Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Jagat Sinema Bumilangit: Gudangnya Superhero Asli Pribumi!

by Sindhi Aderianti on 20 Agustus, 2019

Bukan lagi mimpi, Indonesia kini punya tokoh superhero yang tak kalah kerennya dari Marvel dan DC!

Selama ini mungkin kita hanya bisa menonton aksi superhero lewat film garapan Marvel Studios. Iron Man, Captain America, Thor, Dr. Strange adalah beberapa diantara tokoh heroik yang selalu mencuri perhatian para penggemarnya setiap kali muncul di bioskop. Ada pula D.C Comics yang hadir dengan jagoan-jagoannya seperti Batman, Flash, atau Wonder Woman.

Gundala Jagat Sinema Bumilangit

Tapi, siapa bilang tokoh superhero cuma Marvel dan DC yang punya? Hari Minggu (18/8/19) lalu, Jagat Sinema Bumilangit resmi memperkenalkan karakter-karakter yang tergabung dalam Jagat Sinema Bumilangit “Jilid 1” beserta artis pemerannya.

Jagat Sinema Bumi Langit sendiri merupakan gudang bagi superhero asli Indonesia. Tak jauh berbeda dengan Marvel atau DC, tokoh-tokoh dalam Jagat Sinema Bumi Langit ini pun terlahir dari komik generasi 60an yang dibagi menjadi empat era berbeda, yakni Jawara, Patriot, dan Revolusi.

(Baca juga: 5 Superhero Paling Kaya Sepanjang Sejarah Komik)

Era Patriot tersebut berisikan sejumlah pahlawan super yang tergabung layaknya The Avengers, diantaranya Gundala, Maza, Aquanus dan Godam. Karakter-karakter dalam Patriot merupakan gabungan dari karya Hasmi dan Widodo Noor Slamet. Kelompok tersebut pertama kali diperkenalkan lewat komik berjudul Patriot Eksperimen-X yang rilis pada tahun 1996.

Bertabur Bintang, Ini Deretan Artis Pemerannya 

Proyek film superhero ini tidak main-main. Jagat Sinema Bumilangit hanya memilih deretan artis papan atas yang memang sudah tak diragukan lagi kualitas aktingnya.

Abimana Aryasatya, paling dulu go public dengan perannya sebagai Gundala. Jagoan wanita Sri Asih, akan diperankan Pevita Pearce, sementara Godam dimainkan oleh Chicco Jerikho. Chelsea Islan pun ikut bermain sebagai Tira, sedangkan Tara Basro memerankan Merpati, dan Asmara Abigail bakal melakoni karakter Desti Nikita.

Daftar ini belum berakhir sampai di situ. Joe Taslim, aktor kebanggaan Tanah Air yang sudah merambah perfilman Hollywood juga akan tampil sebagai Mandala. Vanesha Prescilla pelan-pelan harus menanggalkan citra ABG seorang Milea karena dalam waktu dekat harus mendalami peran sebagai superhero Cempaka.

Lalu ada Della Dartyan sebagai Nila Umaya, Ario Bayu memerankan Ghani Zulham, dan aktor Malaysia Bront Palarae sebagai Pengkor. Lukman Sardi bergabung sebagai Ridwan Bahri, Tatjana Saphira melakoni Mustika Sang Kolektor, dan aktris muda Zara JKT48 memainkan karakter Virgo.

Dua nama yang terakhir disebut, adalah Dian Sastrowardoyo sebagai Dewi Api dan Nicholas Saputra sebagai Aquanus. Namun, Joko Anwar membocorkan bahwa daftar pemain tersebut kemungkinan besar akan lebih panjang.

Gundala, Superhero Kloter Pertama yang Difilmkan

Film Gundala “Putra Petir” yang dijadwalkan rilis akhir bulan ini menjadi superhero kloter pertama Jagat Sinema BumiLangit Jilid I selama enam tahun ke depan. Jadi dalam kurun waktu tersebut, akan dirilis pula berbagai film dari tokoh superhero lain lain. Mulai dari Sri Asih, Godam & Tira, Si Buta dari Gua Hantu, Patriot Taruna, Gundala Putra Petir, Mandala: Golok Setan, dan Patriot.seperti Godam, Sri Asih, Si Buta dari Gua Hantu, dan masih banyak lagi.

Berbicara mengenai Gundala, tentunya masih asing di telinga para milenial. Gundala diperkenalkan lewat seri komik Gundala Putra Petir karya Hasmi yang pertama kali rilis pada 1969. Orangtua kita pasti sempat mengalami era kejayaan komik ini di masa kecilnya.

Gundala diceritakan sebagai insinyur bernama Sancaka yang berambisi mencari serum anti petir. Alih-alih menemukan serum, Sancaka justru tersambar petir hingga mempertemukan dirinya dengan Raja Petir Kronz.

(Baca juga: 4 Pelajaran Merintis Sukses dari Film Avengers: End Game)

Kronz pun mengangkat Sancaka menjadi anaknya dan memberikan kalung ajaib yang dapat mengubah dirinya menjadi manusia super. Namun dalam film, karakter Sancaka yang diperankan oleh Abimana Aryasatya bukanlah seorang insinyur, ia diceritakan sebagai petugas keamanan suatu tempat.

Menariknya lagi, Gundala berhasil menembus Toronto International Film Festival bersama beberapa film dunia yang paling ditunggu kehadirannya tahun ini, antara lain JOKER karya Todd Phillips, RADIOACTIVE Garapan Marjane Satrapi, serta KNIVES OUT yang dibintangi Chris Evans.

Nonton Gundala di Cinemaxx, Tiketnya Buy 1 Get 1!

Gundala sendiri akan mulai tayang pada 29 Agustus. Siap menyaksikan aksi superhero Tanah Air? Kamu sudah bisa membeli advance ticket-nya mulai hari ini, lho.

Biar lebih hemat nonton di tanggal tua, manfaatkan promo buy 1 get 1 dari kartu kredit yang bekerjasama dengan outlet Cinemaxx seluruh Indonesia. Ada banyak jenis kartu kredit yang menawarkan promo tersebut, salah satunya adalah Panin Bank. Berikut syarat dan ketentuannya:

  • Memiliki kartu kredit Panin Gold, Platinum, atau Infinite
  • Berlaku di hari Sabtu dan Minggu
  • Maksimal pembelian 1x/kartu dalam sehari

Kartu kredit memang semakin banyak digunakan masyarakat karena lebih praktis dan memberi banyak keuntungan. Tak terkecuali dalam memenuhi hobi seseorang nonton di bioskop. Sudah punya kartu kredit, belum? Temukan kartu kredit yang paling mewakili kebutuhan dan gaya hidupmu hanya melalui CekAja.com. Prosesnya cepat, pasti di-approve!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.