Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Jalan – Jalan Sambil Hasilkan Uang Yuk!

by Miftahul Khoer on 1 November, 2019

Jalan-jalan keliling dunia mungkin adalah impian hampir semua orang. Apalagi di masa sekarang ketika travelling sudah menjadi gaya hidup. Namun harus diakui kalau travelling apalagi keliling dunia, membutuhkan uang yang tidak sedikit. Lalu bagaimana kalau kamu pengen keliling dunia tapi budgetmu pas-pasan?

tempat wisata baru

Dengan akses internet yang sudah tersedia hampir di mana saja, sekarang lebih mudah untuk menghasilkan uang sembari jalan-jalan.

Gaya hidup ini bahkan sudah menjadi tren di kalangan milenial dengan munculnya istilah digital nomad, yaitu istilah bagi orang-orang yang berpindah-pindah dan bekerja secara online.

Kalau kamu tertarik menjadi digital nomad, berikut ini beberapa pekerjaan yang bisa kamu lakukan sambil jalan-jalan di manapun.

1. Menulis artikel

Kalau kamu suka menulis, kamu bisa menuangkan pengalaman jalan-jalanmu dan mengirimkannya ke website-website yang menerima tulisan bertema travelling.

Kamu bisa menulis apa saja berkaitan dengan travelling mulai dari pengalaman seru, tips belanja oleh-oleh, sampai cara mendapatkan tiket pesawat dan hotel murah.

(Baca juga: Rekomendasi Hotel Murah di Kota Palembang Buat Liburan Bareng Keluarga)
2. Menjadi travel blogger/ vlogger

Membuat blog sendiri membutuhkan usaha yang lebih besar dari sekadar menulis artikel dan mengirimkannya ke media. Kamu harus mengurus sendiri mulai dari domain, sampai desain blog.

Kalau kamu lebih berminat di bidang videografi, kamu bisa membuat konten dan mengunggahnya di platform berbagi video seperti Youtube. Dari dua hal ini, kamu bisa menghasilkan uang dari iklan, sponsor, atau program afiliasi.

3. Berjualan produk digital

Karena kamu selalu berpindah-pindah, tentu saja akan sedikit merepotkan kalau kamu harus berjualan produk fisik dan membawa stok barang ke mana pun kamu pergi.

Untuk itu, akan lebih cocok kalau kamu berjualan produk digital seperti foto, karya desain grafis, video, preset filter foto, e-book, dan banyak lagi.

Kamu bisa jual produk digital ini di blogmu atau menguploadnya ke platform seperti Shopify dan Sellfy.

4. Menjadi fotografer/videografer

Kalau kamu memiliki kemampuan fotografi dan videografi, kamu bisa menawarkan jasa selama jalan-jalan. Kamu bisa mengumpulkan portofolio dan menawarkan jasamu melalui website seperti Fiverr.

Jasa yang kamu tawarkan tidak hanya terbatas pada memproduksi foto atau video saja, melainkan juga editing dan retouch.

5. Mengajar online

Kalau kamu jago dalam hal tertentu, kamu bisa membuka kelas online berbayar. Misalnya kelas menulis, kelas makeup, kelas fotografi, kelas bahasa, dan lain sebagainya.

Kelas-kelas ini bisa kamu adakan melalui video conference, webinar, atau bahkan sesederhana group chat. Kamu juga bisa memanfaatkan website seperti Skillshare untuk mengajar.

(Baca juga: Tips Liburan Murah ke Raja Ampat ala Backpacker)
6. Menjadi dropshipper

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan bisnis yang satu ini. Dengan menjadi dropshipper, kita bisa berjualan tanpa harus stok barang karena barang dikirim langsung dari supplier ke pembeli.

Kita hanya menjadi perantara. Dengan keuntungan semacam ini, sangat mungkin untuk melakukan bisnis ini sambil jalan-jalan, bahkan keliling dunia sekalipun.

7. Bisnis jastip

Bisnis jastip akhir-akhir ini menjadi tren karena keuntungannya cukup besar. Untuk kamu yang mungkin belum tahu, jastip adalah singkatan dari jasa titip.

Jadi kamu menerima titipan belanjaan dari teman-teman atau siapapun selama jalan-jalan, dan memperoleh keuntungan dari situ. Bisnis ini sangat cocok bagi kamu yang suka berbelanja.

Sambil belanja untuk diri sendiri, kenapa tidak sekalian belanja titipan orang lain juga?

8. Menjadi social media influencer

Travelling atau tidak, menjadi social media influencer memang menjanjikan banyak keuntungan. Dengan banyaknya followers, kita akan lebih mudah menjual barang atau jasa.

Nah, selama travelling, kamu bisa sambil mengunggah konten di sosial media seperti Instagram. Kalau kamu bisa mengembangkan akunmu dan mendapatkan jumlah followers yang cukup banyak.

Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan, sponsor, atau program afiliasi.

Tips menghasilkan uang selama travelling

Artikel ini hanya memuat sebagian cara menghasilkan uang sambil travelling. Masih ada banyak lagi cara yang belum ditulis.

Apalagi dunia terus berkembang sehingga ide atau cara-cara menghasilkan uang sambil travelling juga terus berkembang. Tentu saja pada praktiknya, mencari uang sambil traveling itu tidak semudah teorinya.

Untuk itu, berikut ini tips menghasilkan uang selama travelling untuk memudahkanmu.

1. Sesuaikan dengan Kemampuan

Pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan memang banyak, tapi untuk memilih yang paling tepat, kamu harus menyesuaikan dengan skill dan juga minat. Apakah kamu tipe orang yang suka duduk diam di depan komputer, atau kamu orang yang lebih juga kegiatan fisik? Dan lain sebagainya.

Hal-hal seperti ini perlu dipikirkan untuk memudahkan kamu memilih pekerjaan yang cocok dilakukan sambil travelling. Misalnya, bisnis jastip tentu tidak akan cocok bagi kamu yang tidak suka belanja.

Atau menawarkan jasa edit video, tentu tidak cocok bagi kamu yang tidak suka duduk diam di depan komputer dalam waktu lama.

2. Tujuan cari uang

Apa tujuanmu cari uang? Apakah benar-benar untuk membiayai kegiatan travelling-mu, bertahan hidup, atau hanya untuk nambah-nambah saja? Ini perlu dipikirkan karena berhubungan dengan jenis pekerjaan yang akan kamu pilih.

Kalau kamu butuh uang untuk bertahan hidup, kamu tidak bisa mengandalkan pekerjaan yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk menghasilkan uang, dan sebagainya.

3. Aturan negara setempat

Ini sangat penting. Sekali lagi kamu adalah turis. Kamu berjalan-jalan menggunakan visa turis, sehingga kalau kamu malah bekerja di negara tujuan, hal itu merupakan tindakan illegal.

Kamu harus sangat mempertimbangkan hal ini terutama kalau kamu menawarkan jasa seperti fotografi, videografi, tour guide, atau jasa lain seperti makeup artist. Kamu harus tahu batas mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Sekali lagi, menghasilkan uang secara online memang tidak mudah bagi semua orang. Pekerjaan yang kamu pilih harus sesuai dengan bakat, kemampuan, dan minat kamu.

Kamu harus realistis dalam memilih pekerjaan apa yang akan kamu lakukan. Dan yang terpenting, jangan sampai melanggar aturan.

Satu lagi yang harus kamu pikirkan untuk bisa travelling sambil hasilkan uang dengan  nyaman adalah perihal asuransi perjalanan. Dengan adanya hal itu maka perjalanan kamu dijamin menjadi lebih aman dan juga damai.

Karena kamu tidak perlu repot memikirkan jika bagasi kamu hilang atau pesawat yang akan kamu naiki mengalami delay. Pihak asuransi akan mengcover hal-hal tersebut demi kenyamanan perjalanan kamu.

Jadi akses CekAja.com dan temukan produk asuransi perjalanan yang cocok untukmu.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.