Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Jack Ma Pensiun Dini Hari Ini! Apa Kabar Alibaba?

by Gito on 10 September, 2019

Bos Alibaba, Jack Ma hari ini secara resmi mundur dari kursi kepemimpinan Alibaba Group. Pernah menduduki peringkat teratas orang terkaya di China, ternyata tidak juga membuat Jack Ma betah untuk berlama-lama menikmati kebanggaan tersebut.

jack ma _ investasi - CekAja.com

Tongkat estafet kepemimpinan raksasa E-Commerce akhirnya diberikan ke Daniel Zhang, orang kepercayaan sang Guru Ma.

Tahun ini, Ma menginjak usia 55 tahun. Jumlah kekayaan yang sudah dikumpulkan selama dia bekerja tidaklah sedikit. Melansir data Forbes, nilai kekayaan bersih Ma mencapai 38,4 miliar dolar AS.

Tidak ada yang bisa menduga roda kehidupan akan berputar seperti apa. 20 tahun lalu Ma hanyalah guru bahasa inggris yang baru menjajal internet, tetapi sekarang, lihatlah Jack Ma, sosoknya seperti “sesembahan” yang diagungkan oleh banyak orang, terutama bagi orang China.

Keputusannya untuk mengakhiri karir di perusahaan yang dirintisnya juga merupakan hal yang unik. Hampir tidak ada pendiri di raksasa teknologi yang memutuskan untuk melakukan pensiun dini.

Pesta pensiunnya dikabarkan bakal dilaksanakan di pusat olahraga olimpiade Hangzhou, China. Tempat yang juga akan menjadi ajang Asean Games pada 2022 mendatang itu bakal dipenuhi oleh puluhan ribu orang yang akan menyaksikan ragam tayangan menarik untuk melepas karir Ma.

Lalu apa yang akan dilakukan Ma pasca pensiun ? Pada tahun lalu, dirinya sempat berucap bahwa setelah pensiun dia akan mendedikasikan hidupnya untuk mengembangkan Yayasan pendidikan yang sudah dirintisnya 4 tahun lalu, The Jack Ma Foundation.

Organisasi nirlaba itu bertujuan untuk membangun sistem pendidikan di China menjadi lebih baik lagi. Jumlah dana yang sudah dikucurkan juga tidak tanggung-tanggung, tahun 2018 Jack Ma Foundation menggelontorkan dana senilai 45 juta dolar AS untuk pelatihan guru selama satu dekade.

Melalui pembangunan pendidikan diharapkan dapat mengakhiri kemiskinan yang ada di suatu daerah. Ma juga sempat bertutur bahwa dia ingin kembali menggeluti dunia karirnya dulu sebagai Guru.

(Baca juga: Raup 14 Triliun Dolar Dalam Sehari, Kisah Sukses Jack Ma bersama Alibaba pada Hari Jomblo di China)
Bagaimana Alibaba

Dipilihnya Daniel Zhang sebagai orang nomor satu di Alibaba Group bukanlah tanpa alasan. Menurut Ma, Zhang dikatakan Ma merupakan pribadi yang memiliki logika dan ketrampilan berpikir kritis dari super komputer.

Zhang juga dinilai memiliki keberanian untuk mengadopsi model bisnis dan industri yang inovatif dari masa depan. Alibaba dibawah kepemimpinan Jack Ma sukses bertumbuh menjadi raksasa perusahaan teknologi di Asia.

Kapitalisasi pasarnya mampu menembus angka 460 miliar dolar AS dengan jumlah pekerja lebih dari 100 ribu orang. Tetapi jangan lupa, dibawah Jack Ma juga muncul pernyataan kontroversial dimana perusahaan teknologi disarankan untuk memperkerjakan karyawanya pada malam hari dan juga akhir pekan.

Ditengah derasnya pandangan bahwa kualitas hubungan di rumah ikut mendorong kualitas pekerjaan, Ma malah mengeluarkan statement yang justru membuat karyawannya lebih banyak meluangkan waktu untuk bekerja.

(Baca juga: Belajar Kaya Raya dari Jack Ma, Si Manusia Rp500 Triliun)
Pendapatan 16,74 miliar dolar AS

Hingga paruh pertama tahun ini, Alibaba sukses membukukan kinerja yang moncer. Tercatat pendapatan perusahaan mencapai 16,74 miliar dolar AS atau sekitar Rp237,7 triliun.

Jumlah itu meningkat 42 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Sektor e-commerce masih menjadi primadona dalam capaian kinerja perusahaan, tercatat sekitar 14,5 miliar dolar AS berhasil didatangkan dari sektor bisnis tersebut.

Sumbangan kedua pendapatan perusahaan dihasilkan dari bisnis komputasi awan atau cloud yang menghasilkan pemasukan 1,1 milia dolar AS.

Sementara pilar pendapatan perusahaan lainnya yang juga menyumbang banyak pendapatan adalah media digital dan juga hiburan yang sebanyak 920 juta dolar AS.

Dengan kemampuan Alibaba sekarang, perusahaan bakal terus melakukan ekspansi di bidang kecerdasan buatan dan juga layanan keuangan.

(Baca juga: Miliarder Jack Ma Minta Karyawannya Kerja 12 Jam Sehari)
Bagaimana Pensiun Kamu?

Jack Ma tentu bakal tenang menjalani masa pensiunnya. Dengan kekayaan bersih yang mencapai puluhan miliar dolar AS atau setara dengan ratusan triliun rupiah sudah terbayang kehidupan macam apa yang akan dijalankan Guru Ma usai masa kerjanya.

Nah bagaimana dengan persiapan masa pensiun kamu. Kalau kamu mau tua kaya raya seperti Jack Ma, maka usahamu juga harus seperti Jack Ma. Kurangi gaya hidup konsumtif dan mulailah hal yang produktif.

Mungkin kamu bisa memulai untuk menjajal bisnis dengan mandiri. Tidak perlu modal besar, sisihkan 10 persen dari penghasilan kamu setiap bulan selama satu tahun sebagai modal awal. Lalu mulailah petualangannya.

Bisnis yang dibangun sedari diri juga merupakan aset yang bisa dimanfaatkan untuk menopang kehidupan di usia senjamu. JIka butuh modal untuk memperluas usaha, jangan khawatir, ajukan segera di CekAja.com dan temukan produk keuangan yang sesuai dengan kebuuhanmu.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit