Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Isu Keuangan Penting Berdasarkan Fase-fase yang Kamu Lewati dalam Hidup

by Tisyrin N. T on 13 Januari, 2017

Manusia harus melewati berbagai fase dalam kehidupannya. Terkait finansial, setiap fase punya isu tersendiri yang harus menjadi perhatian. Jika setiap isu tertangani dengan baik, seseorang bisa memperoleh kesejahteraan finansial.

Namun, tak setiap orang menyadari tentang isu keuangan penting pada setiap fase tersebut. Misalnya saja, tak sedikit masyarakat Indonesia yang mengandalkan anaknya di masa tua. Tak setiap orang benar-benar sadar untuk mempersiapkan masa pensiun.

Berikut ini siklus kehidupan manusia dan isu keuangan penting di setiap fase seperti yang dipaparkan dalam buku Make Your Own Plan! karya Perencana Keuangan Pandji Harsanto dan Diana Sandjaja.

Fase anak-anak

Fase ini dimulai sejak manusia dalam kandungan hingga lulus sekolah atau kuliah. Pada fase ini, kamu masih menjadi tanggungan orangtua. Pendanaan pendidikan menjadi isu krusial pada fase ini. Pendidikan yang layak akan membantu seseorang mengubah perekonomiannya.

Fase lajang

Pada fase ini kamu sudah bisa menghidupi diri sendiri. Berbagai kebutuhan muncul mulai dari menikah, membeli rumah, hingga melanjutkan pendidikan. Kamu juga mulai merasakan godaan berutang untuk hal-hal konsumtif. Oleh karena itu, kamu harus membekali diri dengan kesadaran finansial yang cukup.

Fase awal pernikahan

Memasuki fase awal pernikahan, kamu tidak hanya bertanggung jawab pada diri sendiri tetapi juga anggota keluarga kecil yang baru kamu bangun. Proteksi diri alias asuransi perlu menjadi perhatian. Selain itu, mulailah mempersiapkan dana hari tua, dana pendidikan anak dan lainnya.

Fase tua awal

Memasuki usia 45 tahun, kondisi keuangan diharapkan sudah stabil, misalnya ditandai dengan memiliki aset. Isu keuangan yang penting adalah menyiapkan pensiun lebih detail, dana kesehatan hari tua, dan memikirkan strategi untuk passive income. Memikirkan strategi passive income juga dapat dimulai lebih awal. (Baca juga: 5 Pelajaran Penting Agar Tidak Miskin Ketika Pensiun)

Fase pensiun

Pensiun berarti harus menerima perubahan pendapatan. Ketika uang pensiun  tak sebesar gaji bulanan saat masih aktif bekerja, kamu pun harus menyesuaikan gaya hidup. Selain itu, perlu juga memikirkan aktivitas di masa pensiun.

Daftar produk asuransi kesehatan terbaik di Indonesia di sini

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami