Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Jadwal Pengisian dan Verifikasi PDSS dan SNMPTN 2020

by Kyla Damasha on 14 Januari, 2020

Sudahkah kamu mengetahui tentang jadwal pengisian dan verifikasi PDSS dan SNMPTN? Bagi kamu yang saat ini tengah mempersiapkan diri untuk mendaftar dan menjadi peserta SNMPTN, mengetahui jadwal pengisian dan verifikasi PDSS dan SNMPTN memang patut untuk diketahui, agar tidak tertinggal.

jadwal pengisian dan verfikasi pdss dan snmptn

Nah, biasanya pengisian dan verifikasi PDSS dan SNMPTN ini tidak dilakukan oleh siswanya secara langsung, melainkan merupakan tanggung jawab dari pihak sekolah untuk mengikutsertakan pada siswa berprestasinya.

Namun meskipun begitu, jadwal pengisian dan verifikasi PDSS dan SNMPTN juga perlu diketahui oleh berbagai pihak. Di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jadwal pengisian dan verifikasi PDSS dan SNMPTN 2020 yang perlu diketahui.

Jadwal Pengisian dan Verifikasi PDSS dan SNMPTN 2020

Menurut data dari laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pengisian dan data PDSS serta pemeringkatan oleh sekolah akan dilakukan pada tanggal 15 Januari – 8 Februari 2020.

Dalam pengisian PDSS ini, diharapkan agar pihak sekolah memanfaatkan batas waktu dengan sebaik-baiknya dan hindari pengisian di hari-hari terakhir, agar tidak kesulitan dalam mengakses sistem nantinya.

Proses pengisian PDSS akan dimulai dari melakukan login di https://pdss.snmptn.ac.id. Perlu diketahui bahwa proses login ini hanya bisa dilakukan oleh sekolah yang sudah terdaftar di PDSS.

Apabila sekolah belum terdaftar di PDSS, maka pihak sekolah harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Nah, dalam hal ini terdapat dua kategori sekolah yang belum terdaftar, yaitu sekolah sudah terdaftar PDSS namun belum mengisi form pendaftaran dan sekolah yang belum terdaftar di PDSS sama sekali.

Pendaftaran PDSS bisa dilakukan dengan mengisi NPSN di halaman Pendaftaran Sekolah Baru. Kemudian, sistem PDSS akan memeriksa NPSN tersebut dan informasi sekolah akan dimunculkan.

Tetapi jika NPSN justru tidak dikenali, atau jika sekolah belum memiliki NPSN, maka sekolah harus mendaftar secara manual terlebih dahulu dengan mengirimkan surat kepada LTPMT.

Setelah melakukan pendaftaran di PDSS, maka langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan login. Usai login, sekolah akan langsung diminta untuk melengkapi data sekolah, termasuk mengelola informasi sekolah apabila ada perubahan, seperti identitas dan password sekolah.

Tahap selanjutnya yaitu pendefinisian kurikulum untuk setiap semester yang diikuti oleh siswa calon lulusan sekaligus melakukan pendaftaran kelas untuk setiap tahun ajaran yang diikuti oleh siswa calon lulusan.

Selain itu, siswa yang ingin diisikan nilainya juga harus terdaftar di suatu kelas di setiap tahunnya, mulai dari tahun ajaran tingkat X sampai dengan tingkat XII dan pihak sekolah juga harus mengisi data dari masing-masing siswa.

Setelah melakukan pengisian data siswa, sekolah juga harus melakukan pengisian nilai siswa di seluruh mata pelajaran yang diikuti sejak tingkat X hingga tingkat XII atau tingkat XI untuk kelas akselerasi, sesuai dengan kurikulum yang telah didefinisikan.

Nah, langkah terakhir yang harus dilakukan yaitu finalisasi pengisian data oleh sekolah. Finalisasi dilakukan dengan mengunggah surat pernyataan yang telah disediakan.

Apabila sekolah belum melakukan finalisasi, maka password siswa juga tidak akan bisa diunduh sehingga siswa belum dapat melakukan verifikasi.

Setelah melakukan pengisian PDSS dan pemeringkatan, LTMPT akan membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mulai dari tanggal 11 – 25 Februari 2020.

Secara keseluruhan, jadwal pengisian dan verifikasi PDSS dan SNMPTN sebagaimana berikut ini.

Registrasi Akun LTMPT:

2 Desember 2019 – 07 Januari 2020

Pengisian PDSS:

15 Januari 2020 – 8 Februari 2020

Pemeringkatan oleh Sekolah:

15 Januari 2020 – 8 Februari 2020

Pengumuman Hasil Pemeringkatan:

20 Januari 2020 – 9 Februari 2020

Pendaftaran SNMPTN:

11 Februari 2020 – 25 Februari 2020

Pendaftaran Ulang Peserta yang Lulus SNMPTN:

Lihat di laman masing-masing PTN

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://pdss.snmptn.ac.id/

(Baca Juga: Pengertian dan Cara Daftar SNMPTN Lengkap Tahun 2020)
Ketentuan dan Persyaratan Khusus dalam Mengikuti SNMPTN

Perlu diketahui bahwa ternyata tidak semua sekolah maupun siswa yang bisa mengikuti SNMPTN lho. Jika ingin menjadi peserta SNMPTN, maka baik siswa maupun sekolah perlu memenuhi beberapa persyaratan yang sudah ditentukan terlebih dahulu jika ingin terdaftar.

Persyaratan Sekolah
  • SMA / MA / SMK yang memiliki NPSN
  • Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)
Persyaratan Siswa Pendaftar
  • Siswa SMA / MA / SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul
  • Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS
  • Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai raport semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
Penerimaan di PTN
  • Lulus satuan pendidikan SMA / SMK / MA
  • Lulus SNMPTN 2020
  • Lolos verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda