akan melewati proses akad. Jika sudah akad, artinya kamu sudah harus siap untuk membayar angsuran rumah.

Plafond kredit

Plafond kredit merupakan besar kredit yang dikucurkan oleh bank.

Appraisal

Bank akan melakukan penilaian terhadap harga rumah. Proses ini akan berlangsung jika kamu mengajukan KPR rumah bekas, atau rumah baru dari pengembang yang tidak kerja sama dengan bank tempat kamu mengajukan KPR.

Buy back guarantee

Developer menjamin akan membeli kembali rumah jika pembangunan tidak tepat waktu.

(Baca juga: Ini Tandanya Mobil Kamu Harus Segera dibawa ke Bengkel)

Credit committee

Pihak dari bank yang akan melakukan penilaian aplikasi KPR. Mereka yang akan menentukan apakah aplikasimu ditolak atau tidak.

Personal discussion

Personal discussion adalah proses tanya jawab antara bank dan pihak yang mengajukan KPR.

Ajukan kredit pemilikan rumah bunga murah di sini

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami