Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Karir dan Penghasilan Tambahan Buat yang Jago Bahasa Asing, Jepang, Mandarin, Arab, Prancis, Inggris

by Ariesta on 29 February, 2016

tips karier _ investasi - CekAja.com

Kemampuan bahasa asing sudah menjadi hal yang mutlak dimiliki di zaman modern ini. Apalagi dengan semakin terbukanya Indonesia terhadap dunia internasional. Sebut saja Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2016 di mana terjadi sebuah sistem pasar bebas ASEAN yang memungkinkan negara-negara anggotanya melakukan transaksi barang dan jasa antar negara tanpa tarif sebagai hambatan.

Artinya, delapan tenaga kerja terdidik (insinyur, arsitek, dokter, dokter gigi, perawat, surveyor, akuntan, dan pekerja wisata) asal Indonesia bebas berpraktik di negara-negara ASEAN begitupula sebaliknya.

Jika dulu menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dianggap cukup. Kini kamu disarankan menguasai bahasa lain selain Inggris untuk dapat bersaing. Pasalnya, ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh jika menguasai bahasa asing. Ini sederet karier yang menjadi peluang usaha di tahun 2018 yang menjanjikan jika kamu jago bahasa asing seperti Jepang, Mandarin, Arab, Jerman, Prancis selain Bahasa Inggris.

Diplomat

Menjadi representasi negara, melakukan mediasi dan negosiasi, menyelesaikan konflik yang berkaitan dengan lingkup internasional merupakan sebagian tugas diplomat. Meski terdengar berat, keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan adalah dinas ke luar negeri, dan ditempatkan di kedutaan besar Indonesia di luar negeri, dan kesempatan untuk disekolahkan lagi. Gaji pokok yang diterima memang standar PNS sesuai golongan (golongan IIIA sekitar Rp 2,4 juta) tapi belum termasuk berbagai tunjangan yang biasa didapatkan PNS kementrian serta jaminan pensiun sejahtera.

Kamu yang jago bahasa asing, lihai bernegosiasi, dan punya prestasi akademik yang bagus sangat disarankan untuk menjajal ujian Kementrian Luar Negeri sebagai diplomat. Apalagi kamu yang menguasai bahasa Jepang, Mandarin, Arab, Jerman, Prancis, dan bahasa lainnya selain Inggris lebih beperluang besar karena sainganmu lebih sedikit!

Penerjemah

Perusahaan asing yang membuka cabang di Indonesia sangat membutuhkan jasa penerjemah. Terutama kamu yang jago bahasa Jepang atau Mandarin, kemampuanmu sangat dibutuhkan karena dua negara tersebut sedang gencar mananamkan uangnya di bidang industri. Umumnya, penerjemah bertugas sebagai jembatan dalam  komunikasi antara staff lokal dan staff asing, dan menerjemahkan dokumen maupun surat-surat.

Profesi juga bisa bekerja di media dan penerbitan sebagai translator berita atau menerjemahkan naskah asing ke dalam bahasa Indonesia. Penerjemah pemula dihargai sekitar Rp 3,5-4 juta/bulan dan angka tersebut semakin tinggi sesuai pengalaman. Selain bekerja dengan perusahaan, kamu juga bisa mendirikan usaha jasa penterjemah sendiri secara online dengan memanfaatkan media social seperti facebook, twitter, maupun Blog.

(Baca juga: Jika di Indonesia Profesi Ini Dianggap Kurang Menjanjikan, Tapi di Luar Negeri Bergaji Besar)

Guru les

Karena semakin tingginya kesadaran untuk menguasai bahasa asing, semakin banyak orangtua yang memasukan anaknya ke tempat les/kursus. Kamu bisa bergabung dengan lembaga bahasa asing atau menjadi guru les lepas dan menentukan sendiri tarif belajar. Menjadi guru les juga bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan karena durasi sekali mengajar hanya dua sampai empat jam.

Wartawan media asing

Kantor berita asing seperti VOA, BBC, NHK, biasanya memiliki kantor berita perwakilan di seluruh dunia. Para wartawan yang menjadi koresponden ini dituntut untuk fasih berbahasa asing baik lisan maupun tulisan. Dengan menjadi wartawan media asing, kamu berkesempatan mewawancarai tokoh-tokoh besar dunia dan tentunya keliling dunia.

Pembaca berita

Kemampuan bahasa asing mutlak dimiliki oleh pembaca berita. Sebut saja Desi Anwar, Najwa Shihab, dan Andini Effendi menjadi news anchor papan atas salah satunya karena kemampuan bahasa asing mereka. Media-media besar bahkan memasukkan tes kemampuan bahasa Inggris untuk menyaring calon pembaca berita baru. Selain bahasa Inggris, sekarang ini juga ada acara berita berbahasa Mandarin.

Intelejen

Berani tidak dikenal, mati tidak dicari, berhasil tidak dipuiji, gagal dicaci maki. Sepertinya kalimat ini memang paling pas untuk menggambarkan profesi intel. Intelijen kental dengan sistem kerahasiaan dan sistem sel. Idealnya di masa lalu bahkan istri pun tidak boleh diberi tahu. Sistem sel itu berguna jika ada yang tertangkap atau misi gagal tak seluruh jaringan terbongkar

Seorang intel sungguhan tidak akan mengaku bahwa dia intel. Jika mengaku, justru harus diragukan kebenarannya. Tentu kamu masih ingat dengan kasus Banyu Biru yang pamer surat pengangkatan oleh BIN (Badan Intelejen Negara) di Path. Setelah pamer surat yang seharusnya bersifat rahasia tersebut, dia langsung dicopot dari keanggotaan.

(Baca juga: Ingin Punya Karier Oke, Cobalah Ikut Program Magang di Organisasi Internasional Ini)

Lalu apa hubungannya dengan jago bahasa? Di masa perang dunia dan perang dingin, seseorang yang mahir bahasa asing tentu sangat berguna untuk mengorek informasi dari pihak musuh. Meski zaman perang telah usai, para jago bahasa ini tetap dibutuhkan untuk menggali informasi pihak asing yang membahayakan Indonesia. Tidak dipungkiri dari beberapa cara mendapatkan penghasilan sampingan dari modal master bahasa asing tersebut bisa menjadikan kamu kaya mendadak. Berminat menjadi salah satunya?

 

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami