Jadwal GIIAS 2021 Terbaru, Diundur hingga November?

Pameran otomotif terbesar di Indonesia yakni GIIAS, akan kembali diundur akibat kasus Covid-19 yang masih melonjak. Dan berikut jadwal GIIAS 2021 terbaru.

Jadwal GIIAS 2021 Terbaru, Diundur hingga November?

Sekilas Tentang GIIAS

Sebelum membahas tentang jadwal GIIAS 2021, CekAja akan terlebih dulu sekilas menginformasikan tentang pameran tersebut.

Buat yang belum tahu, GIIAS merupakan kepanjangan dari GAIKINDO Indonesia International Auto Show. Ini merupakan salah satu ajang pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara, yang diselenggarakan oleh GAIKINDO setiap tahunnya.

Pameran otomotif ini pertama kali ada pada tahun 1986 silam namun masih dalam skala nasional.

Kemudian pada tahun 2006, Pameran Mobil GAIKINDO diubah menjadi pameran otomotif berskala internasional dengan dukungan OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles).

Namanya pun mengalami perubahan menjadi Indonesia International Motor Show alias IIMS.

Nama tersebut masih digunakan, hingga pada 2015 lalu kembali berubah dengan nama baru yang digunakan sampai saat ini, yaitu GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS.

(Baca Juga: 7 Keunggulan Mesin Hybrid pada Mobil)

Awal Rencana Jadwal GIIAS 2021

Sebelum mengalami perubahan untuk jadwal GIIAS 2021, pameran ini rencananya akan digelar pada 12 hingga 22 Agustus mendatang.

Namun akibat kasus Covid-19 yang masih menggila di Tanah Air, ditambah lagi adanya aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM, pameran otomotif tersebut mau tak mau ditunda.

Tentu, penundaan pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara ini langsung mendapat respon beragam dari para perusahaan kendaraan roda empat.

Mengutip laman Katadata, menurut Agen Pemegang Merk (APM) mobil yang juga merupakan anggota gabungan GAIKINDO, menuturkan bahwa penundaan pameran bukanlah perihal besar.

Malahan, pihak APM sendiri juga diketahui tetap mendukung sembari berharap agar pameran dapat terlaksana sebagaimana mestinya di 2021.

Hal itu juga senada dengan anggapan dari Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy.

Menurutnya, keputusan penundaan pameran akibat kasus Corona tetap harus didukung, guna mengutamakan kenyamanan dan keamanan bagi pelaku pameran maupun pengunjung.

Penundaan ke September Diubah Menjadi November

Tak sekali saja jadwal GIIAS 2021 berubah. Sebelumnya, event GIIAS ini dijadwalkan akan berlangsung pada 12 hingga 22 Agustus 2021.

Namun karena tidak memungkinkan, pihak GAIKINDO kembali merevisi jadwal pameran menjadi 9-19 September mendatang.

Penundaan ini dilakukan semata-mata atas dasar pertimbangan keselamatan dan keamanan akibat pandemi Covid-19 yang belum mereda di Indonesia.

Berdasarkan pantauan CekAja dari laman Otomotif AntarNews, menurut Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi Dalam, penundaan event tahunan ini memang menjadi keputusan bersama GAIKINDO dan para anggota.

Meski sebelumnya, pihak GAIKINDO sendiri telah merampungkan jadwal pameran dengan aturan prokes yang ketat.

Koordinasi juga sudah dilakukan dengan berbagai instansi pemerintah agar pameran dapat berlangsung dalam kondisi aman dan nyaman.

Akan tetapi, kabar terbaru yang didapat, jadwal GIIAS 2021 kembali ditunda hingga November mendatang.

Hal itu juga telah dikonfirmasi langsung oleh pihak GAIKINDO, dimana pameran tersebut rencananya akan berlangsung mulai dari 11 hingga 21 November 2021 mendatang.

Menyoal venue-nya sendiri, gelaran GIIA 2021 ini kemungkinan akan diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD-City, Tangerang.

(Baca Juga: Jenis Kendaraan yang Bebas Pajak per 16 Oktober 2021)

Mobil Listrik Terlaris di China Bakal Tampil di GIIAS 2021

Itulah update seputar jadwal GIIAS 2021 yang rencananya akan berlangsung November mendatang.

Sekilas informasi saja, hingga saat ini belum banyak diketahui apa saja kendaraan roda empat yang akan mejeng di pameran tersebut.

Namun, beberapa media Tanah Air sempat membahas bahwa salah satu mobil listrik terlaris di China yaitu Wuling Mini EV Hongguang, akan tampil di pagelaran GIIAS mendatang.

Mengutip laman Otomotif Bisnis, kabar mengenai mobil listrik Wuling ini diketahui dari unggahan video di kanal YouTube Lukman Avengers.

Dalam video yang ia unggah itu, terlihat ada dua Wuling Mini EV berwarna Avocado Green dan Lemon Yellow yang diturunkan dari truk.

FYI, Wuling Mini EV Hongguang ini memang tengah laris manis di pasar China. Bahkan kepopulerannya mampu menyalip penjualan Tesla Model 3.

Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat Wuling Mini EV memiliki harga yang jauh lebih terjangkau untuk sekelas mobil listrik. Seri paling rendahnya saja dilepas seharga USD 4.500 atau setara Rp65 juta.

Sementara untuk varian tertinggi atau yang memiliki fitur pendingin udara (AC) dipatok seharga USD 5.000 atau kurang lebih sekitar Rp72 juta.

Bukan cuma soal harga saja, Wuling Mini EV ini juga dibekali dengan dapur pacu diatas rata-rata.
Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 20 kW dan torsi 85 Nm.

Dibekali motor listrik 13 kW dan baterai sebesar 9,2 kWh, Wuling Mini EV dapat melaju hingga jarak 120 km.

Punya Mobil Tapi Belum Ada Asuransi Kendaraan? Percuma saja!

Nah itu tadi informasi mengenai jadwal GIIAS 2021 hingga bocoran mengenai mobil yang akan mejeng di pameran tersebut.

Masih menyoal otomotif, kamu sebagai pembaca setia CekAja.com, baiknya sih punya asuransi kendaraan ya jika telah memiliki mobil idaman.

Pasalnya, segala risiko bisa saja terjadi pada mobilmu, entah itu akibat dari tabrakan, bencana alam atau bahkan pencurian.

Maka dari itu, tak ada salahnya untuk memberikan perlindungan bagi mobil dengan asuransi kendaraan. Asuransi kendaraan biasanya menawarkan perlindungan maksimal baik dalam bentuk All Risk ataupun TLO.

Selain itu, adanya asuransi kendaraan pun bisa membuat mobil mendapat layanan service terlengkap yang tersebar di berbagai bengkel terpercaya di seluruh Indonesia.

Tersedia pula layanan call center 24 jam apabila kamu membutuhkan bantuan saat menghadapi situasi genting seperti mogok.

Untuk urusan pilihan produk asuransi kendaraannya, kamu bisa mengandalkan CekAja sebagai partner memilih produk tersebut.

Sebagai layanan perbandingan sekaligus pengajuan, CekAja siap bantu kamu memilih asuransi kendaraan yang tepat sesuai kebutuhan maupun bujetmu.

Pengajuan asuransi kendaraan di CekAja sudah pasti berlimpah promo, seperti diskon hingga 20 persen akan preminya.

Kemudian, kamu juga akan dimudahkan untuk apply asuransinya hanya dengan menyertakan syarat dokumen yang diminta lalu ajukan secara online melalui website CekAja.

Apabila pengajuan ditolak, CekAja juga akan kembali merekomendasikan kamu produk asuransi lainnya dari mitra asuransi yang berbeda.

Gimana? Banyak untungnya bukan? Yuk, langsung bandingkan dan ajukan asuransi kendaraan terpercaya hanya di CekAja.com!